x

Pemain Indonesia Mulai Ekspansi ke Luar Negeri, Legenda Arema: Jangan Cepat Puas!

Sabtu, 12 Maret 2022 15:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Alexander Pulalo.

INDOSPORT.COM - Pemain muda Indonesia mulai ekspansi ke luar negeri. Salah satu legenda hidup Arema, Alexander Pulalo, berharap pemain muda jangan cepat puas.

Pemain Indonesia mulai mendapatkan jam terbang di klub Eropa. Dibuka oleh Egy Maulana Vikri, kemudian Witan Sulaeman menyusul ke klub FK Senica, Liga Slovakia.

Baca Juga

Bagus Kahfi kini masih bertahan di FC Utrecht, Liga Belanda, kemudian David Maulana juga telah bermain di dua klub Kroasia, HNK Rijeka dan NK Pomorac.

Belum lagi di kancah Asia, ada Asnawi Mangkualam yang tampil bersama Ansan Greeners di Korea, disusul Pratama Arhan yang berlabuh ke Tokyo Verdy di Jepang.

Sejumlah pemain muda juga mulai berani melebarkan sayapnya ke kompetisi Asia Tenggara, termasuk Thailand dan Malaysia.

Baca Juga

Hal ini diakui legenda Arema, Alexander Pulalo, sebagai langkah yang bagus untuk menempa mental pemain, dan menjadi duta bagi Indonesia untuk sepak bola luar negeri.

"Saya pikir karir buat mereka bagus juga, toling lebih ditingkatkan lagi prestasinya," pesan Alex Pulalo, saat hadir di Youtube mantan pemain Arema, Hamka Hamzah.

"Mudah-mudahan mereka prestasinya lebih bagus, mentalnya siap, terus bisa membawa nama Indonesia," ungkap Alexander Pulalo.

Baca Juga

Selain itu, Alexander Pulalo yang juga merupakan bek tangguh timnas Indonesia pada masanya, berharap agar pemain yang merumput di luar negeri jangan cepat puas.

"Jangan cepat puas. Pemain sekarang kalau punya nama sedikit, sudah puas," ucapnya.


1. Alexander Pulalo: Usung Misi Liga Eropa

Alexander Pulalo (kanan) masih memiliki stamina yang cukup baik.

Menurut legenda Arema era 2000-an, Alexander Pulalo, salah satu kelebihan tim luar negeri adalah banyaknya fasilitas yang tidak dimiliki oleh klub-klub di Indonesia.

Selain itu, kualitas kompetisi sepak bola di Indonesia juga masih belum berada di level terbaik. Sehingga, alangkah baiknya jika pemain muda mau merantau ke luar negeri.

Baca Juga

"Fasilitas latihan kita agak kurang. Kalau di luar sana, negara-negara lain sudah komplit semua. Kompetisinya juga perlu diperbaiki," ungkap Alexander Pulalo kepada Hamka.

Selain itu, Alex Pulalo juga berharap target para pemain muda adalah main di Eropa. Sebab, pemain Asia saja berbondong-bondong untuk masuk ke tim Eropa.

Baca Juga

"Contohnya pemain-pemain Korea, China, mereka bisa bermain di Eropa, kenapa kita tidak bisa. Jadi, mental kita harus siap," lanjut sosok berusia 48 tahun tersebut.


2. Jangan Lupakan Timnas

Melihat masa pensiun Alexander Pulalo, menjadi supir hingga hidup pas-pasan.

Kemudian, legenda Alexander Pulalo juga menghimbau agar para pemain muda mau bersaing untuk menembus skuat Timnas Indonesia, lalu mengukirkan prestasi.

"Zaman dulu, kalau mau masuk timnas susah, sesama teman saja bisa berantem. Kalau sekarang saya lihat, saat dipanggil timnas, biasa-biasa aja," ucap Kaka Alex.

Baca Juga

Hal yang seperti ini, ditakutkan bisa menjadi faktor kendornya prestasi timnas Indonesia.

AremaAlexander PulaloTimnas IndonesiaIn Depth SportsLegenda OlahragaLiga IndonesiaArema IndonesiaArema FCPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar Negeri

Berita Terkini