x

Bedah Formasi Liverpool Jika Sukses Bajak Bukayo Saka: Dua Anggota Firmansah Tersingkir

Kamis, 10 Februari 2022 20:35 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Liverpool siap membajak bintang Arsenal, Bukayo Saka, di musim panas. Kepindahan itu membuka peluang formasi baru dengan terbuangnya dua anggota trio Firmansah. (David Price/Arsenal FC via Getty Images)

INDOSPORT.COM – Liverpool siap membajak bintang Arsenal, Bukayo Saka, di musim panas. Kepindahan itu membuka peluang formasi baru dengan terbuangnya dua anggota trio Firmansah.

Sempat sepi pergerakan, Liverpool membuat kejutan di hari terakhir bursa transfer Januari lalu. The Reds berhasil mendatangkan winger Porto, Luis Diaz, yang sebelumnya lebih kerap dikaitkan dengan Tottenham.

Pemain asal Porto itu diboyong dengan biaya yang bisa mencapai 60 juta euro di masa depan, tergantung performa sang pemain.

Sukses memboyong Diaz tak membuat Liverpool berpuas diri. Mereka disebut masih ingin memboyong pemain anyar di lini serang.

Baca Juga
Baca Juga

Satu nama yang belakangan ini santer dikaitkan dengan The Reds adalah Bukayo Saka, winger muda milik Arsenal.

Dilansir Daily Mail, Liverpool siap mengajukan penawaran untuk memboyong Saka jika Arsenal gagal lolos ke Liga Champions musim depan.

Meski baru berusia 20 tahun, Saka memang sudah jadi andalan Arsenal sejak beberapa musim terakhir. Musim ini saja, ia sudah mencetak 7 gol dan 4 assist dari 26 laga. Jumlah golnya itu menyamai torehan musim lalu, yang tercipta dari 46 laga.

Baca Juga
Baca Juga

Liverpool memang sudah memiliki trisula andalan di lini depan dalam diri Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino. Namun, ketiganya akan habis kontrak pada Juni 2023.

Kehadiran Saka pun membuka potensi kepergian para anggota trio Firmansah itu. Apalagi, The Reds kini juga sudah memiliki Diogo Jota yang langsung nyetel sejak kedatangannya musim lalu, serta Luis Diaz.

Lantas, jika Bukayo Saka benar-benar datang di bursa transfer musim panas nanti, bakal seperti apa formasi Liverpool musim depan? Berikut ulasannya:

 

1. Trio Firmansah Bubar

Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino. (Getty Images)

Seperti diketahui, selama dipimpin Jurgen Klopp, pola 4-3-3 menjadi pola baku Liverpool. Formasi ini diyakini akan tetap menjadi andalan musim depan, dengan diwarnai sejumlah perubahan pemain.

Di lini belakang diyakini tidak akan ada perubahan berarti. Alisson Becker yang jadi andalan selama 4 musim terakhir akan tetap jadi pilihan utama di bawah mistar, dengan Caomhin Kelleher sebagai pelapis.

Sementara itu, posisi 4 bek akan tetap jadi milik kuartet Trent Alexander-Arnold, Virgil van Dijk, Joel Matip, dan Andy Robertson.

Di lini tengah, kapten Jordan Henderson akan bertugas mengalirkan bola ke depan lewat kemampuan passingnya yang mumpuni. Sementara itu tugas sebagai gelandang kreatif dan membantu serangan dari lini kedua bisa diperankan Thiago Alcantara atau Harvey Elliott yang sudah pulih dari cedera.

Fabinho akan berada di posisi sentral untuk menjaga kedalaman sekaligus memberikan perlindungan pertama pada lini belakang.

Perubahan besar-besaran baru akan terjadi di lini depan dengan bubarnya trio Firmansah alias Firmino, Mane, Salah.

Diogo Jota yang tampil apik sejak gabung musim lalu, berpeluang besar mengisi satu tempat, menggantikan Roberto Firmino yang berpotensi dijual mengingat kontraknya akan habis Juni nanti.

Sementara itu, sektor kanan akan tetap menjadi milik Mohamed Salah jika Liverpool berhasil memperpanjang kontraknya.

Seperti diketahui, Salah meminta kenaikan gaji yang cukup besar dalam kontrak barunya. Namun, dengan peran penting dan performanya yang luar biasa, besar kemungkinan Liverpool akan luluh.

Andaikan Liverpool gagal memperpanjang kontrak Salah pun, sisi kanan penyerangan akan tetap aman dengan keberadaan Bukayo Saka.

Di sisi kiri, menurunnya performa Sadio Mane musim ini meski baru saja membawa Senegal juara Piala Afrika dan sepinya kabar perpanjangan kontraknya membuat eks Southampton ini berpotensi besar dijual di musim panas nanti.

Apalagi, Liverpool kini sudah memiliki Luis Diaz yang baru saja diboyong. Diaz pun langsung tampil nyetel dan mencetak assist di laga debutnya saat menghadapi Cardiff akhir pekan lalu di Piala FA.

Opsi lain yang juga bisa dijajal adalah menempatkan Bukayo Saka di sisi kiri, mengingat pemain 20 tahun itu bisa bermain di kedua sisi sama baiknya dan malah mengawali karier di Arsenal sebagai bek kiri.

Liverpool XI: Alisson; Alexander-Arnold, Matip, van Dijk, Robertson; Elliot/Alcantara, Fabinho, Henderson; Salah/Saka, Jota, Diaz/Saka.

Bursa TransferLiverpoolArsenalMohamed SalahSadio ManeRoberto FirminoLiga InggrisBerita Liga InggrisBerita Bursa TransferBukayo SakaDiogo JotaLuis Diaz

Berita Terkini