x

Resmi Juara Liga 1, Bali United Ukir 4 Rekor Spektakuler!

Jumat, 25 Maret 2022 21:41 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Subhan Wirawan
Bali United warnai pesta juara Liga 1 mereka dengan empat rekor luar biasa yang mencakup soal jumlah poin dan patahkan mitos juara bertahan. FOTO: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Bali United akhirnya dinobatkan sebagai juara dari Liga 1 2021/2022 pada Jumat (25/03/22). Serdadu Tridatu bahkan tidak perlu bertanding untuk mengklaim titel mereka

Pasalnya Persib Bandung yang jadi rival terdekat mereka dalam perebutan gelar gagal menang di partai pekan ke-33 kontra Persik Kediri.

Baca Juga

Maung Bandung hanya bisa bermain imbang tanpa gol melawan Macan Putih sehingga total poin mereka menjadi 68 saja.

Persib memang masih punya satu laga lagi di pekan ke-34 namun jikapun menang sudah tidak ada lagi harapan bagi pasukan asuhan Robert Rene Albert.

Saat artikel ini ditulis, Bali United belum memainkan laga mereka untuk pekan 33 melawan Persebaya Surabaya namun poin mereka berjumlah 73.

Baca Juga

Mustahil untuk terkejar lagi bahkan jika anak-anak arahan Stefano 'Teco' Cugurra kalah di sisa kompetisi dengan skor setelak apapun.

Sebagai tim dengan materi skuat yang baik dan pelatih kepala kawakan, memang sudah banyak yang mengira sejak awal jika Bali United akan juara di musim ini.

Terlepas dari kontroversi sisa seri Liga 1 yang dimainkan di kandang mereka yakni Pulau Bali ataupun larangan datang ke stadion sehingga tidak ada konsep home-away yang murni, mereka tetap patut diberi kredit.

Baca Juga

Bali United bahkan mencetak sejumlah rekor luar biasa dalam kampanye mereka kali ini yang sebelumnya mungkin dianggap sulit dipecahkan.

Apa saja rekor tersebut? Berikut pembahasannya:


1. Rekor Bali United

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra. Foto : Nofik Lukman Hakim

1. Juara Pertama Sebagai Juara Bertahan

Sepanjang sejarah Liga Indonesia era profesional (sejak 1994), belum pernah ada klub yang mampu meraih trofi juara dua musim beruntun sebelum akhirnya Bali United pecah telur.

Empat klub sempat mencobanya di masa lalu yakni Bandung Raya (1996/97), Persebaya (1998/99), PSM Makassar (2001), dan Persipura (2009, 2012, 2014), tapi akhirnya gagal.

Baca Juga

Bila tidak menghitung musim 2020 yang dihentikan akibat pandemi, maka Bali United sebagai kampiun 2019 boleh menepuk dada karena bisa menjadi juara dengan status juara bertahan.

2. Teco Pelatih Paling Sukses

Jika sebuah tim ingin memperbesar kans mereka jadi juara Liga 1, maka menujuk Teco sebagai pelatih adalah hukum wajib. Pasalnya ia kini resmi menjadi juru taktik tersukses di era Liga 1 usai memenangkan gelar ketiganya.

Sebelumnya pelatih asal Brasil tersebut menjadi arsistek sukses Persija Jakarta di 2018 dan Bali United 2019.

Baca Juga

3. Spaso Pemain Paling Berjaya

Tidak mau kalah dari Teco, striker Ilija Spasojevic juga mengukir rekor sebagai pemain paling sering juara di era Liga 1.

Bomber naturalisasi Indonesia tersebut selain jadi bagian dari skuat Bali United 2019 juga ikut jadi kunci sukses Bhayangkara FC pada 2017.

Baca Juga

4. Poin Terbanyak Semusim

Dari 32 pekan Bali United sudah bisa mengumpulkan 72 poin yang mana adalah raihan poin tertinggi yang dipunya sebuah klub untuk menjadi kampiun di era Liga 1.

Bhayangkara FC saat menjuarai Liga 1 musim 2017, hanya mengumpulka 68 poin. Sementara Persija meraih juara dengan 62 poin, sedangkan Bali United menjadi juara Liga 1 2019 mengoleksi 64 poin.


2. Juara, Fans Bali United Dilarang Untuk Pawai

Selebrasi penyerang Bali United, Ilija Spasojevic bersama teman setim di BRI Liga 1. Foto: ligaindonesiabaru

Bali United melarang semua suporternya berkerumun dan melakukan konvoi menyusul peluang mereka menjuarai BRI Liga 1 2021-2022.

Sebagaimana diketahui, Bali United sudah berada di ambang menjuarai kompetisi Liga 1 musim 2021-2022. Pasalnya, mereka sudah unggul lima poin dari Persib Bandung.

Bahkan, gelar juara sudah bisa didapat andai Persib imbang atau kalah dari Persik Kediri saat bermain di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Hal ini membuat Bali United hanya butuh satu poin atau hasil imbang ketika mereka menghadapi Persebaya Surabaya pada pekan terakhir Liga 1 yang berlangsung di Stadion Ngurah Rai, Denpasar, Jumat (25/03/22).

Hitung-hitungannya, jika Persib menang, Bali United hanya butuh satu poin untuk mengunci gelar. Koleksi 73 poin dan keunggulan head to head tak bisa lagi dikejar Persib dengan sisa satu laga.

Baca selengkapnya: Di Ambang Juara Liga 1, Bali United Larang Suporter Berkerumun Lakukan Konvoi

Persib BandungIlija SpasojevicBali UnitedLiga IndonesiaStefano Cugurra TecoLiga 1TRIVIABerita Liga 1Berita Liga 1 Putri

Berita Terkini