x

Final Piala Afrika: Bagian Pertama Trilogi Duel Sadio Mane vs Mohamed Salah

Minggu, 6 Februari 2022 14:51 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Final Piala Afrika antara Senegal vs Mesir akan jadi bagian pertama dari trilogi duel Sadio Mane vs Mohamed Salah di level timnas pada tahun ini. FOTO: REUTERS/Mohamed Abd El Ghany/REUTERS/Thaier Al-Sudani

INDOSPORT.COM – Final Piala Afrika antara Senegal vs Mesir akan jadi bagian pertama dari trilogi duel Sadio Mane vs Mohamed Salah di level timnas pada tahun ini.

Piala Afrika 2021 kini memasuki fase akhir. Laga puncak alias partai final akan digelar Senin (07/02/22) pukul 02.00 WIB, antara Senegal vs Mesir.

Sukses menjuarai Grup B, Senegal ke partai puncak usai berturut-turut mengalahkan Tanjung Verde, Guinea Khatulistiwa, dan Burkina Faso di babak 16 besar hingga semifinal.

Sementara itu, Mesir yang hanya menjadi runner up Grup D di bawah Nigeria tak terbendung di fase gugur dengan menyingkirkan tim-tim raksasa yakni Pantai Gading, Maroko, hingga tuan rumah Kamerun.

Baca Juga
Baca Juga

Seiring pertemuan Senegal dan Mesir di partai final, sorotan pun tertuju kepada dua bintang dari masing-masing tim yakni Sadio Mane dan Mohamed Salah.

Seperti diketahui, keduanya merupakan rekan setim di Liverpool, dan merupakan bagian utama lini serang The Reds beberapa musim terakhir.

Mane lebih dulu hijrah ke Anfield pada musim 2016/2017, disusul Salah satu musim kemudian. Bersama-sama, keduanya sudah menghadirkan masing-masing 1 gelar Liga Inggris, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub untuk Liverpool.

Baca Juga
Baca Juga

Namun, persahabatan mereka kini harus ditepikan untuk sementara, seiring kewajiban tampil sekuat tenaga membela negara masing-masing di final Piala Afrika.

Sebagai informasi, Senegal kini memburu trofi pertama mereka di Piala Afrika setelah menjadi runner up pada 2002 dan 2019.

Di sisi lain, Mesir memburu gelar kedelapan mereka di ajang itu, demi mengokohkan posisi sebagai peraih trofi Piala Afrika terbanyak, mengungguli Kamerun (5 kali juara).

 

1. Bakal Bertemu di 2 Pertandingan Lagi Tahun Ini

Timnas Senegal vs Mesir pada laga final Piala Afrika. (REUTERS/Mohamed Abd El Ghany/REUTERS/Thaier Al-Sudani)

Laga final Piala Afrika 2021 menjadi pertemuan pertama Sadio Mane dengan Mohamed Salah di level timnas, sejak mereka menjadi rekan setim di Liverpool.

Sebelumnya, pada 2014 mereka pernah bertemu di babak kualifikasi Piala Afrika 2015. Tergabung di Grup G, Senegal dan Mesir bertemu dua kali dengan Mane dan Salah selalu tampil di kedua laga itu. Namun ketika itu Mane masih bermain di RB Salzburg sedangkan Salah di Fiorentina.

Pada akhirnya Mane lebih superior ketika dengan membawa Senegal memenangi kedua laga dengan skor 1-0 dan 2-0, dan bahkan mencetak 1 gol di laga kedua.

Senegal pun lolos ke Piala Afrika 2015 sebagai runner up Grup G di bawah Tunisia, sedangkan Mesir gagal lolos.

Di sisi lain, final Piala Afrika dini hari nanti hanyalah bagian pertama trilogi duel Sadio Mane vs Mohamed Salah di level timnas pada tahun ini.

Pasalnya, selepas laga final nanti, kedua tim akan kembali bertemu di duel hidup mati di ajang berbeda.

Ya, Senegal akan kembali menghadapi Mesir dalam babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022, untuk memperebutkan 1 tiket ke Qatar, yang akan digelar dalam dua leg.

Mengawali perjalanan kualifikasi Piala Dunia 2022 di babak kedua, Senegal dan Mesir sukses lolos ke babak ketiga sebagai juara Grup H dan Grup F.

Bersama 8 juara grup lainnya, sepuluh tim itu kemudian diundi di babak ketiga yang akan menggelar 5 pertandingan untuk memperebutkan 5 tiket jatah benua Afrika ke Piala Dunia.

Hasil undian pun mempertemukan Senegal vs Mesir, melengkapi laga-laga lain yakni Kamerun vs Aljazair, Ghana vs Nigeria, RD Kongo vs Maroko, dan Mali vs Tunisia.

Leg pertama akan digelar antara 24-26 Maret 2022, sedangkan leg kedua digelar antara 27-29 Maret 2022.

Menarik ditunggu bakal seperti apa trilogi duel Sadio Mane vs Mohamed Salah di level klub tahun ini. Siapa yang akan menjuarai Piala Afrika dan siapa yang akan lolos ke Piala Dunia, atau justru salah satunya akan menyapu bersih kedua prestasi tersebut.

LiverpoolMohamed SalahPiala AfrikaMesirSadio ManeSenegalIn Depth SportsBola Internasional

Berita Terkini