x

Tersandung Skandal Pengaturan Skor, Bagaimana Kiprah Putra Jombang di Liga 3 Musim Ini

Senin, 7 Maret 2022 22:56 WIB
Editor: Juni Adi
Logo Liga 3.

INDOSPORT.COM - Berikut kiprah Putra Jombang alias Putra Delta Sidoarjo di Liga 3 musim ini. Jalan mulus tanpa hambatan disinyalir mereka terlibat match fixing atau pengaturan skor.

Para pecinta sepak bola nasional kembali dihebohkan dengan kabar adanya pengaturan skor atau match fixing di Liga 3 musim 2021-2022 ini. 

Belum redam kehebohan laga antara Farmel FC vs Persikota Tangerang yang terindikasi adanya pengaturan skor, kini sudah timbul isu baru mengenai skenario kelolosan salah satu tim asal Jawa Timur, Putra Jombang.

Laga antara Farmel FC vs Persikota Tangerang sendiri diketahui tak berlangsung selama 90 menit dan terhenti di tengah jalan, tepatnya menit ke-63. 

Sebab kubu Persikota kecewa dan melakukan protes terhadap kepeminpinan wasit yang dinilai berat sebelah. 

Wasit diketahui menghentikan pertandingan ketika Farmel FC sudah unggul tiga gol tanpa balas padahal menit bermain belum menunjukan 90 menit.

Baca Juga
Baca Juga

Peristiwa ini membuat pemilik baru Persikota, Prilly Latuconsina, naik pitam dan bersuara lantang di media sosial. Dia juga telah mengajukan protes secara resmi kepada PSSI selaku operator kompetisi.

Sementara itu untuk pengaturan skor yang terbaru adalah beredarnya jalan mulus Putra Jombang (Putra Delta Sidoarjo) untuk promosi ke Liga 2 musim depan.

Kabar ini diungkap oleh sumber terpercaya INDOSPORT.COM yang tak bersedia disebutkan namanya. Secara blak-blakan ia menyebut satu figur yang tidak asing di balik perjalanan Putra Jombang di Liga 3 musim ini, yakni Vigit Waluyo.

Vigit Waluyo sendiri merupakan mantan bos klub Liga 2 2018, PS Mojokerto Putra. Klubnya saat itu terjerat kasus pengaturan skor, setelah dibocorkan oleh rekan seprofesinya, Bambang Suryo.

Menurut Bambang, Vigit adalah sosok yang aktif dalam menentukan skor pertandingan di sepak bola Indonesia khususnya di wilayah Jawa Timur. Dia bekerja sama dengan bandar judi, Bet364, untuk mengatur itu semua.

Atas tindakannya itu, Vigit kemudian diciduk oleh Satgas Antimafia Bola bekerja sama dengan Kepolisian Republik Indonesia.

"Mereka (Putra Jombang) sudah kompakan. Putra Jombang itu kepunyaan Vigit Waluyo. Pemainnya tidure (menginap) di rumah Vigit," ungkap sumber terpercaya INDOSPORT, Senin (7/3/22).

Lantas bagaimana kipra Pura Jombang atau Putra Delta Sidoarjo sendiri di Liga 3 musim ini? INDOSPORT coba mengulasnya.


1. Kipra Putra Jombang di Liga 3 zona Jawa Timur

Logo Liga 3.

Putra Jombang atau Putra Delta Sidoarjo tergabung di Grup K babak penyisihan Liga 3 zona Jawa Timur bersama Deltras FC, Persikoba Batu, Assyabaab Bangil dan Arek Suroboyo FC.

Ditunjuk sebagai tim tuan rumah, Putra Jombang atau Putra Delta Sidoarjo tampil mengejutkan karena mereka tak terkalahkan di Grup K dalam empat pertandingan.

Prestasi tim yang sejatinya akan berganti nama menjadi Putra Delta Sidoarjo tapi belum disahkan oleh PSSI itu terbilang cukup mentereng, sebagai sebuah tim pendatang baru di Liga 3.

Di pertandingan pertama, mereka sukses meraih kemenangan 3-0 di laga perdana melawan Assyabaab Bangil di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, (05/11/21).

Kemenangan juga diraih saat melawan Arek Suroboyo dengan skor mencolok 7-0. Namun melawan Deltras mereka hanya bisa imbang 1-1. 

Tiga poin kembali mereka dapat saat melawan Persikoba Batu, dengan kemenangan 0-6. Mengumpulkan 10 poin dari empat pertandingan (3 menang, 1 imbang), membuat Putra Jombang atau Putra Delta Sidoarjo itu lolos ke babak gugur Liga 3 regional Jawa Timur, bersama Deltras.


2. Kiprah Putra Jombang di Babak Gugur

Logo Liga 3.

Di babak gugur 32 besar Liga 3 zona Jawa Timur, Putra Delta Sidoarjo menghadapi Mojosari Putra FC. Mereka menang 2-0 dan melaju ke babak 16 besar.

Lagi-lagi tim besutan Jamal Yastro ini memetik kemenangan saat berhadapan dengan Madura FC. Mereka menang 3-0 dan lolos ke babak 8 besar.

Namun sayang langkah Putra Jombang atau Putra Delta Sidoarjo harus dihentikan untuk melangkah lebih jauh oleh Persewangi Banyuwangi. Mereka kalah 2-1.

Kendati demikian, Putra Jombang tetap bisa tampil di putran nasional. Sebab Jawa Timur mengirim 8 wakil untuk babak 64 besar putaran nasional Liga 3 musim ini.


3. Kiprah Putra Jombang di Putaran Nasional Liga 3

Logo Liga 3.

Putra Jombang atau Putra Delta Sidoarjo tergabung di grup D bersama Persikutim, Gasliko dan Benteng HB FC.

Tanpa kesulitan, Putra Jombang atau Putra Delta Sidoarjo lolso ke babak 32 besar Liga 3 putaran nasional, setelah memeuncaki klasemen dengan 7 poin berkat dari meraih 2 kemenangan dan 1 kali imbang.

Di babak 32 besar Liga 3 Nasional, Putra Jombang atau Putra Delta Sidoarjo tergabung dengan Karo United, Persida dan Persikasi di Grup R.

Lagi-lagi mereka tampil perkasa tanpa kekalahan. Dari tiga pertandingan, Putra Jombang atau Putra Delta Sidoarjo meraih 2 kali kemenangan dan 1 kali hasil imbang. Tujuh poin cukup membawa mereka ke 16 besar.

Di 16 besar, Putra Jombang atau Putra Delta Sidoarkjo masuk dalam grup CC bersama Farmel FC, Persipa dan Persikota Tangerang. Sejauh ini, seluruh tim baru memainkan satu pertandingan.

Putra Jombang atau Putra Delta Sidoarjo sendiri saat ini bertengger di tempat kedua dengan satu poin, setelah mereka ditahan imbang oleh Persipa di laga perdana Grup CC.

Putra Jombang atau Putra Delta Sidoarjo masih akan berhadapan dengan dua tim lainnya yakni Farmel dan Persikota. Dua tim yang cukup kuat juga mengingat keduanya punya catatan penampilan yang bagus di babak sebelumnya.

Jika mampu mengamankan posisi dua teratas, Putra Jombang atau Putra Delta Sidoarjo dipastikan akan lolos otomatis ke Liga 2 musim depan. Jalan mulus Putra Jombang atau Putra Delta Sidoarjo ini yang kemudian menjadi perbincangan banyak pihak.

Persikota TangerangLiga IndonesiaLiga 3Vigit Waluyo

Berita Terkini