x

Stadion Wembley Siap Diguncang Duel Pemenang: Italia vs Argentina

Rabu, 23 Maret 2022 09:25 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Juni Adi
Argentina menang 1-0 atas Peru

INDOSPORT.COM – Juara Piala Eropa 2020 dan Copa America 2021, Tim Nasional Italia dan Tim Nasional Argentina akan bertemu dalam laga bertajuk Finalissima 2022 pada Juni 2022 mendatang.

Organisasi sepak bola Eropa (UEFA) dan Organisasi sepak bola Amerika Selatan (CONMEBOL) beberapa waktu silam sempat melakukan pertemuan pada Desember 2021.

Baca Juga

Dilansir dari uefa.com, pertemuan pada saat itu menghasilkan keputusan soal duel jawara Piala Eropa 2020 dan Copa America 2021 dalam sebuah pertandingan.

Jika dirunut ke belakang, tim yang nantinya akan bertanding adalah timnas Italia dan timnas Argentina yang akan bertemu pada Juni 2021 mendatang di Stadion Wembley, Inggris.

Timnas Italia merupakan juara Piala Eropa 2020 yang mampu mengangkat piala usai mengandaskan perlawanan tim nasional Inggris melalui babak adu penalti.

Piala Eropa 2020 merupakan yang kedua untuk tim nasional Italia.

Sementara itu, Argentina mampu mengakhiri penantian 28 tahun untuk memenangi Copa America usai mengalahkan tim nasional Brasil dengan skor tipis 1-0.

Trofi Copa America 2021 merupakan yang ke-15 sepanjang sejarah untuk timnas Argentina.

Baca Juga

Secara umum, peraturan dalam pertandingan Finalissima akan mirip dengan beberapa Piala ‘Super’ yang kerap kali dihelat di level klub.

Pertandingan antara Italia Vs Argentina akan digelar dalam 90 menit dan tanpa perpanjangan waktu.


1. Finalissima 2022 Serupa Piala Super di Level Klub

Lautaro Martinez dan Angel Di Maria melakukan selebrasi pada laga melawan Chile

Jika dalam waktu normal pertandingan berakhir dengan skor imbang, maka Italia dan Argentina akan melalui babak adu penalti untuk menentukan pemenang Finalissima 2022.

CONMEBOL dan UEFA selaku penyelenggara akan memilih wasit yang akan memimpin laga Italia Vs Argentina di Finalissima 2022.

Baca Juga

Sebelumnya, diungkapkan bahwa Finalissima 2022 merupakan salah satu usaha kerja sama dari UEFA dan CONMEBOL.

Kerja sama antara dua organisasi sepak bola antarbenua ini diwujudkan dalam olahraga sepak bola, futsal, sepak bola wanita, dan pembinaan usia muda.

Selain itu, UEFA dan CONMEBOL juga melakukan kerja sama dengan pertukaran wasit dan skema pelatihan teknis yang baik.

Baca Juga

Hal ini sempat diungkapkan oleh Presiden UEFA, Aleksandar Ceferin pada Desember silam.

“Kami sangat siap untuk melihat kesempatan baru kerja sama dan akan menunggu hadirnya Finalissima 2022 di London pada Juni mendatang.

Finalissima 2022 yang akan mempertemukan Italia dan Argentina sebenarnya bukan kali pertama dilangsungkan oleh UEFA dan CONMEBOL.


2. Finalissima 2022 adalah yang Ketiga Sepanjang Sejarah

Situasi pertandingan Argentina melawan Brasil

Laga Italia Vs Argentina ini adalah yang ketiga kalinya sepanjang sejarah dan ada beberapa pertandingan sebelumnya yang digelar oleh UEFA dan CONMEBOL.

Pada 1985, timnas Prancis mampu mengalahkan Uruguay di Paris. Argentina kemudian menjadi tim selanjutnya yang turun pada 1992 menghadapi juara Eropa, Denmark.

Pertandingan antara tim Eropa dan Amerika Latin pada 1985 dimenangi Prancis dengan skor 2-0, sementara Amerika Latin ganti memenangi laga pada 1992, usai Argentina mengalahkan Denmark melalui babak adu penalti.

Baca Selengkapnya: Gunakan Pemain Keturunan Seperti Timnas Indonesia, Argentina Panggil Wonderkid Man United

ItaliaArgentinaUEFACONMEBOLBola Internasional

Berita Terkini