x

Shin Tae-yong Bongkar Alasan Ngotot Bawa Timnas U-19 TC di Korea Selatan

Minggu, 20 Maret 2022 14:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Latihan perdana Timnas U-19 di Kota Yeongdeok, Korea Selatan. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-19 akhirnya menggelar latihan perdana di Korea Selatan, tepatnya di Yeongdeok, Sabtu (19/3/22). Mereka baru bisa latihan normal selepas menjalani karantina selama seminggu.

Pada latihan kemarin, pelatih Shin Tae-yong hanya memberikan materi ringan. Hal itu tidak lepas dari pertimbangan kebugaran karena tim melakukan perjalanan empat jam dari Seoul ke Yeongdeok.

Baca Juga

"Jadi kemarin ada sistem (kebijakan) di mana kami harus karantina selama tujuh hari, setelah itu kami baru latihan di lapangan. Untuk latihan hari ini (kemarin) hanya pemanasan ringan saja," ujar Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan memilih menggelar pemusatan latihan (TC) di kampung halamannya karena ada alasan kuat. Shin Tae-yong ingin pemain timnas Indonesia U-19 berkembang secara fisik dan mental.

Baca Juga

"Kenapa memilih TC di Korsel? Alasan pertama saya ingin membentuk mental para pemain tim U-19 seperti pemain Korea Selatan. Saya tahu tentang keseluruhan mental bermain Korea Selatan seperti apa," tutur Shin Tae-yong.

"Kedua, di sini cuaca sangat dingin, saya berharap para pemain dapat terbentuk fisik yang kuat. Bisa melawan (menaklukan segala macam) cuaca," tambah Shin Tae-yong.

Baca Juga

Timnas Indonesia U-19 menjalani pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan sebagai persiapan menuju Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.


1. Shin Tae-yong Panggil 32 Pemain

Latihan perdana Timnas U-19 di Kota Yeongdeok, Korea Selatan. Foto: PSSI

Saat ini baru 32 nama timnas Indonesia U-19yang ikut serta ke Korea Selatan. Empat pemain akan menyusul, yakni Marselino Ferdinan, Robi Darwis, Syukran Arabia Samual, dan Fillah Rohmatullah Sesa.

Robi Darwis batal berangkat pekan lalu karena terpapar covid-19, kemudian Syukran Arabia diketahui visanya masih belum jadi.

Baca Juga

Di sisi lain, Fillah Rohmatullah sedang pemulihan cedera ACL, dan Marselino Ferdinan izin membela Persebaya Surabaya sampai pekan ke-32 Liga 1 2021-2022.

Sebenarnya, masih ada empat nama lain yang dipanggil, yakni Ibnul Mubarak, Resa Aditya, Hokky Caraka, dan Faiz Maulana. 

Baca Juga

Namun, mereka tidak bisa bergabung sejak pemusatan latihan di Jakarta karena membela Garuda Select dan sedang menjalani agenda di Inggris.


2. 9 Laga Uji Coba

Latihan perdana Timnas U-19 di Kota Yeongdeok, Korea Selatan. Foto: PSSI

Selama pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan, timnas Indonesia U-19 dijadwalkan menjalani sembilan pertandingan uji coba.

Baca Juga

Calon lawannya antara lain Universitas Youngnam, University Daegu,  Kimcheon U-18, Pohang U-18, Daegu U-18, hingga timnas Korea Selatan U-20. 

Korea SelatanTimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Bola IndonesiaBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini