x

Liga 1: Sukses di Bali United, Abduh Lestaluhu Bawa Ilmu dan Mental Juara ke Persis Solo

Senin, 28 Maret 2022 13:36 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Juni Adi
Bek Bali United, Muhammad Abduh Lestaluhu. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Bek asal Maluku, Muhammad Abduh Lestaluhu akan segera pulang ke Persis Solo. Abduh akan membawa ilmu dan mental juara dari Bali United untuk kesuksesan Laskar Sambernyawa menuju Liga 1 2022.

Abduh merupakan satu dari dua pilar Bali United musim ini yang berstatus pinjaman. Abduh bersama Eky Taufik dipinjam dari jawara Liga 2 2021, Persis Solo.

Baca Juga

Kedua pilar Persis Solo ini gabung pada putaran kedua Liga 1 atau bulan Januari 2022 lalu. Meski baru datang, keduanya cukup mendapat tempat.

Abduh Lestaluhu sendiri tampil dalam lima pertandingan. Partai melawan Arema FC pada 15 Maret 2022 lalu menjadi salah satu kesuksesannya.

Masuk sebagai pemain pengganti, Abduh tampil bagus dan membawa timnya menang 2-1. Kemenangan ini sendiri menjadi salah satu kunci Bali United menjuarai kompetisi musim ini.

Baca Juga

Cerita indah bersama tim besutan Stefano Cugurra Teco akan berakhir usai partai melawan Persik Kediri, Kamis (31/3/22). Setelah itu, kontrak peminjaman bersama Bali United akan usai.

"Selesai kompetisi ini saya akan kembali ke Persis Solo. Saya masih ada kontrak panjang di Persis Solo," kata Abduh Lestaluhu.

Abduh pulang ke Persis Solo bukan saja membawa medali juara Liga 1. Ada segudang ilmu baru yang bisa menjadi tambahan modal Persis Solo menuju Liga 1 2022.

Baca Juga

"Saya akan membawa motivasi dari teman-teman, dari coach Teco, serta pelajaran yang saya dapat selama ini di Bali United," tutur eks Tira Persikabo ini.


1. Ilmu dari Teco

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco.

Abduh senang mendapat ilmu baru dari Teco. Ini menjadi pengalaman pertamanya setelah Teco kembali berkarir di Indonesia pada 2017 lalu.

Menurut Abduh, Teco merupakan pelatih yang luar biasa. Ada beberapa keunggulan Teco sebagai pelatih yang berhasil membawa timnya juara musim 2018, 2019 dan 2021/2022.

Baca Juga

"Coach Teco punya motivasi sangat bagus, punya karakter dan mental juara. Itu yang saya senang dari coach Teco," jelas Abduh.

Secara teknis, Abduh juga beberapa kali mendapat arahan dari pelatih asal Brasil ini. Secara pribadi, ilmu baru ini jadi bekalnya membela Persis Solo.

"Pelajaran tentang bagaimana taktik menyerang, bagaimana taktik bertahan, ini yang akan saya bawa ke Persis Solo," imbuhnya.


2. Target Bersama Persis Solo

Bek Bali United, Muhammad Abduh Lestaluhu. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

Abduh akan menjadi bagian dari sejarah Persis Solo ketika kembali berlaga di kasta tertinggi sepak bola nasional. Secara pribadi, Abduh siap memberi pencapaian terbaik.

"Secara pribadi saya akan tetap bekerja keras, motivasi tinggi dan Insya Allah bawa mental juara dari Bali United ke Persis Solo," tegas Abduh.

Persis Solo sendiri sudah memulai latihan pada bulan Maret ini. Rencananya, mereka akan memulai bersiap lebih awal, bersama pelatih Eko Purdjianto dan Jacksen Tiago.

Para pemain baru sedianya mulai bergabung pada bulan April nanti. Persis Solo akan turut serta dalam turnamen Piala Walikota Solo yang sempat tertunda tahun lalu karena peningkatan jumlah warga yang terpapar Covid-19 di Indonesia.

Persis SoloBali UnitedAbduh LestaluhuLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2021

Berita Terkini