x

Liga 1: Incar 3 Poin di Laga Pemungkas, Persita Siap Benamkan Persipura

Senin, 28 Maret 2022 20:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Persita Tangerang mengincar poin saat melawan Persipura Jayapura demi bisa bertahan di 10 besar Liga 1 2021/22.

INDOSPORT.COM - Persita Tangerang akan melawan Persipura Jayapura pada pekan ke-34 Liga 1 2021/22. Laga ini jadi sorotan karena mempertaruhkan nasib Persipura.

Seperti diketahui, Persipura berada di jurang degradasi. Tim Mutiara Hitam tempati peringkat 16 klasemen sementara Liga 1 2021 dengan 33 poin dari 33 laga atau berjarak dua poin dari Barito Putera di zona aman. 

Baca Juga

Tim asal Papua itu terancam degradasi, jika kalah dari Persita. Menang jadi harga mati bagi Persipura, itu pun dengan catatan dua tim di atasnya yakni Barito Putera dan PSS Sleman telan kekalahan.

Situasi bertambah pelik karena Persita menyatakan tidak akan main mata. Tim asuhan Widodo C. Putro mengincar tiga poin sebagai kado manis bagi penggemar di akhir musim ini. 

"Persiapan setelah lawan Barito Putera tentu kami lakukan perbaikan tentunya. Kalah-menang dalam sepak bola tetap harus (ada) perbaikan," buka Widodo. 

Baca Juga

"Kami berharap cari poin (di laga terakhir lawan Persipura). Bisa menangkan laga buat perbaiki peringkat, jadi pemain harus fokus mulai sekarang karena tidak ada yang lain. Harus menang karena itu kado indah buat akhir kompetisi," tegas eks pelatih Bali United itu. 

Persita memang mencari kemenangan untuk memperbaiki situasi setelah hasil kurang memuaskan di tujuh pertandingan terakhir. Tim Pendekar Cisadane menuai hasil seri dalam enam laga beruntun dan sekali kalah. 

Pelatih Persita Tangerang, Widodo Cahyono Putro

Persita juga bertekad selesaikan Liga 1 2021 sesuai target, yakni finis di 10 besar. Saat ini tim Ungu Barat terlempar ke peringkat 11 dengan 39 poin dari 33 laga.

Baca Juga

Sementara itu, Persipura mendapat suntikan semangat jelang lawan Persita. Tim asuhan Alfredo Vera dapat bonus Rp200 juta dari Bupati Kabupaten Yahukimo, Didimus Yahuli.

Hal itu ditengarai sebagai usaha untuk melecut semangat para pemain Persipura agar tetap berjuang hingga menit akhir. 


1. Persipura Kehilangan Figur Pemain

Eks pelatih Timnas wanita dan eks Persipura, Rully Nere. Foto: Da'Yerimon/Indosport.com

Persipura memang tampil buruk musim ini. Hingga pekan ke-12 Liga 1, kampiun Liga Indonesia empat kali itu baru meraup lima poin dan terbenam di zona degradasi, tepat di posisi ke-17.

Dari 33 laga, Persipura hanya catatan 9 kali menang, 9 seri, dan 15 kekalahan. Tim Merah Hitam juga kebobolan 47 gol dan hanya cetak 33 gol.

Baca Juga

Hengkangnya sejumlah pemain berpengalaman seperti Boaz Solossa dan Tinus Pae turut berpengaruh. Para pemain muda yang ada di Persipura Jayapura tidak punya mentor dan tampil tidak konsisten di Liga 1.

Mantan pemain Persipura Jayapura, Rully Nere, menilai Mutiara Hitam tidak punya pembinaan pemain muda yang konsisten. Hal itu berdampak pada prestasi tim beberapa tahun terakhir.

Kurangnya kerja sama klub dengan pemerintah daerah turut memengaruhi kondisi tersebut. Kondisi itu berbeda ketika era Gubernur Jaap Solossa (2000-2005) yang sangat memperhatikan Persipura.

Baca Juga

"Pembinaan di Persipura sekarang tidak ada. Kalau dulu bagus, itu karena gubernur saat itu, Jaap Solossa, dan walikota semuanya kerja sama," kata Rully Nere.

"Kalau sekarang kan beda. Mungkin saja ada politik dan lainnya, tapi itu menurut saya saja," katanya.

Rully Nere dapat dikatakan menjadi salah satu dari penemu bakat Boaz Solossa dan beberapa pemain lain yang kemudian jadi generasi emas Persipura.

Baca Juga

Dia merupakan mantan pelatih tim PON Papua tahun 2004 dan Boaz menjadi salah satu pemain di tim tersebut.


2. Diguyur Bonus Rp200 Juta

Selebrasi penyerang Persipura Jayapura, Ramiro Fergonzi, bersama rekan-rekannya. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Persipura Jayapura saat ini masih berjuang agar tidak terdegradasi dari kompetisi Liga 1 musim depan. Namun, Si Mutiara Hitam justru mendapatkan bonus ratusan juta.

Kasta tertinggi sepak bola Indonesia, BRI Liga 1 2021-2022, tinggal menyisakan satu laga terakhir pada pekan ke-34 yang akan berlangsung tengah pekan depan.

Demi memotivasi agar memenangkan pertandingan hidup dan mati tersebut, tim besutan Angel Alfredo Vera tersebut mendapatkan suntikan bonus sebesar 200 juta rupiah.

Bonus tersebut pemberian dari Bupati Kabupaten Yahukimo, Didimus Yahuli kepada para pemain Persipura Jayapura jelang berakhirnya kompetisi Liga 1.

“Terima kasih Bapak Bupati Kabupaten Yahukimo, Didimus Yahuli, atas bonus 200 juta kepada pemain Persipura Jakarta. Salah hormat,” tulis Persipura lewat akun Instagram, Minggu (27/03/22).

Baca Selengkapnya: Berjuang Hindari Degradasi, Persipura Malah Diguyur Bonus Rp200 Juta

Persita TangerangPersipura JayapuraWidodo C. PutroLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini