x

Seumur Jagung tapi Berkesan, Persebaya Doakan Karier Marukawa dan Bruno Moreira

Sabtu, 2 April 2022 18:15 WIB
Penulis: Agung Wicaksono | Editor: Prio Hari Kristanto
Taisei Marukawa melakukan selebrasi usai mencetak gol untuk Persebaya Surabaya di Liga 1. FOTO: Prabowo/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Persebaya Surabaya resmi melepas dua pemain asingnya, yakni Taisei Marukawa dab Bruno Moreira. Pihak klub dan pemain berpisah secara baik-baik.

Kabar ini telah dipastikan setelah Persebaya telah mengeluarkan rilis resmi mereka yang telah di publik ke beberapa media sosial resmi klub berjuluk Green Force itu.

Baca Juga

Walau kedua pemain ini bisa dikatakan baru seumur jagung berseragam hijau khas Persebaya Surabaya di Liga 1 musim ini, namum keduanya telah mengambil hati seluruh suporter Bajol ijo.

Sehari sebelumnya, kabar soal lepasnya Taisei Marukawa justru terendus dari klub barunya, PSIS Semarang, yang langsung mengenalkan pemain baru mereka ke hadapan publik Semarang.

Kehilangan pemain terbaik BRI Liga 1 musim ini tentu bukanlah perkara sederhana. Di media sosial terlihat banyak suporter Persebaya meluapkan kekecewaanya di kolom komentar Instagram Persebaya.

Baca Juga

Bukan tanpa sebab, di bawah asuhan Aji Santoso, Marukawa tampil tokcer dengan torehan 17 gol, 10 assist dari 32 penampilan bersama klub kebanggaan arek Suroboyo itu.

Taisei Marukawa tak sendiri, dia bersama striker gimbal yang musim ini tampil ganas bersama Arema FC, Carlos Fortes jadi rekrutan anyar tim berjuluk Mahesa Jenar itu.

Seakan seperti tak diberi waktu ‘bernafas’, selang beberapa jam setelah kehilangan satu pemain kuncinya musim ini, Bonek Mania dikejutkan dengan perginya Bruno Moreira.

Baca Juga

Pemain berusia 22 tahun ini merupakan salah satu pemain asing dengan predikat ‘debutan’ terbaik di BRI Liga 1 musim 2021-2022. Bersama Bajo Ijo ia tunjukkan performa luar biasa.

Penyerang kiri yang sempat bermain untuk Ansan Greeners di tahun 2019 lalu ini menjelma jadi pemain tak tergantikan bersama Persebaya. Musim ini dia mencetak total 7 gol dan 3 assist.

Setelah memastikan kerja sama antar kedua pemain berakhir, Persebaya tak ketinggalan memberikan ucapan dan doa untuk Marukawa dan Bruno  Moreira.


1. Perpisahan Menyentuh Marukawa dan Bruno Moreira

Pergerakan pemain Persebaya Surabaya, Bruno Moreira dikawal gelandang Bhayangkara FC, TM Ichsan

Seakan tak mau ketinggalan, Persebaya Surabaya secara resmi telah memberikan pesan terakhir pada kedua pemainnya yang memutusakan mengakhiri kerjasama dengan klub asal Surabaya itu.

Tepat sehari setelah pemain asing mereka asal Jepang, Taisei Marukawa mengungkapkan pesan menyentuhnya. Pertama-tama dia meminta maaf karena tidak menemukan kata sepakat dengan Persebaya pada akhir musim ini.

Baca Juga

Dalam pesan itu, Marukawa mengungkapkan mendapat banyak kenangan bersama Persebaya. Dia juga tak lupa berterima kasih pada suporter yang telah mendukungnya selama ini.

“Sangat sulit untuk menulis pesan ini, karena ini waktunya mengucapkan selamat tinggal untuk Green Force,” tulis Marukawa di akun Instagram pribadinya @taiseimarukawa.

“Pertama-tama saya sangat sedih karena tak bisa menyetujui kontrak baru dengan Persebaya, tetapi inilah sepak bola dan situasi ini dapat terjadi,” imbuhnya.

