x

Saingi Timnas Indonesia, Filipina Siap Naturalisasi Pemain Bundesliga Jerman Eks Rival Kevin Diks

Senin, 21 Maret 2022 00:16 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Gerrit Holtmann akan jadi pemain naturalisasi terbaru Filipina demi menyaingi timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Bukan hanya timnas Indonesia saja yang belakangan ini getol untuk memperkaya skuat mereka dengan beberapa pemain keturunan dari Eropa.

Negara tetangga Filipina pun juga ingin melanjutkan 'tradisi' mereka dan kini resmi bisa memanggil Gerrit Holtmann untuk agenda internasional pada Maret 2022 ini.

Baca Juga

Gerrit Holtmann adalah nama baru di skuat Filipina karena ia baru saja menuntaskan naturalisasinya seusai sebelum memegang paspor Jerman.

Dipastikan Holtmann akan semakin memperkuat komposisi timnas Filipina yang belakangan ini memang sudah mulai diperhitungkan di kawasan Asia Tenggara.

Pasalnya ia masih berada di usia emas yakni 26 tahun dan aktif merumput untuk salah satu kesebelasan Bundesliga Jerman yakni VfL Bochum.

Baca Juga

Holtmann adalah bintang inti Bochum dan sang winger kidal sudah bermain sebanyak 24 kali di ajang liga untuk Die Unabsteigbaren.

Total Holtmann sudah mengemas empat gol plus enam assist. Seakan ketajamannya tak berkurang karena ia juga punya statistik serupa musim lalu di kasta kedua dengan tujuh partai lebih banyak.

Skill olah bola jebolan akademi Werder Bremen ini semakin tidak bisa diremehkan terutama karena sebenarnya ia sempat menembus timnas Jerman junior sebelum akhirnya memilih negara asal ibunya untuk dibela.

Baca Juga

Pada 2015 silam Holtmann jadi bagian Der Panzer U-20 dan mengumpulkan total lima caps bersama sejumlah penggawa Jerman senior saat ini seperti Thilo Kehrer dan Nadiem Amiri.

Bahkan dalam satu kesempatan Holtmann pernah berhadapan dengan Belanda U-20 yang diperkuat oleh Kevin Diks, yang sempat dibidik oleh timnas Indonesia untuk dinaturalisasi.


1. Terancam Diganggu Corona

Gerrit Holtmann, Bintang Liga Jerman yang Bakal Dinaturalisasi Filipina.

Filipina rencananya akan membawa Holtmann pada agenda kompetisi tak resmi segi tiga yang melibatkan Malaysia dan Singapura pada 23-29 Maret mendatang.

Holtmann akan diduetkan dengan pemain terbaik Filipina di ajang Piala AFF 2020 lalu yakni Bienvenido Maranon dan juga bintang-bintang naturalisasi lain macam Neil Etheridge, Daisuke Sato, dan John Patrick Strauss.

Baca Juga

Hanya saja ada ganjalan besar yang datang tiba-tiba usai Holtmann dikabarkan menderita gejala penderita paparan virus Covid-19 pada Minggu (20/03/22).

Info tersebut datang dari Bochum sendiri. Bersama dua rekan lainnya, Vasilis Lampropoulos dan Tom Weilandt, Holtmann harus menjalani isolasi mandiri.

Beruntung bagi Bochum dan Filipina, Holtmann dan juga dua pemain tersebut tidak menunjukkan gejala yang parah.

Baca Juga

Jika semua berjalan lancar dan hasil tes susulan menunjukkan tanda negatif, maka pada akhir pekan ini ketiganya sudah akan berlatih secara normal.

Bochum sebelumnya tidak percaya jika ketiga pemain tersebut terpapar Corona namun setelah ada kabar staf internal mereka juga terjangkit, aksi lebih lanjut mereka berlakukan.

Holtmann pasti akan sangat menyesali jika sampai harus absen di agenda perdananya bersama Filipina. Terutama tidak akan ada jeda internasional lagi sebelum digelarnya lanjutan kualifikasi Piala Asia 2023 pada Juni nanti.

Baca Juga

Filipina butuh membangun kekompakan tim mengingat mereka dihadapkan dengan rintangan berwujud Palestina dan Yaman untuk dapat lolos ke China tahun depan.

Hal yang serupa juga sebenarnya dihadapi oleh timnas Indonesia. Merah-Putih juga dipertemukan dengan lawan sulit yakni Kuwait dan Yordania.


2. Asnawi Terancam Tergusur dari Timnas Indonesia

Asnawi Mangkualam bintang Timnas Indonesia.

Memasuki musim keduanya bersama klub kasta kedua Korea Selatan, Ansan Greeners, penurunan performa yang cukup signifikan diperlihatkan oleh Asnawi Mangkualam Bahar.

Di ajang K-League 2 2022, Asnawi terlibat dalam tiga pertandingan namun baru sekali menjadi starter tanpa sumbangan assist maupun gol. Dicemaskan kondisi ini akan terbawa saat ia berada di timnas Indonesia.

Asnawi memang sempat dipercaya oleh pelatih baru Ansan yakni Cho Min-kook untuk bermain sejak kick-off kala jumpa Gwangju FC pada 12 Maret lalu namun sudah harus ditarik keluar pada menit ke-25.

Ansan pun kini terpuruk di posisi buncit klasemen sementara K-League 2 dengan koleksi dua poin saja dan selisih produktivitas gol di bawah nol.  

Bukan permulaan yang baik untuk melebihi capaian musim lalu dimana kesebelasan berjuluk Serigala Hijau finis di tangga ketujuh.

Baca selengkapnya: Melempem di Ansan Greeners, Posisi Asnawi di Timnas Indonesia Diancam 2 Bintang Naturalisasi

Bundesliga JermanFilipinaTimnas IndonesiaBochumPiala Asia 2023Bola InternasionalBerita Timnas IndonesiaKualifikasi Piala Asia 2023

Berita Terkini