x

Hasil Pertandingan Liga Inggris Chelsea vs Newcastle United: Havertz Selamatkan The Blues

Minggu, 13 Maret 2022 23:29 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor:
Laporan hasil pertandingan pekan ke-29 Liga Inggris 2021/2022 antara Chelsea vs Newcastle United yang digelar pada Minggu (13/03/22) dengan skor akhir 1-0. (Foto: Reuters/Andrew Boyers)

INDOSPORT.COM - Berikut ini adalah laporan hasil pertandingan pekan ke-29 Liga Inggris 2021/2022 antara Chelsea vs Newcastle United yang digelar pada Minggu (13/03/22) malam. The Blues menang 1-0 di Stamford Bridge berkat lesakan semata wayang Kai Havertz.

Tambahan tiga poin membuat Chelsea masih bercokol di peringkat ketiga klasemen sementara Liga Inggris. Jauh meninggalkan pesaing terdekat dengan margin sembilan angka.

Baca Juga

Sementara itu Newcastle justru menyudahi rentetan tiga kemenangan beruntun mereka. Hanya saja The Magpies tidak perlu terlalu cemas karena di peringkat 14 mereka aman dari persaingan menghindari degradasi.

Sepanjang babak pertama, Chelsea mampu mendominasi jalannya pertandingan seperti yang sudah diprediksikan namun mereka kesulitan untuk mendapat tembakan tepat sasaran.

Salah satu kans terbaik Chelsea untuk membuka keunggulan adalah pada menit ke-27 dimana Mason Mount dari luar kotak penalti melepas sepakan voli first-time namun karena bola terlalu tinggi akurasinya pun menjadi buruk.

Baca Juga

Lima menit kemudian Mount kembali mengancam gawang Newcastle kawalan Martin Dubravka dan kali ini lewat tendangan bebas. Sayangnya usaha sang gelandang Inggris hanya menerpa jaring sisi gawang.

Newcastle pun sebenarnya juga punya beberapa momen emas namun juga gagal memaksimalkannya. Contohnya tandukan Dan Burn memanfaatkan crossing Matt Targett yang masih menyamping di kiri gawang Chelsea pada meniy ke-34.

Begitu juga dengan peluang ganda untuk tim tamu di menit kedua masa injury time. Yang pertama datang dari tembakan kaki kir Miguel Almiron yang masih bisa dimentahkan oleh tangan Edouard Mendy.

Baca Juga

Bola rebound kemudian disambar Fabian Scharr namun terlalu banyak tenaga yang sang bek kerahkan sehingga si kluit bundar justru terbang tinggi. 

Babak pertama pun ditutup tanpa adanya gol sama sekali. Chelsea 0, Newcastle United 0.


1. Babak Kedua

Hasil Pertandingan Liga Inggris Chelsea vs Newcastle United: Havertz Selamatkan The Blues

Di babak kedua Chelsea coba untuk memasukkan kaki-kai segar demi meningkatkan ancaman ke pertahanan Newcastle United.

Romelu Lukaku dan Mateo Kovacic dimasukkan oleh pelatih Thomas Tuchel untuk menggantikan Timo Werner dan Mason Mount.

Baca Juga

Kendati demikian Kai Havertz yang bermain sejak menit pertama justru bisa jadi pemain kubu tuan rumah yang paling berbahaya.

Gelandang serang asal Jerman tersebut bahkan punya satu kans emas di menit ke-76 yang seharusnya bisa berbuah gol.

Melakukan kombinasi dengan Hakim Ziyech, eks Bayer Leverkusen itu mampu menerukan crossing sang rekan dengan kepalanya dari jarak dekat. Hanya saja Dubravka masih bisa menampilkan penyelamatan.

Baca Juga

Havertz kemudian benar-benar mencetak gol saat waktu normal menyisakan kurang dari semenit saja. Ia mampu mempamerkan insting membunuh bak striker murni di saat-saat genting.

Berawal dari umpan lambung Jorginho ke kotak penalti Newcastle, Havertz memenangkan sprint melawan Burn sebelum mengkontrol bola dengan satu sentuhan sebelum kemudian menyonteknya melewati Dubravka.

Havertz nyaris menambah pundi-pundi golnya di menit ketiga masa injury time. Hanya saja kali ini Dubravka bisa bereaksi cepat dan menepis bola hinga membentur mistar gawang.

Baca Juga

Sampai peluit panjang dibunyikan, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Skor 1-0 untuk keunggulan Chelsea atas Newcastle United jadi hasil akhir laga Liga Inggris kali ini.

Starting XI Chelsea vs Newcastle United

Chelsea (4-3-3): Edouard Mendy, Trevoh Chalobah, Andreas Christensen, Antonio Rudiger, Malang Sarr, N'Golo Kante, Jorghinho, Mason Mount, Hakim Ziyech, Kai Havertz, Timo Werner

Newcastle United (5-4-1): Martin Dubravka, Javier Manquilo, Fabian Scharr, Jamal Lascelles, Dan Burn, Matt Targett, Jacob Murphy, Sean Longstaff, Bruno Guimaraes, Miguel Almiron, Chris Wood


2. Menerka Nasib Chelsea Pasca Roman Abramovich 'Dimiskinkan' karena Sanksi

Roman Abramovich (tengah), pemilik Chelsea

Chelsea saat ini tengah diterpa sejumlah masalah setelah sang pemilik Roman Abramovich mendapat sanksi dari Pemerintah Inggris.

Pemilik Chelsea, Roman Abramovich harus menerima nasib sial setelah pemerintah Inggris menjatuhkan sanksi kepadanya terkait invasi Rusia kepada Ukraina yang telah terlangsung dalam beberapa pekan terakhir.

Seperti diketahui Abramovich sendiri adalah penguasaha kaya berkebangsaan Rusia berdarah Yahudi. Sanksi tersebut diberikan lantaran banyak negara-negara barat yang menjatuhkan sanksi kepada Rusia.

Selain itu, isu kedekatan Abramovich dengan presiden Rusia, Vladimir Putin juga menjadi salah satu penyebab sanksi ini diberikan. 

Akibat sanksi tersebut Chelsea kena dampaknya. Seluruh aktivitas klub dibekukan oleh pemerintah Inggris, seperti aktivitas jual-beli pemain, menjual tiket non-terusan hingga larangan menjual merchandise klub. 

Abramovich sendiri sudah menyatakan bahwa dirinya akan menjual Chelsea untuk kebaikan klub. Sayangnya, hal itu tidak mungkin terjadi karena statusnya yang dibekukan.

Alhasil, dia tidak bisa menjual dulu klub London Barat itu setelah rencananya akan melepas di harga 3 miliar paun atau sekitar Rp57 triliun.

Memang sanksi itu masih berdurasi jangka pendek dan bakal ada perubahan. Tapi, tetap saja ini merugikan Chelsea yang tengah berjuang mendapatkan tiga gelar di sisa musim ini, yakni Liga Inggris, Liga Champions, dan Piala FA.

Baca selengkapnya: Menerka Nasib Chelsea Pasca Roman Abramovich 'Dimiskinkan' karena Sanksi

ChelseaNewcastle UnitedLiga InggrisBerita Liga InggrisKai Havertz

Berita Terkini