Baca Juga

“Jika kami bermain dengan tim penuh, tidak ada yang bisa mengalahkan kami. Saya ingin berterima kasih kepada semua tim, staf pelatih, Bonek dan Bonita,” ujar Marukawa.

Selang satu hari, kini gilaran winger lincah Persebaya, Bruno Moreira mengucapkan perpisahan dengan klub pertamanya di Indonesia, Persebaya Surabaya.

“Saatnya mengucapkan selamat tinggal. Saya ucapkan terima kasih untuk Persebaya Surabaya, Bonek dan Bonita untuk dukunganya selama ini,” ungkap Bruno di Instagram pribadinya @brunomoreira99.

“Meski gagal mencapai tujuan utama dan membawa piala ke Surabaya, kami tetap bekerja keras membawa nama Persebaya ke klasemen atas dan saya sangat senang berbagi impian bersama rekan satu tim,” imbuhnya.

“Sejujurnya saya sangat paham dan bisa merasakan dalam setiap pesan yang kalian kirimkan selama beberapa hari terakhi. Aku sangat menghargainya,” jelas Bruno.

Baca Juga

“Sekarang saatnya melihat ke depan, dan menerima tantangan baru di karier sepak bola saya, tetapi rasa hormat dan gairah saya ke kota ini, klub, dan suporter  akan bertahan selamanya,”

Dalam pesan terakhirnya Bruno Moreira berdoa untuk semua pihak yang selama ini mendukungnya, tak lupa dia mengucapkan terima kasih untuk Perserbaya Surabaya di akhir kalimat tak lupa dia mengucapkan ‘Salam satu nyali’.


2. Persebaya Surabaya: Arigatou dan Obrigado, Terima Kasih!

Logo Persebaya Surabaya.

Melalui postingan di Instagram resmi Persebaya Surabaya, tim asal Jawa Timur ini resmi menyudahi kerja sama kedua pemain asing mereka, Sabtu (02/04/22) siang.

Dalam postingan ini, terdapat foto Taisei Marukawa dan Bruno Moreira dengan latar belakang putih dengan kedua wajah pemain serta ucapan terima kasih.

Lebih lanjut di postingan itu, Persebaya Surabaya menuliskan kata ‘Arigatou’ dan ‘Obrigado’ yang memiliki arti terima kasih dalam bahasa Indonesia.

“Terimakasih kasih yang sebesar-besarnya kepada dua winger andalan Persebaya musim 2021/2022, Taisei Marukawa dan Bruno Moreira,” tulis Persebaya.

“Jasa kalian akan selalu diingat pencita sepak bola Surabaya. Sukses untuk karier kalian. Salam satu nyali,” pungkas Persebaya.

Hal itu tentu merupakan angin segar bagi kedua pemain dan pihak klub, lantaran keduanya berpisah secara baik-baik tanpa ada sedikit pun masalah.

Tentu hal ini berbanding terbalik dengan nasib striker anyar PSIS Semarang asal Arema FC, Carlos Fortes yang sempat dibuat bingung lantaran pihak Arema FC menganggap dirinya melakukan kesalahan.

Dalam rilis yang diberikan klub, Arema menganggap mereka masih memiliki hak sebagai prioritas utama Carlos Fortes sebelum kontraknya habis pada 30 April 2022 mendatang.

Lantaran jika merujuk aturan Bosman, setiap pemain sah saja melakukan negosiasi-kerjasama dengan klub lain di sisa enam bulan kontrak mereka tanpa harus menunggu sodoran kontrak baru dari klub lamanya.

Dengan acuan itu, tentu bisa dikatakan Carlos Fortes tak salah dalam kasus ini, lantaran dia dan Arema FC hanya menyisakan satu bulan kontrak kerja sama.

Langkah yang diambil Persebaya Surabaya tentu sangat tepat. Seakan-akan mereka memberi ‘Pesan’ pada rivalnya tentang bagaimana menyikapi dinamika perpindahan pemain.

Persebaya SurabayaPSIS SemarangLiga IndonesiaArema FCLiga 1Berita Liga 1Carlos Manuel Dos Santos FortesBRI Liga 1 2021-2022Taisei MarukawaBruno Moreira

Berita Terkini