x

Sudah Diingatkan Jangan Dekati Dua Pemain Badung Ini, Barcelona Tak Peduli

Rabu, 9 Februari 2022 16:10 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
Pierre-Emerick Aubameyang dan Ousmane Dembele adalah pemain dengan sejarah biang onar namun Barcelona justru memiliki keduanya saat ini. (Foto: REUTERS/Albert Gea)

INDOSPORT.COM - Di atas lapangan kemampuan mengolah bola Pierre-Emerick Aubameyang dan Ousmane Dembele tidak perlu diragukan lagi. Hanya saja dua bintang milik Barcelona tersebut sangat rawan untuk melanggar peraturan kedisiplinan.

Menurut mantan pelatih kawakan asal Jerman, Jupp Heynckes, kedua pemain tersebut tidak pantas direkrut klub manapun. Pasalnya akan selalu ada resiko perpecahan internal karena mereka tidak segan-segan melawan klub apabila keinginannya tidak terpenuhi.

Bagi Heynckes, harmoni ruang ganti dan ekosistem klub secara keseluruhan adalah segalanya. Lebih baik tidak usah punya pemain bintang jika pada nantinya berakhir dengan penyesalan.

Baca Juga
Baca Juga

"Pemain sepak bola dengan sikap buruk selalu ada namun belakangan ini semakin banyak dan parah. Mereka punya banyak uang namun tak memiliki kode etik profesional dan juga moral," ungkap Heynckes pada 2018 silam.

"Aku tidak senang dengan apa yang dilakukan oleh Aubameyang dan Dembele. Tim manapun yang mempekerjakan mereka harus waspada. Apa yang mereka lakukan di klub lama bisa saja terulang lagi,"

Baca Juga
Baca Juga

"Tidak akan mau aku membeli keduanya. Sepak bola adalah olahraga tim dan tidak punya tempat untuk keegoisan," tambah eks nakhoda Bayern Munchen dan Real Madrid itu.

Heynckes berujar demikian bukan tanpa landasan. Ia mengeluarkan pernyataan tadi usai Borussia Dortmund menjadi korban tindak indisipliner Dembele dan Aubameyang saat memaksa untuk dijual.


1. Opini Heynckess Terbukti

Ousmane Dembele (kiri) di Barcelona

Dembele meninggalkan Dortmund pada musim panas 2017 untuk bergabung dengan Barcelona. Hanya saja saat itu Die Borussen sebenarnya enggan melepas sang wibger Prancis meski dengan mahar 140 juta Euro namun setelah ada tindak mogok latihan mereka pun lepas tangan.

Kisah serupa juga terjadi dalam saga transfer Aubameyang ke Arsenal pada musim dingin 2018. Demi gaji tinggi yang ditawarkan The Gunners, sang striker Gabon sampai hati mendiamkan Dortmund yang sudah mengangkat kariernya hingga kesepakatan terwujud.

Pada akhirnya pembangkangan kembali terulang. Sudah bukan rahasia umum Dembele menolak untuk dijual Barcelona meski punya kontribusi minim dengan bayaran selangit. Sementara itu sebelum digaet Los Cules tempo hari, Aubameyang juga sempat berselisih dengan Arsenal yang kemudian berujung dengan pencopotan ban kapten dan pemutusan kontrak.

ArsenalBarcelonaBorussia DortmundJupp HeynckesLiga SpanyolBerita Liga Spanyol

Berita Terkini