x

Lagu 'Atur' Sindir Mafia Wasit Era 1990-an, Kok Bisa Sampai Sekarang Masih Relevan?

Rabu, 9 Maret 2022 08:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Ilustrasi kasus pengaturan skor sepak bola.

INDOSPORT.COM - Pembawa acara senior sekaligus pelawak, Denny Chandra, buka suara soal lagu sindiran kepada wasit Indonesia berjudul ‘Atur’ yang diciptakan oleh grupnya di masa lalu, P-Project.

Sebelumnya, pada era 1990-an, tepatnya 1998, grup komedi bernama P-Project pernah merilis sebuah album berjudul Jilid 4,

Album tersebut lahir bertepatan dengan momen Piala Dunia 1998 serta Reformasi. Lagu-lagu dalam album Jilid 4 pun khusu membahas seputar peristiwa-peristiwa bersejarah tersebut.

Baca Juga
Baca Juga

Dari delapan lagu yang ada, terdapat sebuah lagu yang menceritakan kondisi sepak bola Indonesia, terutama soal wasit dan mafia sepak bola.

Lagu itu sendiri berjudul ‘Atur’ yang diciptakan P-Project dengan menyadur nada dari lagu milik The Cardigan yang berjudul 'Love Fool'.

Lagu ‘Atur’ sendiri membahas mengenai nakalnya wasit di kancah persepak bolaan Indonesia yang disebut-sebut acapkali terlibat pengaturan skor.

Baca Juga
Baca Juga

Tak disangka, lirik lagu yang rilis pada tahun 1998 itu nyatanya masih terjadi di Indonesia. Teranyar, tindak-tanduk wasit yang berat sebelah sesuai lirik lagu ‘Atur’ itu diduga terjadi di kancah Liga 3.

Permainan wasit diduga terjadi saat Persikota Tangerang berhadapan dengan Farmel FC dan Persipa Pati berhadapan dengan Putra Jombang di babak 16 besar Liga 3.

Lantas, bagaimana komentar Denny Chandra yang merupakan salah satu pentolan P-Project yang menciptakan lagu ‘Atur’ itu saat lirik lagunya ternyata masih relevan hingga saat ini?


1. Miris dengan Sepak Bola Indonesia

Pengaturan Skor Sepak Bola

Salah satu pentolan P-Project, Denny Chandra nampak kaget sekaligus miris mengetahui lagu ‘Atur’ ternyata masih relevan di sepak bola Indonesia saat ini.

Pria yang kini berusia 55 tahun itu juga mengatakan, P-Project tak punya alasan khusus saat menciptakan lirik lagu tersebut.

Baca Juga
Baca Juga

Hanya saja, P-Project saat itu resah dengan sepak bola Indonesia yang nampak bisa ‘diatur’ sejak lama, terutama oleh mafia wasit.

“Soal lagu 'Atur' itu kami bukannya visioner ya, tapi memang zamannya saja yang tidak berkembang. Lagu itu diciptakan tahun 1990-an tapi kenapa masih relevan di 2022? Agak miris ya," kata Denny Chandra kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT melalui sambungan telepon, Selasa (8/3/22).   

"Tidak ada momentum khusus yang membuat kami menciptakan lagu 'Atur'. Memang kondisi saat itu ya itulah yang terjadi (mafia wasit). Kami sebatas menyampaikan keresahan terhadap keadaan sekitar dalam bentuk lagu," cetusnya.

Baca Juga
Baca Juga

Bagi Sobat INDOSPORT yang penasaran dengan lantunan lagu ‘Atur’ milik P-Project beserta liriknya, bisa membuka slide selanjutnya.


2. Video dan Lirik Lagu 'Atur' dari P-Project

Pengaturan Skor Sepak Bola

P-Project - Atur 

Dikira Tidak Ada Problem
Di Balik Prestasi Melempem
Sepak Bola Bukanlah Peyeum
Bisa Dipendem 

Main Mata Aturlah Bola
Fair Play Sudah Tidak Dijaga
Wasit Harusnya Wibawa
Tapi Kok Malah...
Atur Skor
Atur Gol
Atuuuuurr 

Lari Lari, Kejarlah Prestasi
Lari Lari, Jauhkan Kolusi
Lagi Lagi, Hasil Akhir Rugi
Lagi Lagi, Diatur Juri
Jadikan, Sepak Bola Bermutu 

Kami Kami, Ingin Sekali
Lihat Lihat, Wasitnya Ahli
Bukan Wasit Berhati Banci 

Agar Jalannya Kompetisi
Sepak Bola Kita Bergengsi
Seperti di Negeri Spaghetti
Kita Nikmati 

Prestasi Semuanya Mandeg
Apabila Wasitnya Gebleg
Keputusan Dijual Murah
Ke Tuan Rumah
Atur Skor
Atur Gol
Atur Atur Aja Deh, Ini Duitnya 

Lari Lari, Kejarlah Prestasi
Lari Lari, Jauhkan Kolusi
Lagi Lagi, Hasil Akhir Rugi
Lagi Lagi, Diatur Juri
Jadikan, Sepak Bola Bermutu 

Kami Kami, Ingin Sekali
Lihat Lihat, Wasitnya Ahli
Bukan Wasit Berhati Banci, Berhati Banci 

Kamu Kamu, Hey Kamu Kamu
Pasti Bisa, Eh Pendekar Bukan Kamu Yang Dipanggil
Jadi Wasit, Jadilah Wasit Yang Baik
Bukan Wasit Berhati Banci!

WasitMafia SepakbolaMafia OlahragaPengaturan Skor Pertandingan (match fixing)Musik sepakbolaPersikota TangerangLiga IndonesiaLiga 3Sepak BolaPersipa PatiFarmel FCPutra Delta Sidoarjo

Berita Terkini