x

Temukan The Next Boaz, Pelatih Timnas U-16 Enggan Bocorkan Nama: Takut Besar Kepala

Minggu, 27 Maret 2022 16:32 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti mengaku menemukan pemain potensial khususnya di posisi striker.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti mengaku menemukan pemain potensial khususnya di posisi striker. Setidaknya ada empat anak muda yang bisa jadi penerus Boaz Solossa dkk.

Sejauh ini, Timnas Indonesia selalu kesulitan menemukan pemain di posisi striker dengan postur oke dan punya naluri yang tajam. 

Baca Juga

Namun, pada Timnas U-16 kali ini, Bima Sakti mengatakan ada beberapa nama yang jika ditempa dengan benar, bisa jadi striker mematikan. 

"Kita ada empat striker yang menurut saya bisalah kita tunggu ke depannya," buka Bima Sakti.

"Makanya di Timnas U-16 ini kami bina mereka, berikan saran dan edukasi jangka panjang. Lalu ada latihan secara individu juga dengan coach Indriyanto (Nugroho) yang merupakan mantan striker," lanjutnya.

Baca Juga

Pada pemusatan latihan Timnas U-16 yang berakhir 12 Maret lalu, ada dua pemain yang posisinya sebagai striker murni yakni Waliy Marifat (Persija Jakarta) dan Muhammad Junino Saputra (Persita Tangerang).

Tinggi kedua pemain tersebut diketahui cukup ideal sebagai seorang penyerang, yakni mencapai 178cm dan 172cm. 

Tak hanya itu, beberapa pemain bertipe menyerang seperti gelandang serang maupun winger pun punya tinggi yang ideal di Timnas U-16.

Baca Juga

Ada Muhammad Yanuar Sanusi (173cm), Dirk Lukas Auri, I Putu Harta Mahesa, Zulkifli Lukmansyah dan Arjuna Tri Wahyudi yang tingginya dikisaran 160-165cm. 

"Postur tubuh mereka ideal. Mudah mudahan mereka jadi striker yang diandalkan karena setelah Bambang Pamungkas, Ilham Jaya, Kurniawan Dwi Yulianto, Boaz Solossa itu ada penurunan," ujar Bima Sakti.


1. Kesulitan Cari Striker Tajam

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti mengaku menemukan pemain potensial khususnya di posisi striker.

Dalam beberapa tahun terakhir, Timnas Indonesia diketahui memang sangat kesulitan menemukan striker dengan naluri gol tinggi.

Baca Juga

Pasca era Bambang Pamungkas hingga Boaz Solossa tak ada lagi striker skuat Garuda yang benar-benar menakutkan di gawang lawan.

Bahkan, Timnas harus memakai jasa pemain naturalisasi untuk lini depan seperti Beto Goncalves (Asian Games 2018) maupun Ilija Spasojevic. 

Sayangnya, Bima Sakti tidak bisa membocorkan pemain mana yang punya naruli striker mematikan. Dia merahasiakannya agar anak asuhnya tidak besar kepala dan merusak karirnya.

Baca Juga

"Ada anak mantan pemain bola. Tapi saya tak bisa saya sebutkan namanya karena nanti ganggu fokus pemainnya. Nanti mereka cepat puas diri dan sombong. Tapi mudah-mudahan bisa berkembang," tuntas Bima Sakti.


2. Masih Terus Cari Pemain

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, menyaksikan laga Piala Soeratin U-15 di Stadion Benteng, Tangerang, Senin (21/03/22).

Bima Sakti tengah menyiapkan Timnas U-16 untuk tampil di Piala AFF U-16 dan Kualifikasi Piala Asia U-17. Indonesia akan jadi tuan rumah Piala AFF U-16.

Bima Sakti saat ini juga masih mencari pemain. Dia akan memantau pemain baru di Piala Soeratin U-15 yang berlangsung 19-29 Maret 2022 di Jakarta.

Ia mengkonfirmasi, masih ada sistem promosi dan degradasi terhadap pemain di Timnas U-16 sampai ada komposisi terbaik. 

Karenanya, dia mencari langsung pemain incaran untuk ditarik ke Timnas U-16 dari pantauannya di ajang Piala Soeratin.

"Kami akan memantau pemain lagi di Piala Soeratin U-15."

"Disana nanti kami akan melihat talenta-talenta yang mungkin belum terpantau sebelumnya," kata Bima Sakti.

Baca Selengkapnya: 
Berlaga di Piala AFF dan Piala Asia, Bima Sakti 'Blusukan' ke Piala Soeratin

Boaz SolossaTimnas Indonesia U-16Piala AFF U-16Timnas IndonesiaBima SaktiLiga IndonesiaPiala Asia U-16

Berita Terkini