x

3 Bomber Timnas Indonesia U-23 yang Jadi Kandidat Top Skor Piala AFF U-23

Kamis, 10 Februari 2022 16:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Berikut 3 pemain Timnas Indonesia U-23 yang berpeluang menjadi top skor atau pencetak gol terbanyak di gelaran Piala AFF U-23 pekan depan di Kamboja. Foto : Nofik Lukman Hakim

INDOSPORT.COM – Berikut 3 pemain Timnas Indonesia U-23 yang berpeluang menjadi top skor atau pencetak gol terbanyak di gelaran Piala AFF U-23 pekan depan di Kamboja.

Timnas Indonesia akan berlaga di ajang internasional yakni Piala AFF U-23 pekan depan. Ajang tersebut akan digelar di Kamboja pada 14-26 Februari.

Dalam ajang ini, 11 negara peserta akan dibagi dalam 3 grup dengan 2 grup berisi 4 negara, dan 1 grup lain berisi 3 negara.  Nantinya, para juara grup dan 1 runner up terbaik dari ketiga grup itu akan lolos ke semifinal.  

Pasukan Garuda Muda tergabung di grup B bersama Malaysia, Myanmar, dan Laos. Laos akan menjadi lawan pertama pada 15 Februari, diikuti Myanmar (18 Februari) dan Malaysia (21 Februari).

Baca Juga
Baca Juga

Pelatih Shin Tae-yong pun telah memanggil 29 pemain untuk menjalani training camp di Bali. Nantinya, dari jumlah ini hanya 28 nama yang dibawa ke Kamboja.

Sejumlah nama yang akhir tahun lalu tampil di Piala AFF bersama timnas senior tetap ikut serta, seperti Ramai Rumakiek, Rachmat Irianto, hingga Pratama Arhan dan Alfeandra Dewangga.

Di luar itu, ada pula para pemain muda yang menunjukkan performa memukau di Liga 1 maupun di timnas kelompok usia seperti Marcelino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh.

Pada Piala AFF U-23 2019 lalu, timnas Indonesia meraih prestasi apik dengan menjadi juara, dan merebut gelar top skor melalui Marinus Wanewar.

Baca Juga
Baca Juga

Prestasi inilah yang coba diulangi oleh Pratama Arhan dkk. Peluang cukup terbuka karena sejumlah pemain di skuat sudah berpengalaman tampil di level senior. Selain itu, sejumlah lawan juga tidak turun dengan kekuatan terbaik seperti Vietnam yang menurunkan tim U-12.

Sementara itu dari sektor top skor, meski Shin Tae-yong hanya membawa 2 striker murni, ia membawa sejumlah winger dan gelandang produktif.

Lantas, siapa saja pemain Timnas Indonesia U-23 yang berpotensi menjadi top skor di Piala AFF U-23? Berikut ulasannya:

 

1. Tak Ada Striker Murni

Gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan di laga ujicoba melawan Timor Leste dalam pertandingan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (27/01/22). Foto : Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Ramai Rumakiek

Meski baru berusia 19 tahun, Ramai Rumakiek berhasil mencuri perhatian dalam beberapa waktu terakhir ini, berkat penampilan apik di timnas senior.

Di Piala AFF, Ramai Rumakiek berhasil mencetak 1 gol. Meski tak selalu jadi starter, Ramai Rumakiek sukses mencatatkan 1 gol dari 7 penampilan. Ia kemudian mencetak 1 gol lagi saat menghadapi Timor Leste di laga ujicoba bulan lalu. Secara total, ia mencetak 3 gol dari 12 caps di timnas senior.

Berbekal kecepatan dan penyelesaian akhir yang bagus, pemahaman terhadap taktik Shin Tae-yong, dan potensi yang cukup besar untuk menjadi starter seiring tak adanya Witan Sulaeman maupun pemain senior seperti Irfan Jaya, Ramai Rumakiek berpeluang meledak di Piala AFF U-23.

Ronaldo Kwateh

Jika Rumakiek mencuri perhatian berkat aksi apik di timnas senior, Ronaldo Kwateh sukses melakukannya bersama timnas U-18.

Saat mengikuti pemusatan latihan timnas Indonesia U-18 di Turki pada November lalu, Ronaldo Kwateh yang baru berusia 17 tahun menjadi top skor dengan catatan 5 gol dari 3 laga.

Berbekal ketajamannya itu, dan kemampuannya bermain di berbagai posisi mulai dari winger hingga penyerang tengah, Ronado berpeluang menjadi pilihan utama. Apalagi, pesaingnya di posisi striker yakni Taufik Hidayat dan Hanis Saghara terbilang minim gol.

Marcelino Ferdinan

Marcelino Ferdinan menjadi salah satu pemain yang mendapat sorotan di Liga 1 musim ini. Meski baru berusia 17 tahun, ia sukses menjadi pilihan utama di sektor gelandang serang Persebaya Surabaya dengan 17 penampilan.

Ia pun membayar kepercayaan itu dengan performa ciamik, yang terbukti lewat torehan 4 gol dan 5 assist. Istimewanya, dari jumlah itu, 3 gol dan 4 assistnya dicetak dalam 5 laga beruntun. Performa apiknya itu membuat Marcelino Ferdinan berpeluang mengisi tempat utama di Piala AFF U-23.

Dengan sistem permainan Shin Tae-yong yang memainkan serangan cair dan tak menitik beratkan tugas mencetak gol pada striker, bukan tidak mungkin Marcelino akan menularkan ketajamannya di level klub ke level timnas.

Timnas Indonesia U-23Timnas IndonesiaBola InternasionalTRIVIAMarselino FerdinanBerita Timnas IndonesiaRonaldo KwatehRamai RumakiekPiala AFF U-23

Berita Terkini