x

Hasil Liga 1 PSM Makassar vs Persiraja Banda Aceh: Gol Cantik Ferdinand Sinaga Bawa Juku Eja Menang

Jumat, 25 Maret 2022 20:37 WIB
Penulis: Aji Prakoso | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Hasil Liga 1 PSM Makassar vs Persiraja Banda Aceh: Gol Cantik Ferdinand Sinaga Bawa Juku Eja Menang.

INDOSPORT.COM - Berikut hasil pertandingan pekan ke-33 Liga 1 2021-2022 antara PSM Makassar vs Persiraja Banda Aceh yang digelar pada Jumat (25/03/22) malam WIB.

Pertandingan Lliga 1 yang berlangsung Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Bali ini adalah pertaruhan hidup mati bagi PSM Makassar. Pasalnya, kekalahan dari Persiraja Banda Aceh akan membuat peluang degradasi ke Liga 2 terbuka lebar.

Baca Juga

Di lain sisi, meski sudah dipastikan turun kasta ke Liga 2, Persiraja tetap berambisi tampil serius. Pelatih Persiraja Sergio Alexandre sebelumnya mengatakan bahwa ia berharap anak asuhnya menunjukkan permainan terbaik mereka dan merebut kemenangan.

PSM Makassar yang bertindak sebagai tuan rumah mencoba untuk tampil dominan sejak wasit meniupkan peluit kick-off di babak pertama.

Baca Juga

Akan tetapi, di menit keenam tuan rumah malah dikejutkan dengan tendangan spekulasi yang dilepaskan, Akhirul Wadhan dari luar kotak penalti. Beruntung bagi PSM, sepakan keras dari Akhirul masih berada tipis di atas mistar gawang PSM yang dijaga Syaiful.

Pada menit kesembilan giliran Juku Eja yang mendapatkan peluang emas melalui tendangan akrobatik Rasyid bakri. Sayang, arah sepakannya masih melebar dari gawang Persiraja.

Memasuki pertengahan babak pertama, PSM Makassar terus menggempur di sisi sebelah kiri pertahanan Persiraja. Rasyid bakri yang bermain sedikit melebar rajin menebar ancaman bagi lini belakang Laskar Rencong berkat aksi individunya.

Hasilnya, pada menit 19 ia berhasil mengirimkan umpan matang ke jantung pertahanan Persiraja, tapi Yakob Sayuri yang menerima umpan tersebut tak mampu mengkonversinya menjadi sebuah gol.

Pada menit 22 Willem Pluijm dijatuhkan di kotak penalti oleh bek kiri Persiraja, Rendy Saputra, akan tetapi wasit menganggap bahwa hal tersebut bukan sebuah pelanggaran.

Lima menit berselang, PSM kembali mendapatkan peluang matang. Clearence yang tidak sempurna dari Chairul Rifan coba dimanfaatkan Yakob Sayuri, tapi tendangan pemain berdarah Papua itu masih dapat digagalkan dengan baik oleh Aji Bayu Putra.

Persiraja sempat membuat kejutan di menit 41 melalui gol hasil sundulan Muhammad Rifaldi. Namun kemudian, gol tersebut dianulir wasit karena Rifaldi dianggap telah bediri dalam posisi off-side.

Baca Juga

Tak sampai semenit berselang, Ferdinand Sinaga tampil memecah kebuntuan untuk PSM Makassar. Tanpa pengawalan, Ferdinand menchip bola dari luar kotak penalti ke pojok kanan gawang Persiraja.

Aji Bayu Putra yang mati langkah tak dapat menggapai bola yang meluncur deras masuk ke dalam gawangnya. Skor keunggulan 1-0 untuk PSM Makassar bertahan hingga turun minum.


1. Jalannya Babak Kedua

Striker PSM Maakassar, Ferdinand Sinaga.

Di babak kedua PSM Makassar masih mendominasi jalannya pertandingan, meskipun begitu tak peluang matang yang mampu dihasilkan oleh tim Juku Eja. Memasuki pertengahan babak kedua tempo permainan cenderung membosankan, karena kedua tim sama-sama main aman.

Di menit ke-66, Pelatih Persiraja, Sergio Alexandra melakukan dua pergantian pemain sekaligus untuk menambah daya gedor timnya. Andika dan Vivi Asrizal masuk menggantikan Alvin Nasution dan Arya Gerryan.

Baca Juga

Pada menit ke-73 Persiraja hampir cetak gol penyeimbang, tapi sayangnya tembakan Akhirul Wadhan di depan gawang PSM masih mampu diamankan dengan cermat oleh Syaiful.

Hingga penghujung laga tak ada lagi gol yang tercipta, skor 1-0 untuk kemenangan PSM bertahan hingga penghujung babak kedua.

Dengan hasil ini anak asuh Joop Gall sekarang naik ke peringkat ke-12 dengan mengumpulkan 38 poin. Secara matematis, posisi Juku Eja saat ini tak mungkin lagi bisa disalip oleh Persipura Jayapura di zona merah.

Baca Juga

Sementara itu, kekalahan melawan PSM tak mengubah posisi Persiraja yang terdampar di papan bawah Liga 1 dengan raihan 13 poin dari 33 laga.

Susunan Pemain

PSM Makassar [4-3-3]: Syaiful (GK); Erwin Gutawa, Dallen Ramadhan, Ganjar Mukti, Yance Sayuri; Rasyid Bakri, Manda Cingi, Muhammad Arfan, Ferdinand Sinaga, Willem Jan Pluim; Yakob Sayuri.

Baca Juga

Pelatih : Joop Freerk Gall

Persiraja Banda Aceh [4-3-3]: Aji Bayu Putra (GK); Chairul Rifan, Leonardo Lelis, Muhammad Rifaldi, Rendy Saputra; Eriyanto, Alvin Nasution, Assanur Rijal; Bruno Dybal, Arya Gerryan, Akhirul Wadhan.

Pelatih: Sergio Alexandre.                              


2. Bali United dan Persib Kandidat Juara Liga 1

Laga antara Persib Bandung vs Persik Kediri di BRI Liga 1, Jumat (25/03/22). Foto: ligaindonesiabaru

Kompetisi teratas sepak bola Indonesia, Liga 1 telah memasuki babak akhir, pertarungan di jalur juara hingga ‘relegation battle’ makin mengerucut.

Sementara itu, perebutan juara Liga 1 musim ini hanya menyisakan Bali United dan Persib Bandung, keduanya masih akan memainkan dua pertandingan terakhir.

Namun, Bali United lebih diuntungkan menjuarai Liga 1 musim ini. Sebab, setelah menang melawan Madura United, mereka hanya butuh 1 poin lagi untuk memastikan gelar juara.

Berbanding terbalik dengan Maung Bandung, mereka masih teringgal lima poin dari Bali United di puncak klasemen, hal ini jelas membuat kans juara Persib makin menipis.

Selain itu, duel antara hidup dan mati yang melibatkan empat tim di posisi 13 hingga 145 klasemen juga menjadi daya tarik lain yang akan tersaji di penghujung Liga 1.

Baca selengkapnya: Makin Seru! Penentuan Slot Terakhir Degradasi Liga 1 Berlangsung Hingga Pekan Terakhir

Ferdinand SinagaPSM MakassarHasil PertandinganLiga IndonesiaPersiraja Banda AcehLiga 1Berita Liga 1BRI Liga 1 2021-2022

Berita Terkini