x

Berbeda dari Piala Menpora, PT LIB Sudah Siapkan Kompetisi Pramusim Liga 1 2022/2023

Sabtu, 19 Maret 2022 16:25 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi sudah menyiapkan perhelatan pra musim untuk menyambut kompetisi Liga 1 musim 2022/2023.

INDOSPORT.COM - PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi sudah menyiapkan perhelatan pramusim untuk menyambut kompetisi Liga 1 musim 2022/2023.

Kompetisi pramusim nanti dikabarkan berbeda dengan yang sebelumnya, yakni Piala Menpora.di mana dalam pra musim nanti direncanakan per wilayah.

Baca Juga

Hal ini diutarakan oleh Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru, Akhmad Hadian Lukita. Namun memang untuk titel pramusim nanti LIB belum memikirkan nama turnamennya.

"Mungkin nanti pramusimnya tidak akan full sebulan seperti Piala Menpora. Bisa piala apa gitu dan digelar per wilayah. Tidak usah full sebulan seperti Piala Menpora," kata Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, saat dihubungi awak media.

Baca Juga

Lukita juga menjelaskan dalam kompetisi pramusim nanti kemungkinan besar untuk uji coba adanya penoton. Seperti halnya Piala Menpora, merupakan ujian awal PT LIB untuk menggelar kompetisi di masa pandemi Covid-19.

Seperti diketahui, kehadiran penonton untuk pertandingan sepak bola sudah diizinkan oleh pemerintah.

Baca Juga

Namun memang hingga saat ini LIB belum melakukan hal tersebut di kancah Liga 1 musim 2021/22.

"Kan waktu itu (Piala Menpora) uji coba prokes di laga sepak bola, misalnya seperti itu. Tapi, ini nanti kita akan lihat ke depannya bagaimana," jelas Lukita.


1. Ajang Pemanasan

Direktur PT LIB, Akhmad Hadian Lukita.

Lukita menjelaskan untuk pramusim nanti selain uji coba adanya penoton, bisa juga dilakukan klub-klub untuk melakukan uji coba taktik dan strategi.

Baca Juga

Kompetisi pramusim bisa dijadikan pemanasan sebelum berlaga di ajang resmi, yakni Liga 1 2022/2023.

"Pramusim, kan jadi ajang uji coba bagi tim sebelum liga mulai, uji coba pemain, uji coba strategi, itu pasti akan kita coba laksanakan sebelum liga," ujarnya.

Saat ini, Liga 1 2021/2022 memasuki tiga laga terakhir. Bali United dan Persib Bandung bersaing menjadi juara.

Baca Juga

Bali United sementara memimpin klasemen dengan raihan 69 poin dari 31 laga, atau unggul tiga poin dari Persib.


2. Format Awal

LIB berencanakan mengembalikan format kompetisi Liga 1 ke sistem home and away.

Sebelumnya tak hanya penonton secara langsung di stadion juga dapat hadir, LIB juga menyiapkan format kompetisi musim depan.

PT LIB berencanakan mengembalikan format kompetisi ke sistem home and away. Namun semua belum diputuskan, masih melihat situasi perkembangan COVID-19 ke depannya.

"Format musim depan itu kalau bisa kita inginnya home and away,"

"Ada kemungkinan besar ke situ (home and away), tetapi jika kondisinya masih pandemi COVID-19, ya, kemungkinan kita akan pakai sistem bubble ke bubble lagi," kata Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita.

PSSITurnamen PramusimLiga IndonesiaPiala MenporaLiga 1PT Liga Indonesia Baru (PT LIB)Liga 1 2021

Berita Terkini