x

Hasil Uji Coba Timnas Indonesia U-19 vs Korea Selatan: Garuda Muda Diberondong 7 Gol

Jumat, 25 Maret 2022 16:07 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
Timnas Indonesia U-19 menjalani laga persahabatan kontrak Korea Selatan U-19 dalam rangkaian uji coba di Negeri Gingseng namun menelan kekalahan pahit 7-0. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-19 belum berhasil mendapatkan kemenangan dalam uji coba kedua pemusatan latihan mereka di Korea Selatan pada Jumat (25/03/22) ini.

Melawan Korea Selatan U-19, gawang Garuda Muda kawalan Erlangga Setyo kemasukan sampai tujuh kali dan sayangnya tidak ada gol balasan yang dapat diciptakan.

Baca Juga

Jika dilihat berdasarkan skornya, hasil ini jelas penurunan dari hasil uji coba pertama kontra tim sepak bola Universitas Yeungnam pada Selasa (22/03/22) lalu.

Kala itu timnas Indonesia U-19 asuhan Shin Tae-yong 'hanya' takluk dengan skor 5-1 dan masih bisa membawa pulang gol hiburan yang dicetak oleh striker muda PSM Makassar, Ricky Pratama.

Pada awal pertandingan melawan Korsel, Indonesia sebenarnya masih bisa menjaga keperawanan gawang mereka separuh babak pertama berjalan.

Baca Juga

Hanya saja ketika Eum Seung-min membuka skor untuk tim tuan rumah, alur pertandingan kemudian tak lagi bisa direbut.

Sebelum turun minum Korsel bisa menambah tiga gol lagi via Lee Seung-won dan brace Kang Min-Jae dan skor 4-0 bertahan hingga jeda.

Pada babak kedua, Korsel belum berniat untuk mengangkat kaki dari pedal gas dan terus mendominasi Indonesia.

Baca Juga

Bergiliran Yu Seung-hyeon, Seo Jae-won, dan Cho Dong-jae menyumbangkan masing-masing satu gol untuk Taegeuk Warriors belia.

Skor 7-0 kemudian menutup pertandingan antara Korea Selatan U-19 dan timnas Indonesia U-19 yang rupanya masih tertinggal jauh kendati diperkuat banyak pemain berbakat.


1. Masih Banyak Kesempatan

Tim U-19 Indonesia tiba di Stadion Daegu Auxiliary dan siap melakoni laga kontra Timnas Korea Selatan U-20, siang ini. Foto: Instagram@PSSI

Kendati harus mengalami pembantaian untuk kali kedua dalam lawatan ke Korea Selatan, namun timnas Indonesia U-19 tidak perlu terlalu kecewa karena semua adalah bagian dari pembelajaran.

Lagipula di Negeri Gingseng, Ronaldo Kwateh dan kolega masih punya banyak agenda uji coba termasuk rematch melawan Korsel U-19.

Baca Juga

Dua kekalahan besar di dua uji coba pertama bisa menjadi peringatan keras bagi timnas Indonesia U-19 jika level mereka ternyata masih belum menyamai tim elite Asia kendati punya pelatih kepala top seperti Shin Tae-yong.

Baca Juga

Berikut ini adalah sisa pertandingan timnas Indonesia U-19 selama pemusatan latihan di Korsel:

Universitas Daegu vs Timnas U-19 (27 Maret 2022)

Korea Selatan U-19 vs Timnas U-19 (29 Maret 2022)

Gimcheon U-18 vs Timnas U-19 (5 April 2022)

Pohang U-18 vs Timnas U-19 (6 April 2022)

Daegu U-18 vs Timnas U-19 (7 April 2022)

Pohang vs Timnas U-19 (9 April 2022)


2. Shin Tae-yong Anggap Timnas U-19 Banyak Kekurangan

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas U-19 di Stadion Madya Senayan, Rabu (02/03/22).

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong langsung melakukan evaluasi pasca skuad Garuda Nusantara kalah 1-5 dari Yeungnam University dalam uji coba dua hari lalu di Lapangan Yeungdeok Heimaji, Korea Selatan.

Satu hal yang jadi fokus pembenahan adalah organisasi permainan. Karenanya dalam latihan, Rabu (23/03/22) Shin Tae-yong meminta anak asuhnya berlatih rondo secara berkelompok

"Pertandingan sudah lewat jadi kita butuh organisasi dan serangan," ujar Shin Tae-yong ke pemain sebelum mulai latihan.

"Hari ini kami fokus latihan organisasi karena banyak kekurangan secara organisasi dipertandingan kemarin," lanjutnya soal evaluasi kekalahan dari Yeungnam University.

Kendati Timnas U-19 dibantai, Shin Tae-yong tetap optimis para pemain bisa berkembang. Ini jadi salah satu tantangan yang diinginkan pelatih 51 tahun itu agar mental dan fisik pemain lebih kuat.

Baca selengkapnya: Shin Tae-yong Ungkap Kekurangan dan Evaluasi Pasca Timnas U-19 Dibantai Yeungnam University

Korea SelatanTimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Berita Timnas Indonesia

Berita Terkini