x

Lebih Kuat dari Skuad 2014, Firman Utina Ramal Peluang Juara Persib di Liga 1 2021/22

Sabtu, 12 Maret 2022 07:52 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Mantan pesepak bola nasional, Firman Utina, membandingkan ketika ia membawa Persib Bandung juara Liga 2014, dan peluang juara Liga 1 2021-22.

INDOSPORT.COM - Mantan pesepak bola nasional, Firman Utina membandingkan ketika ia membawa Persib Bandung juara Liga 2014, dan peluang juara Liga 1 2021-22.

Sebagaimana diketahui, Persib Bandung baru saja membekuk Arema FC dengan skor 2-1. Hal ini membuat Maung Bandung melaju ke posisi teratas bersama Bali United FC.

Persib Bandung dan Bali United sama-sama meraih 63 poin, walaupun Serdadu Tridatu unggul satu match, dan setelah membekuk Persiraja, kini mereka mengoleksi 66 poin.

Baca Juga
Baca Juga

Namun, Persib Bandung masih memiliki kans besar untuk menjadi juara kompetisi Liga 1 2021-22. Mantan pemain Persib, Firman Utina, juga optimistis dengan peluang itu.

"Ibarat mobil, Persib itu mesin diesel, akhir akhir ini menunjukkan kualitas, teamwork yang sangat baik, komposisi tim sangat padu di antara lini," terang Firman Utina.

Perlu diketahui, Persib Bandung terakhir kali mengangkat trofi juara yaitu saat kompetisi Liga Super Indonesia 2014, ketika Firman Utina menjadi gelandang pilihan utama.

Walau dengan skuat seadanya, tapi Persib bisa mengangkat trofi juara. Firman optimis dengan skuat yang sekarang, Pangeran Biru juga bisa menjuarai ajang Liga 1 2021-22.

Baca Juga
Baca Juga

"Suasananya pasti beda. Di tahun 2014, kami minim pemain bintang, tetapi kami mempunyai teamwork yang sangat kuat," ucap Firman di Youtube Jebret Media TV.

"Sekarang kita lihat Persib didominasi oleh pemain-pemain yang luar biasa, ditunjang oleh pemain muda, akhirnya mereka bisa menunjukkan kualitas mereka," imbuhnya.


1. Firman Utina: Persib Lebih Baik dari 2014

Wasit mengatur para pemain Persija sementara pemain Persib Firman Utina bersiap mengambil tendangan bebas pada pertandingan Persija vs Persib di GBK, Minggu (10/08/14).

Menurut Firman Utina, komposisi pemain Persib Bandung di bawah asuhan pelatih Robert Rene Alberts adalah yang terbaik, bahkan lebih baik dari eranya di 2014 silam.

Baca Juga

"Saya rasa, pengalaman kami di 2014, jauh berbeda dengan sepak bola sekarang. Sekarang Persib ini luar biasa, berbeda dengan zaman 2014," ucap Firman Utina.

Baca Juga

"Karena sepak bola kan banyak perubahan. Seandainya saya berada di posisi sekarang, mungkin tidak mampu secara fisikal (untuk juara Liga 1)," lanjutnya sembari merendah.

Baca Juga

"Mudah-mudahan saja dengan sepak bola sekarang, kita lihat klasemen yang saling mengejar, masih punya fifty-fifty kans di papan atas (untuk juara Liga 1)," ucapnya.


2. Marc Klok Pemain Kunci

Duel Marc Klok dan Braif Fatari di laga Persib vs Persija

Firman Utina mengakui jika datangnya Marc Klok bisa membawa perubahan besar bagi Persib Bandung, sehingga kini tim bersaing dalam perebutan titel juara Liga 1 2021-22.

"Lini tengah selalu menjadi sorotan di Persib Bandung. Yang biasanya 4-3-3, sekarang berubah di zaman Coach Robert, 4-4-2."

"Kalau key playernya masih ada Marc Klok di situ, untuk mengatur serangan, terus ada (David da) Silva bisa juga sebagai tumpuan utamanya di lini depan," ujar Firman Utina. 

Persib Bandung akan kembali memulai perjuangannya menjuarai Liga 1 2021/2022 dengan melawan tim papan tengah, Madura United, pada esok hari, Minggu (13/03/22) petang. 

Persib BandungFirman UtinaLegenda OlahragaLiga IndonesiaLiga 1Marc KlokBerita Liga 1Liga 1 2021BRI Liga 1 2021-2022

Berita Terkini