x

Cameron Brannagan, Dulu Tersingkir di Liverpool Kini Justru Fenomenal

Jumat, 4 Februari 2022 23:14 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Cameron Brannagan eks Liverpool yang kini di Oxford City. Foto: Instagram@cambrannagan.

INDOSPORT.COM - Para penggemar klub Liga Inggris, Liverpool, mungkin ada yang ingat dengan sosok Cameron Brannagan, atau mungkin ada pula yang tidak mengenalnya sama sekali.

Pemain kelahiran Manchester ini, dulunya adalah bocah besutan akademi Liverpool yang sempat digadang-gadang akan bersinar.

Selain itu, sepak terjangnya sebagai pesepak bola muda juga sudah cukup mentereng lantaran pernah menimba ilmu di akademi Manchester United dan Manchester City.

Namun alih-alih melanjutkan masa bakti di sana, ia justru bergabung dengan rival utama dua klub tersebut, Liverpool.

Baca Juga
Baca Juga

Tidak tanggung-tanggung, ia sudah belajar sepak bola bersama Liverpool sejak usia lima tahun, hingga akhirnya mendapat tempat reguler di tim U-21.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini pun terus menggema namanya di kalangan para pencari bakat klub-klub besar termasuk Barcelona.

Namun untungnya, bakatnya yang cemerlang di level U-21 tidak luput dari mata Brendan Rodgers yang pada waktu itu menangani tim senior Liverpool.

Ia pun meletakkan nama Cameron Brannagan di daftar pemain cadangan The Reds saat melawan Oldham Athletic pada Januari 2014, namun tidak memainkannya.

Baca Juga
Baca Juga

Setelah itu, Cameron Brannagan pun melanjutkan karier bersama Liverpool dengan berada di tim reserve. Ia juga bermain di Premier League U-21 dan UEFA Youth League, sampai akhirnya, kesempatan debut di tim senior pun datang.

Pada 2015, ia tampil bersama tim senior The Reds yang bermain di Liga Europa melawan Bordeaux. Setelahnya, pemain kelahiran 9 Mei 1996 tersebut juga menandatangani kontrak yang mengikatnya di Anfield sampai 2018.

Pelan-pelan, Cameron Brannagan mulai menapaki karier bersama skuat asuhan Jurgen Klopp. Langkah demi langkah mulai dari debut starter sampai debut Premier League Liga Inggris pun berhasil ia lalui.

 

1. Pergi dari Liverpool dan Kini Fenomenal

Cameron Brannagan eks Liverpool yang kini di Oxford City. Foto: Instagram@cambrannagan.

Hanya saja, nasib sepertinya tidak ingin membuatnya berlama-lama lagi di Liverpool, meski pada kenyataanya ia sudah berada di klub ini sejak kecil.

Memasuki 2016-2017, Cameron Brannagan yang ikut berpartisipasi dalam agenda pramusim The Reds, ternyata tidak dipasang sama sekali di tim utama sampai musim berakhir.

Dengan situasi ini, ia pun pada akhirnya kembali ke tim reserve sebelum pada pertengahan 2016 ia dikirim sebagai pemain pinjaman ke Fleetwood Town.

Pada Januari 2018, akhirnya ia pindah secara permanen ke Oxford City dan meninggalkan klub masa kecilnya. Meski bukan bermain di level Premier League, Cameron Brannagan nampaknya sudah menemukan kebahagiaannya.

Gelar Pemain Terbaik League One pun berhasil ia raih untuk musim 2018-2019. Bahkan baru-baru ini ia menjelma sebagai sosok fenomenal dengan mencetak empat gol ke gawang Gillingham.

Yang membuat menarik, empat gol tersebut diborongnya lewat tendangan titik putih, masing-masing pada menit ke-12, 48, 55, dan 83. Oxford United pun memenangkan pertandingan dengan skor 7-2.

Berkat rekor tersebut, Cameron Brannagan jadi pemain pertama di liga sejak 138 tahun lalu, yang berhasil mencetak empat gol penalti dalam satu pertandingan.

Sebelum ini, satu-satunya tendangan penalti yang pernah diambil Cameron Brannagan ialah saat masih berseragam Liverpool pada 2017, usai menyelesaikan masa peminjamannya ke Fleetwood Town.

Kini, Cameron Brannagan sudah menemukan tempat yang tepat untuknya untuk melanjutkan karier. Pernah jadi bagian Liverpool untuk waktu yang lama tentu sebuah cerita tersendiri yang layak didengar.

Akan tetapi, bangkit dan berada di tempat yang lebih baik adalah pencapaian karier yang harus disyukuri. Meski hanya bermain di League One, Cameron Brannagan saat ini adalah sosok fenomenal yang baru saja mencetak rekor dan meraih perhatian publik.

LiverpoolLiga InggrisOxford UnitedBerita Liga Inggris

Berita Terkini