x

Berkali-kali AC Milan Jadi 'Korban' Wasit di Liga Italia Musim Ini, Buktinya Banyak

Minggu, 27 Februari 2022 13:09 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
AC Milan kerap jadi 'musuh' wasit di Liga Italia musim ini. Foto: REUTERS/Daniele Mascolo.

INDOSPORT.COM - Klub Serie A Liga Italia, AC Milan, nampaknya sering jadi ‘musuh' wasit selama musim 2021-2022 bergulir.

Belum lama ini, mereka baru saja melakoni pertandingan kontra Udinese yang berakhir sama kuat 1-1. Gol semata wayang yang lebih dulu dilesatkan Rafael Leao mampu dibayar lunas oleh sang lawan saat babak kedua.

Adalah Destiny Udogie yang memupuskan harapan Rossoneri menggondol poin penuh dari laga yang digelar di San Siro tersebut.

Hasil ini pun memperpanjang rekor tanpa kemenangan Rossoneri menjadi dua kali beruntun, setelah secara mengejutkan juga main imbang melawan tim juru kunci klasemen Liga Italia, Salernitana, 2-2, tempo hari.

Baca Juga
Baca Juga

Partai melawan Udinese pada 26 Februari ini juga sempat menjadi buah bibir di berbagai kalangan penggiat olahraga sepak bola. Masalahnya cukup klise, yakni kinerja wasit.

Gol Destiny Udogie yang tercipta setelah kemelut di depan gawang Mike Maignan pun jadi pokok masalahnya. Para pemain Rossoneri melancarkan protes keras karena menduga ada unsur handball dalam prosesnya.

Udogio disinyalir sempat menyentuh bola dengan tangannya sebelum gol tersebut tercipta. Sontak, Matteo Marchetti yang bertindak sebagai wasit saat itu langsung dicecar oleh Alessio Romagnoli dkk.

Baca Juga
Baca Juga

Meski sempat berdiskusi lewat headphone, ia pada akhirnya tidak meninjau Video Assistant Referee (VAR) dan tetap mengesahkan gol tersebut. Buntutnya, papan skor berubah jadi 1-1 dan kedudukan ini bertahan hingga akhir laga.

Setelah pertandingan, ulah Marchetti di laga AC Milan vs Udinese pun jadi sorotan publik. Bahkan, sampai membuat seorang mantan wasit Liga Italia bernama Luca Marelli angkat bicara.

Ia mempertanyakan kenapa VAR tidak dilibatkan untuk mengecek dugaan kecurangan yang dilakukan Udogio di depan gawang Maignan tersebut. 

 

1. Kontroversi Lainnya

AC Milan kerap jadi 'musuh' wasit di Liga Italia musim ini. Foto: REUTERS/Daniele Mascolo.

Akan tetapi, pertandingan kontra Udinese ini hanya satu dari sekian peristiwa yang merugikan AC Milan pada musim 2021-2022, yang berakar dari keputusan wasit.

Kontroversi lain yang juga melibatkan wasit sempat pula terjadi pada Desember 2021 saat AC Milan melawan Napoli. Franck Kessie melepaskan tembakan jarak dekat yang tak mampu dilesematakan David Ospina.

Akan tetapi, gol pemain asal Pantai Gading itu dianulir oleh wasit karena dianggap tidak sah. Setelah meninjau VAR, wasit memutuskan Olivier Giroud yang terkapar di kotak penalti Napoli berada dalam posisi offside.

Kemudian, ada pula insiden pada Oktober 2021 yang membuat wasit AS Roma vs AC Milan jadi bulan-bulanan publik karena mengusir Theo Hernandez keluar lapangan.

Seharusnya, ia membunyikan peluit karena Rade Krunic terlebih dulu dilanggar sebelum insiden Theo Hernandez terjadi. Alhasil, kartu kuning kedua yang dikeluarkannya pun jadi masalah besar.

Apalagi sebelum itu, wasit telah melakukan hal-hal kontroversial terkait penalti Zlatan Ibrahimovic dan insiden Simon Kjaer dengan Lorenzo Pellegrini.

Selain itu, tentu jangan lupakan juga kejadian yang menimpa AC Milan saat ditahan imbang Spezia di Liga Italia belum lama ini.

Gol Junior Messias di injury time babak kedua tidak dihitung karena wasit lebih dulu meniup peluit untuk memberikan tendangan bebas kepada AC Milan. Pasalnya, Ante Rebic dilanggar dalam proses gol tersebut.

Demikian pula saat melawan Hellas Verona pada bulan Oktober 2021. Kala itu, Alessio Romagnoli dan Nikola Kalinic terlibat kontak di area kotak penalti.

Setelah melalui perdebatan, wasit kemudian memberi hadiah tendangan titik putih kepada Hellas Verona.

Keputusan ini empat jadi bahan omongan publik lantaran Nikola Kalinic diduga sudah merentangkan kakinya untuk menginjak Alessio Romagnoli sebelum terjatuh.

Serie A ItaliaAC MilanUdineseWasitLiga ItaliaAC Milan NewsBerita Liga Italia

Berita Terkini