x

Kisah Bintang Ligue 1 Debut di Timnas Prancis Saat Usia 29 Tahun, Ada Pahit-pahitnya

Sabtu, 26 Maret 2022 19:40 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Jonathan Clauss, pemain yang baru debut di Timnas Prancis saat usia 29 tahun. Foto: instagram/djoninho15.

INDOSPORT.COM - Timnas Prancis baru saja membuat headline yang menarik berkat salah satu pemainnya yang bernama Jonathan Clauss.

Sebagai informasi, Timnas Prancis baru menyelesaikan sebuah laga persahabatan kontra Pantai Gading, Sabtu (26/03/22) pagi tadi waktu WIB.

Baca Juga

Dalam pertandingan tersebut, Les Blues manang tipis atas lawannya itu dengan skor 2-1. Dua gol mereka dicetak oleh Olivier Giroud dan Aurelien Tchouameni.

Anak-anak asuh Didier Deschamps sejatinya nyaris saja meraih hasil imbang 1-1 usai Olivier Giroud menyamakan kedudukan atas gol Nicolas Pepe di babak pertama.

Situasi 1-1 itu bertahan sampai waktu normal babak kedua, sebelum Aurelien Tchouameni tampil sebagai pahlawan dengan golnya pada menit ke-93.

Baca Juga

Seperti biasa, kali ini melawan Pantai Gading Didier Deschamps tetap menurunkan skuat andalannya yang berisikan banyak pemain hebat dan ternama.

Namun di antara nama-nama seperti Olivier Giroud, Antoine Griezmann, Paul Pogba, Raphael Varane, dan yang lain, terselip satu sosok asing bernama Jonathan Clauss.

Pemain yang berposisi sebagai bek kanan tersebut masuk menggantikan Kingsley Coman dua menit jelang waktu normal berakhir.

Baca Juga

Lantas apa yang membuat pemain ini spesial? Ya, seperti rekan-rekannya, ia adalah putra asli Prancis yang mengabdikan diri untuk timnas, namun memulai debutnya di usia 29 tahun.

Memang tidak ada yang salah dengan ini, namun sebagaimana diketahui, cukup jarang ada pemain yang baru memulai sepak terjangnya ketika akan memasuki usia kepala 3.


1. Jalan Terjal Menuju Timnas Prancis

Para Pemain Timnas Prancis Usai Laga menghadapi Pantai Gading di FIFA Match Day. Foto: REUTERS/Benoit Tessier.

Akan tetapi, Jonathan Clauss adalah pengecualian. Ia pun jadi pemain yang spesial berkat jalan karier yang unik ini.

Sebelum resmi merumput di Timnas Prancis hari ini, ajang debut Jonathan Clauss sudah jadi topik perbincangan dalam beberapa waktu terakhir.

Baca Juga

Pasalnya, kabar telah beredar luas bahwa pemain kelahiran tahun 1992 tersebut mendapat panggilan Didier Deschamps untuk memperkuat Timnas Prancis di agenda internasional mereka pekan ini.

“Luar biasa, saya sampai belum bisa mencernanya. Saya seperti jadi anak-anak lagi, saya tidak bisa berkata-kata,” kata Jonathan Clauss setelah pemanggilannya, seperti diwartakan laman The Athletic.

Apa yang keluar dari mulut bek Lens tersebut tentu bukan tanpa alasan. Tentunya, ia telah sangat lama menantikan momen ini hadir dalam karier dan hidupnya.

Baca Juga

Terkait pertimbangan Didier Deschamps terkait pemanggilan para calon pemain debutan itu tidak lepas dari penampilan mereka yang apik di level klub.

Untuk sampai ke titik ini pun adalah perjuangan yang panjang bagi Jonathan Clauss. Ia bahkan sempat dikeluarkan dari akademi Strasbourg saat usia 17 tahun karena posturnya yang kecil dan kurus.

Seperti pernah diwartakan laman Goal Internasional, waktu itu hidupnya sangat kacau karena pada saat yang bersamaan, kedua orang tuanya bercerai.

Baca Juga

Bagi remaja seusia Clauss, situasi ini pun ‘menamparnya’ dengan cukup keras. Di tengah kebingungan tersebut, ia memutuskan tetap bermain sepak bola namun sepak terjangnya hanya mentok di level amatir.

Di sisi lain, ia juga menimba ilmu di jurusan sport science dan mengambil pekerjaan pada siang dan malam hari.


2. Sempat Hilang Kepercayaan Diri

Jonathan Clauss, pemain yang baru debut di Timnas Prancis saat usia 29 tahun. Foto: instagram/djoninho15

Masih dalam laporan yang sama, Jonathan Clauss diketahui perah bekerja sebagai pengemas sosis di toko daging.

Lalu setelahnya, ia mengambil shift malam di postal sorting centre, di mana ia harus memilah-milah seabrek surat dan paket sesuai tujuan pengirimannya.

Baca Juga

Pada waktu itu, mungkin tidak pernah terlintas di benaknya bahwa suatu hari nanti bisa berkarier di level pro, bahkan menjadi bagian Timnas Prancis.

Saat dilirik oleh sebuah klub kasta keenam Jerman saja ia masih sangat terpukul dengan insidennya di akademi Strasbourg.

“Saya percaya dengan kaki saya, dengan kepala saya, tapi tidak dengan tubuh saya,” jelas Jonathan Clauss tentang rasa kepercayaan dirinya yang sempat lenyap.

Baca Juga

“Hal-hal fisik memengaruhi saya. Saya takut ketika ada pemain bertubuh besar datang ke arah saya dengan kecepatan luar biasa,” tambahnya.

Clauss pun mengakui secara terang-terangan bahwa hal-hal tersebut membuatnya takut menghadapi laga-laga tertentu.

Namun setelah cobaan-cobaan tersebut, kini ia pun bisa bangkit. Bahkan, dengan dorongan semangat dari rekan-rekannya saat ini di Lens.

Baca Juga

Mereka nampak sama nervous-nya dengan Clauss saat menanti daftar nama yang dipanggil ke Timnas Prancis. Namun saat nama sang pemain disebut, kawan-kawannya ikut bersorak kegirangan.

Meski baru debut bersama Les Blues di usia 29 tahu, tidak ada kata terlambat bagi Jonathan Clauss. Hal ini pun membuktikan bahwa performanya di level klub mendapat apresiasi dan dilirik oleh pelatih timnas. 

Pantai GadingPrancisDidier DeschampsBola Internasional

Berita Terkini