x

Hasil Liga 1 PSIS Semarang vs Persipura Jayapura: Pesta Gol Meriah Mutiara Hitam

Kamis, 24 Maret 2022 20:25 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Hasil pertandingan Liga 1 2021/2022 antara PSIS Semarang vs Persipura Jayapura, Kamis (24/03/22). Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Berikut hasil pertandingan pekan ke-33 Liga 1 2021/2022 antara PSIS Semarang vs Persipura Jayapura yang digelar pada Kamis (24/03/22) petang. Laskar Mahesa Jenar kalah besar 0-4 dari Mutiara Hitam yang terancam dengan relegasi ke Liga 2.

Persipura Jayapura yang posisinya jauh lebih tidak aman di tabel klasemen sementara jelas tampak lebih ngotot dalam pertandingan ini.

Baca Juga

Hasilnya di menit ke-22 mereka bisa unggul lebih dulu lewat penyerang mungil mereka yakni Feri Pahabol.

Bermula dari aksi Takuya Matsunaga di sisi kiri pertahanan PSIS, bola kemudian dikirim ke kotak penalti dimana Pahabol yang nyaris tak terkawal bisa menanduk masuk si kulit bundar ke tiang dekat.

Dalam tayangan ulang Pahabol ditenggarai berada dalam posisi offside namun karena margin yang begitu tipis hakim garis dan wasit tidak menganulir golnya.

Baca Juga

Persipura lolos dari petaka kala Israel Wamiau tertangkap kamera menendang kepala Jonathan Cantillana di menit ke-35 dalam duel perebutan bola.

Beruntung wasit luput untuk mengamati insiden tersebut sehingga Israel lolos dari kartu merah langsung.

Pahabol pun terlibat kejadian serupa hanya sekitar lima menit setelahnya. Kesal karena dijatuhkan oleh Resky Fandi kala melakukan dribel, ia kemudian hilang kontrol.

Baca Juga

Lagi-lagi kamera bisa menangkap aksi Pahabol menendang wajah Resky dengan sengaja namun wasit tidak berada dalam posisi tepat untuk membuat keputusan yang benar.

Tidak ada tambahan gol di sisa waktu babak pertama. Persipura Jayapura unggul 0-1 atas PSIS Semarang saat tiba waktunya turun minum.


1. Babak Kedua

Selebrasi penyerang Persipura Jayapura, Ramiro Fergonzi, bersama rekan-rekannya. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT.

Persipura Jayapura dapat menjauhkan keunggulan tepat saat babak kedua baru berjalan lima menit via aksi bomber Ukraina mereka yakni Yevhen Bokhasvili.

Bermula dari lolosnya Ramiro Fergonzi dari jebakan offside kala menerima bola daerah, sang gelandang serang Argentina kemudian langsung meneruskan umpan ke tengah kotak penalti.

Baca Juga

Bokhasvili yang mampu berlari lebih cepat dari penjaganya kemudian tanpa kesulitan menyontek masuk bola ke gawang PSIS Semarang yang separuh kosong.

Unggul dua gol, Persipura kemudian menarik keluar Pahabol dan Bokhasvili sekaligus untuk memberi tempat pada Ricky Cawor dan Gunansar Mandowen namun daya serang mereka tidak melemah.

Mereka justru bisa menambah satu gol lagi di menit ke-77 lewat kaki Fergonzi yang memanfaatkan assist dari Mandowen.

Baca Juga

PSIS benar-benar gagal memperagakan perangkap offside mereka kala Mandowen dengan cerdik melepas umpan lob untuk Fergonzi di depan kotak penati sehingga nama terakhir kemudian memaksa Joko Ribowo memungut bola untuk kali ketiga dari gawangnya sendiri.

Pesta pora Persipura masih belum usai karena pada masa injury time satu lagi pemain pengganti mereka yakni Ramai Rumakiek mampu mencetak gol keempat.

Rumakiek dari sisi kanan meperdayai rekannya di Tmnas Indonesia, Alfeandra Dewangga, dengan dribel lengket sebelum melepas tembakan terukur nan mendatar ke arah tiang jauh.

Baca Juga

Persipura Jayapura pun menutup laga kontra PSIS Semarang ini dengan skor 4-0. Mutiara Hitam memang masih di peringkat 16 dengan tambahan tiga poin namun setidaknya asa bertahan di Liga 1 belum padam. 

Starting XI PSIS Semarang vs Persipura Jayapura

PSIS Semarang (4-2-3-1): Joko Ribowo, Taufik Hidayat, Wallace Costa, Wahyu Pras, Alfeandra Dewangga, Resky Fandi, Eka Febri, Komarudin, Jonathan Cantilana, Fandi Eko Utomo, Rachmad Hidayat

Persipura Jayapura (4-1-4-1): Dede Sulaiman, Tinus Pae, Israel Wamiau, Brian Fatari, Wulf Horota, Nelson Alom, Elisa Basna, Takuya Matsunaga, Ramiro Fergonzi, Feri Pahabol, Yevhen Bokhasvili


2. Persipura Yakini Tak Ada Kecurangan Jelang Penentuan Relegasi Liga 1

Penyerang Persipura, Ramiro Fergonzi, saat dikawal bek PSIS Semarang, Wahyu Prasetyo. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT.

Persipura Jayapura melakoni pertandingan menentukan menghadapi PSIS Semarang dalam laga pekan ke-33 BRI Liga 1 2021 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Bali, Kamis (24/3/22).

Tak hanya Persipura, dua tim lainnya yakni PSS Sleman dan Barito Putera pun punya laga menentukan bagi keduanya. Pasalnya, tiga tim tersebut sedang berebut zona aman dan tak ingin terdegradasi di musim ini.

Kendati krusial dan menentukan, namun jadwal pertandingan ketiga tim tersebut tidak digelar berbarengan, meski bertanding pada hari yang sama.

Barito Putera bermain lebih dulu menghadapi Persita Tangerang pada pukul 16.15 WITA, lalu PSS Sleman kontra Persela Lamongan pada pukul 17.00 WITA dan Persipura menghadapi PSIS Semarang pukul 19.15 WITA.

Sebelumnya, juru taktik Persipura, Angel Alfredo Vera, mengaku tak terganggu dengan jadwal berbeda tersebut. Meskipun sempat terjadi perubahan waktu.

Baca selengkapnya: Pelatih Persipura Jayapura Tak Curiga Ada Potensi 'Main Mata' di Liga 1

Persipura JayapuraPSIS SemarangFeri PahabolLiga IndonesiaYohanes Ferinando PahabolLiga 1Ramiro FergonziYevhen BokhashviliBerita Liga 1BRI Liga 1 2021-2022Ramai Rumakiek

Berita Terkini