x

Nama Stafsus BUMN Ikut Bersaing Jadi Ketua PSSI Sumut

Senin, 14 Maret 2022 20:44 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Herry Ibrahim
Staf khusus (stafsus) Menteri BUMN, Arya Mahendra Sinulingga jadi calon Ketua Umum Asprov PSSI Sumatra Utara (Sumut) periode 2022-2026.

INDOSPORT.COM - Nama staf khusus (stafsus) Menteri BUMN, Arya Mahendra Sinulingga, dikabarkan juga akan ikut bersaing untuk menjadi calon Ketua Umum Asprov PSSI Sumatra Utara (Sumut) periode 2022-2026.

Kabar tersebut disampaikan Ketua Komite Pemilihan Asprov PSSI Sumut, M. ZeiniZen, kepada INDOSPORT, Senin (14/03/22).

Baca Juga

Selain Arya, Zeinizen menyebut ada tiga orang lainnya yang menyerahkan formulir pencalonan atau pendaftaran bakal calon (balon) yakni petahana Kodrat Shah.

Lalu dua sosok lainnya yakni mantan Manajer PSMS era Indonesian Super League (ISL), Benny Tomasoa, dan mantan Manajer PSMS era Liga 2 saat ini, Mulyadi Simatupang.

"Selanjutnya berkas pendaftaran mereka akan dilakukan verifikasi hari ini dan besoknya tanggal 15 (Maret) akan kita umumkan hasil verifikasinya," sebutnya.

Baca Juga

Usai pengumuman verifikasi, lanjut Zeinizen, yang tidak lolos verifikasi berkas berhak mengajukan banding dari tanggal 16-18 Maret.

Setelah itu, tambahnya, akan diadakan sidang banding oleh Komite Banding Asprov PSSI Sumut dan dilanjutkan pengumuman hasil sidang banding.

Baca Juga

"Baru setelah itu ada pengumuman final kandidat dan agenda terakhir yakni pelaksanaan kongres yang dijadwalkan tanggal 25 (Maret) nanti," imbuhnya.


1. Wakil Ketua dan Exco

Staf khusus (stafsus) Menteri BUMN, Arya Mahendra Sinulingga jadi calon Ketua Umum Asprov PSSI Sumatra Utara (Sumut) periode 2022-2026.

Selain agenda pemilihan Ketua Umum, Kongres Asprov PSSI Sumut mendatang juga beragenda pemilihan Wakil Ketua Umum dan Exco Asprov PSSI Sumut.

Baca Juga

ZeiniZen menambahkan, proses pendaftaran bakal calon wakil ketua dan Exco ini tahapannya sama seperti bakal calon ketua umum yang sudah dipaparkan tadi.

"Untuk pencalonan wakil ketua dan Exco sama seperti pencalonan ketua umum tadi."

Penyerahan formulir pencalonan sudah kita tutup tanggal 12 kemarin jam 12 malam (pukul 24.00 WIB)," sebutnya.

Baca Juga

"Total ada sebanyak 28 berkas pencalonan (ketua umum, wakil ketua dan Exco) yang kita terima yang selanjutnya kita verifikasi," sambungnya.


2. Profil Singkat

Staf khusus (stafsus) Menteri BUMN, Arya Mahendra Sinulingga jadi calon Ketua Umum Asprov PSSI Sumatra Utara (Sumut) periode 2022-2026.

Sebagai informasi, selain menjabat stafsus Menteri BUMN, profil singkat Arya Sinulingga diketahui sebagai praktisi media dan mantan juru bicara tim kampanye nasional Jokowi-Ma'aruf pada Pilpres 2019 silam.

Selain itu Arya diketahui pernah terjun langsung di dunia sepak bola sebagai Presiden klub Liga 3 asal Sumut, Karo United, yang saat ini baru promosi ke Liga 2 musim depan.

Namun Arya kini sudah tak lagi menjabat sebagai presiden klub Karo United lagi dan telah digantikan mantan manajer Karo United yakni Theophilus Ginting, sebagai presiden klub baru.

Sementara Kodrat Shah merupakan petahana alias menjabat Ketua Umum Asprov PSSI Sumut periode 2018-2022 dan juga salah satu petinggi klub PSMS Medan saat ini.

Lalu nama Benny Tomasoa merupakan mantan manajer PSMS era ISL pada 2011-2012 lalu dan Mulyadi Simatupang merupakan manajer PSMS dari 2019 sampai 2021.

PSSITimnas IndonesiaEdy RahmayadiLiga IndonesiaMochamad IriawanShin Tae-yong

Berita Terkini