x

Rapor Emil Audero Sebelum Gabung Timnas Indonesia, Sudah Bukan Pilihan Utama Sampdoria?

Kamis, 3 Maret 2022 13:42 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Subhan Wirawan
Kiper Sampdoria asal Italia kelahiran Mataram, Lombok, NTB, Indonesia, Emil Audero Mulyadi.

INDOSPORT.COM – Emil Audero Mulyadi sebentar lagi akan segera memperkuat Timnas Indonesia. Berikut ini rapor kiper kelahiran Mataram, Lombok, bersama klub Serie A Italia, Sampdoria.

Seperti diketahui, penjaga gawang klub Serie A Liga Italia, Sampdoria yaitu Emil Audero Mulyadi dikabarkan akan segera menjadi pemain naturalisasi Timnas Indonesia.

Kabar tersebut sempat dibocorkan oleh anggota EXCO PSSI, Hasani Abdulgani, yang ditugaskan mengurusi proses naturalisasi pemai, lewat postingan di Instagram beberapa hari lalu.

Hasani menjelaskan bahwa PSSI telah mengutus agen untuk bertemu dua pemain calon naturalisasi yakni Emil Audero Mulyadi dan Jordy Wehrmann.

Baca Juga
Baca Juga

Namun kepada awak media, anggota Exco PSSI itu mengatakan bahwa Emil Audero Mulyadi yang sepakat untuk makan malam bersama agen pada Rabu (02/03/2022) waktu Eropa atau siang WIB.

Emil Audero Mulyadi merupakan kiper binaan asli dari akademi Juventus sejak 2008 silam. Namun dirinya kemudian dipinjamkan ke Sampdoria pada 2018 sebelum akhirnya dipermanenkan pada 2019.

Baca Juga
Baca Juga

Bagaimana dengan rapornya selama membela Sampdoria? apakah Emil Audero memiliki statistik yang memuaskan sehingga Shin Tae-yong berani meminta PSSI untuk memrioritaskan proses naturalisasinya sebagai WNI? 


1. Rapor Emil Audero di Sampdoria

Kiper Sampdoria asal Italia kelahiran Mataram, Lombok, NTB, Indonesia, Emil Audero Mulyadi.

Merujuk pada data Transfermarkt, Emil Audero mencatatkan 30 cleansheet dari 134 penampilan bersama Sampdoria selama empat tahun terakhir di semua kompetisi.

Baca Juga
Baca Juga

Musim ini, Emil Audero sudah memainkan 20 pertandingan dan membawa Sampdoria bertengger di urutan ke-15 klasemen sementara Serie A Liga Italia 2021-2022. 

Rinciannya, Emil Audero mencatatkan 3 cleansheet dan 37 kali kebobolan selama 1.755 menit penampilannya bersama Sampdoria musim ini.

Kiper berusia 25 tahun sempat menjadi kiper andalan Sampdoria di paruh pertama musim 2021-2022. Hal ini terbukti dengan dia selalu bermain 90 menit sejak 21 Agustus hingga 10 Desember 2021 lalu.

Baca Juga
Baca Juga

Sayangnya, Emil sempat dihantui cedera otot peruh pada awal tahun 2022. Kondisinya yang belum fit membuat Emil belakangan kerap menghuni bangku cadangan Sampdoria.


2. Emil Audero Dibutuhkan Timnas Indonesia

Aksi penyelamatan Mulyadi Emil Audero dalam sesi latihan bersama timnas Italia U-21. Giuseppe Bellini/Getty Images

Terakhir kali dia bermain untuk Sampdoria adalah saat dikalahkan Napoli pada 9 Januari 2022 lalu. Emil hanya bermain selama 45 menit sebelum kemudian ditarik keluar lantaran cedera.

Meski rapornya di Sampdoria tak begitu bagus belakangan, namun Emil Audero tampaknya tetap menjadi harapan Timnas Indonesia guna memperkuat barisan penjaga gawang andalan Shin Tae-yong.

Baca Juga
Baca Juga

Saat ini, Shin Tae-yong sendiri  sudah memiliki empat penjaga gawang seperti Ernando Ari Sutaryadi, Muhammad Riyandi, Nadeo Argawinata, dan Syahrul Fadillah.

Emil Audero bisa dinaturalisasi karena punya darah Indonesia dari sang ayah, Edy Mulyadi, yang berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. 

Baca Juga
Baca Juga

Bila sepakat memperkuat Timnas Indonesia, maka barisan pertahanan Skuat Garuda bisa semakin bertambah kuat.

Pasalnya, PSSI sedang memproses naturalisasi tiga pemain belakang yakni Shayne Pattynama, Sandy Walsh dan Jordi Amat yang kabarnya bakal segera selesai.

SampdoriaNaturalisasiEmil Audero MulyadiKiperTimnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini