x

Tak Cuma vs Udinese, Deretan Kontroversi Wasit yang Rugikan AC Milan Musim Ini

Sabtu, 26 Februari 2022 11:39 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Termasuk gol Udinese yang berbau handsball di laga Liga Italia dini hari tadi, berikut deretan kontroversi wasit yang rugikan AC Milan di sepanjang musim ini. (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)

INDOSPORT.COM – Termasuk gol Udinese yang berbau handsball di laga Liga Italia dini hari tadi, berikut deretan kontroversi wasit yang rugikan AC Milan di sepanjang musim ini.

AC Milan kembali mendapatkan hasil kurang memuaskan di Liga Italia, Sabtu (26/02/22) dini hari WIB. Usai ditahan imbang juru kunci Salernitana 2-2 pekan lalu, Rossoneri lagi-lagi gagal menang saat berjumpa Udinese.

AC Milan berhasil unggul lebih dulu pada menit ke-29 lewat Leao, memanfaatkan umpan lambung Sandro Tonali. Skor 1-0 itu bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, AC Milan masih terus mendominasi permainan. Namun, ketatnya pertahanan Udinese dan buruknya penyelesaian akhir menyulitkan upaya mereka mencari gol tambahan.

Baca Juga
Baca Juga

Petaka menimpa anak asuh Stefano Pioli pada menit ke-66, setelah Destiny Udogie menjebol gawang Mike Maignan, memanfaatkan tendangan salto Roberto Pereyra.

Gol ini diprotes keras pemain AC Milan. Pasalnya, bola tampak membentur tangan Udogie sebelum masuk ke gawang. Namun pada akhirnya gol tersebut tetap disahkan.

Hingga peluit panjang berbunyi, skor tetap 1-1. Beruntung, Inter Milan juga hanya imbang 0-0 dengan Genoa sehingga AC Milan tak tergusur dari puncak klasemen Liga Italia.

Seusai laga, Stefano Pioli mengungkapkan kekecewaannya atas gol Udinese. “Tidak diragukan lagi, itu jelas handsball. Wasit tidak melihatnya, tapi fakta VAR juga gagal melihatnya sungguh sulit dimengerti,” katanya seperti dilansir Sempre Milan.

Baca Juga
Baca Juga

“Ini kesalahan serius yang menentukan hasil laga. VAR ada untuk menghindari kesalahan, tapi keputusan ini tidak bagus. Kami sudah dirugikan beberapa kali.”

Komentar serupa dilontarkan Paolo Maldini. “VAR seharusnya bisa menghilangkan keraguan, tapi penggunaan seperti ini menyakitkan bagi kami karena ini bukan pertama kalinya.”

AC Milan memang beberapa kali menjadi korban keputusan kontroversial dari wasit dan VAR yang merugikan mereka, baik di Liga Italia maupun Liga Champions. Apa saja keputusan-keputusan tersebut? Berikut INDOSPORT merangkumnya untuk Anda:


1. 2 Kali di Liga Italia, 2 Kali di Liga Champions

Alessio Romagnoli menekel Evanilson di laga AC Milan vs Porto, Kamis (04/11/21).

AC Milan vs Spezia

Keputusan kontroversial yang merugikan AC Milan juga sempat terjadi bulan lalu, ketika mereka kalah 1-2 dari Spezia.

Saat skor imbang 1-1, Junior Messias sempat mencetak gol di injury time babak kedua. Namun, gol itu tak dihitung karena wasit lebih dulu meniup peluit untuk memberikan tendangan bebas kepada AC Milan karena Ante Rebic dilanggar dalam proses gol tersebut.

Padahal, dalam situasi seperti itu wasit seharusnya memberikan advantage bagi AC Milan karena bola tetap dalam penguasaan mereka. Mirisnya, tiga menit setelah kejadian itu, Spezia berhasil mencetak gol kedua sehingga menang 2-1.

AC Milan vs Napoli

Dalam duel melawan Napoli pada Desember lalu, Partenopei unggul cepat lewat gol Eljif Elmas pada menit kelima. Rossoneri tampak nyaris kalah, sebelum Franck Kessie menyamakan skor di menit ke-90.

Namun, wasit menganulir gol tersebut karena Olivier Giroud dianggap offside, meski sang penyerang terbaring di lapangan karena terjatuh usai melakukan duel udara. Dengan dianulirnya gol tersebut, Milan gagal menyamakan skor dan harus rela menelan kekalahan 0-1.

AC Milan vs Atletico Madrid

Di matchday kedua fase grup Liga Champions musim ini melawan Atletico Madrid, Milan sempat unggul pada menit ke-20 lewat gol Rafael Leao, sebelum Antoine Griezmann menyamakan skor pada menit ke-84.

Pada masa injury time, wasit memberikan penalti kepada Atletico usai handsball Pierre Kalulu. Luis Suarez sukses mengoversinya menjadi gol untuk membawa Atletico menang 2-1.

Gol ini kemudian disorot karena bola lebih dulu menyentuh tangan pemain Atletico Madrid, Thomas Lemar, sebelum terkena tangan Pierre Kalulu.

Porto vs AC Milan

Keputusan kontroversial kembali menimpa AC Milan di matchday ketiga fase grup Liga Champions, saat bertandang ke markas Porto. Ketika itu, Rossoneri kalah tipis 0-1 berkat gol Luis Diaz.

Gol Luis Diaz sempat disorot kubu Rossoneri yang menilai ada pelanggaran yang dilakukan Mehdi Taremi terhadap Ismael Bennacer dalam proses gol tersebut.

Taremi dinilai menabrak Bennacer yang membuat bola liar jatuh ke kaki Diaz. Namun, wasit Felix Brych tetap mengesahkan gol Porto. Akibatnya, AC Milan pun selalu kalah dalam tiga matchday pertama di Liga Champions musim ini.

Atletico MadridLiga ChampionsAC MilanNapoliFC PortoUdineseWasitSpeziaLiga ItaliaTRIVIABerita Liga ItaliaBerita Liga Champions Eropa

Berita Terkini