x

3 Faktor Ini Bisa Bikin Nottingham Forest Tendang Liverpool dari Piala FA

Sabtu, 19 Maret 2022 14:32 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Nottingham Forest bukan lawan biasa bagi Liverpool di Piala FA. Foto: Nathan Stirk/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Dua musuh lama yakni Nottingham Forest dan Liverpool akan berjumpa lagi, kali ini di perempat final Piala FA 2022, Senin (21/03/22).

Untuk sampai ke fase 8 besar, Nottingham Forest yang saat ini berkompetisi di Divisi Championship, menekuk tim Premier League, Leicester City, di putaran empat kemudian Huddersfield di putaran lima.

Baca Juga

Sementara itu, di fase yang sama, Liverpool sukses menuntaskan hadangan Cardiff lalu Norwich City.

Partai kejuaraan piala memang salah satu momen di mana klub dari berbagai level sepak bola Inggris bisa bersua sebagai musuh.

Tidak jarang pula, mereka yang berada di liga bawah tampil sebagai kuda hitam dan membabat para tim unggulan.

Baca Juga

Berkat Piala FA ini pula tim-tim yang bermain di kasta berbeda bisa saling bertemu dan menjajal kekuatan lawan yang lain dari biasanya.

Di sisi lain, publik tentu akan terhibur karena bisa menyaksikan duel-duel unik yang mungkin jarang terjadi ketika mereka menonton pertandingan liga reguler.

Demikian pula dengan partai Nottingham Forest vs Liverpool ini. Walaupun berkompetisi di level berbeda, pertemuan keduanya akan sangat menarik untuk disimak.

Baca Juga

Pasalnya, dua tim ini punya sejarah panjang yang telah eksis sejak lama di kancah sepak bola Inggris. Nottingham Forest pun bukan lawan yang biasa saja bagi Liverpool.

Tim Divisi Championship tersebut juga pernah berjaya di Inggris maupun Eropa. Salah satu manajer legendaris mereka, Brian Clough, bahkan punya rivalitas dan persaingan yang cukup kuat dengan Bill Shankly.


1. Rivalitas Lama

Nottingham Forest bukan lawan biasa bagi Liverpool di Piala FA.

Seperti diketahui, Liverpool era 1970-an meruapakan tim sepak bola yang sangat ditakuti di Benua Biru, bahkan dunia.

Akan tetapi, klub seperti Nottingham Forest mendadak muncul sebagai anomali usai meraih tiket promosi ke First Division dan sedikit ‘menodai’ kesuksesan The Reds saat itu.

Baca Juga

Setidaknya, ada dua peristiwa penting yang akan selalu dikenang oleh suporter masing-masing hingga membuat darah mereka mendidih, yakni Boxing day musim 1977-1978 dan replay final Piala Liga Inggris 1978.

Sejak saat itulah, kejadian demi kejadian yang tidak menyenangkan pun akhirnya membuat rivalitas Nottingham Forest dan Liverpool kian memanas.

Sampai-sampai, ada chant dari suporter The Reds yang liriknya khusus mencantumkan nama rival mereka tersebut.

Baca Juga

Nah, pertandingan perempat final Piala FA antara Nottingham Forest vs Liverpool musim ini akan jadi pertemuan pertama mereka setelah terakhir kali berjumpa pada 1999.

Ya, sudah lebih dari dua dekade dua rival lawas ini tidak berhadapan satu sama lain. Sebagai informasi, pada tahun 1999 tersebut, pertandingan berakhir sama kuat dengan skor 2-2.

Lantas bagaimana dengan tahun 2022 ini? Tentu sebuah PR besar bagi Nottingham Forest untuk menaklukkan Liverpool yang belakangan sukses dengan panen trofinya.

Baca Juga

Namun tidak ada yang tidak mungkin dalam sepak bola. Apalagi, Nottingham Forest terbukti pernah jadi lawan yang tangguh bagi The Reds.

Berikut, ada tiga faktor yang mungkin bisa membuat Nottingham Forest unggul atas Liverpool, atau bahkan memenangkan laga perempat final Piala FA akhir pekan nanti.

 

2. 3 Faktor Nottingham Forest Bisa Kalahkan Liverpool

Nottingham Forest bukan lawan biasa bagi Liverpool di Piala FA. Foto: Nathan Stirk/Getty Images.

Tren yang Apik

Modal pertama Nottingham Forest untuk menghadapi Liverpool di perempat final Piala FA 2022 adalah catatan penampilan yang cukup lumayan.

Pasalnya, anak-anak asuh Steve Cooper hanya menelan satu kali kekalahan sejak Natal tahun lalu. Tentu saja, hal ini akan menciptakan kepercayaan diri yang luar biasa bagi mereka.

Baca Juga

Manajer

Kemudian, faktor manajer juga akan berpengaruh di laga ini. Steve Cooper adalah pelatih yang sangat taktikal dan juga pintar membaca situasi.

Ia pun telah berperan besar membawa Nottingham Forest merangkak naik di klasemen Divisi Championship, sejak pertama membesut mereka pada September 2021.

Selain itu, Steve Cooper juga bukan orang sembarangan bagi The Reds. Ia sempat bekerja di akademi Liverpool saat pertama merintis karier di dunia kepelatihan.

Baca Juga

Bahkan, Jurgen Klopp sendiri mengaku duel ini akan jadi pertemuan spesial karena ada sosok Steve Cooper di Nottingham Forest.

“Mantan pelatih LFC benar-benar bekerja dengan baik di sana. Ini alasan lain mengapa pertandingan ini spesial,” ucap Jurgen Klopp, seperti diwartakan laman Nottingham Post.

Keberuntungan

Ya, faktor terakhir yang paling menentukan serta tidak dapat diganggu gugat oleh siapa pun adalah keberuntungan.

Baca Juga

Jika sudah takdirnya untuk menang, kalah, maupun imbang, apa yang bisa diubah? Nottingham Forest tentu berharap dinaungi keberuntungan saat menghadapi Liverpool di perempat final Piala FA ini.

Di samping itu, mereka juga harus berikhtiar dengan bermain sebaik mungkin demi tiket ke fase selanjutnya.

LiverpoolPiala FANottingham ForestLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini