x

Disidak Satgas COVID-19, Begini Tindakan Pencegahan Klub Liga 1

Kamis, 3 Februari 2022 12:10 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
Klub-klub Liga 1 merespons badai Covid-19 varian Omicron pada seri empat di Bali dengan penerapan protokol kesehatan dan mulai melakukan terobosan penting.

INDOSPORT.COM - Klub-klub Liga 1 merespons badai Covid-19 varian Omicron pada seri empat di Bali dengan penerapan protokol kesehatan dan mulai melakukan terobosan penting.

Inspeksi dilakukan tim satgas Covid-19 Liga 1 dengan mendatangi beberapa markas tim. Mereka ingin memastikan bagaimana 18 klub peserta menjalankan protokol kesehatan setelah badai Covid-19 menghantam Liga 1.

Dari inspeksi tersebut ditemukan fakta yang menggembirakan. Klub-klub Liga 1 kembali super disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Yang jadi perhatian saat ini adalah sudah adanya perubahan perilaku, seperti mengikuti prokes yang ketat. Pergi-pergi keluar baik indoor atau outdoor berkurang hingga desinfektan hotel secara berkala," kata tim satgas Covid-19 Liga 1, dr. Arfan Nur Asyhar, saat ditemui di The Haven Hotel, Seminyak, Kuta, Rabu (02/02/22) sore.

Baca Juga
Baca Juga

Klub juga mengadaptasi situasi sekarang dengan mengubah kebiasaan lama. Arema FC yang menjadi tim pertama terserang badai Covid-19, sudah menempatkan satu pemain dalam satu kamar.

Arema FC kini sudah menjadi tim yang bebas dari Covid-19. Dr. Arfan menyebut cara itu sangat efektif dalam memutus rantai penularan Covid-19.

Baca Juga
Baca Juga

"Ada juga tim yang mengadakan meeting membahas strategi melalui zoom, tidak berkumpul lagi. Kemudian di jam makan juga bergantian setiap sepuluh orang," kata dr. Arfan.


1. Disiplin

Situasi duel udara PSIS Semarang kontra Arema FC

Klub pun lebih disiplin dalam menegakkan aturan pada para pemain. Ada klub yang menjatuhkan denda bila pemainnya ketahuan meninggalkan hotel untuk kegiatan yang tak berhubungan dengan agenda tim.

Langkah tegas ini diharapkan bisa membuat kompetisi Liga 1 2021/2022 berjalan dengan normal hingga selesai. Kompetisi Liga 1 dijadwalkan rampung pada akhir Maret mendatang.

Sejauh ini, sudah ada dua pertandingan Liga 1 2021/2022 yang ditunda akibat Covid-19, yakni laga Madura United melawan Persipura Jayapura serta Persib Bandung melawan PSM Makassar.

PSIS SemarangLiga IndonesiaArema FCLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini