x

Tergabung di Grup Neraka di Piala Dunia 2022, Ghana Bakal Panggil Wonderkid Keturunan di Inggris

Sabtu, 2 April 2022 18:33 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Juni Adi

INDOSPORT.COM - Ghana akan sekuat tenaga untuk bisa bertahan selama mungkin di putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar nanti usai absen di edisi Rusia 2018.

The Black Star siap memperkaya opsi mereka dengan coba memanggil dua pemain muda berbakat kelahiran Inggris yakni Callum Hudson Odoi dan Tariq Lamptey.

Baca Juga

Suntikan talenta memang Ghana butuhkan karena mereka tergabung dalam grup maut di Grup H. Portugal, Uruguay, dan Korea Selatan harus mereka hadapi.

Belum ada kepastian apakah Hudson-Odoi dan Lamptey akan benar-benar mereka hubungni mengingat Ghana belum menunjuk pelatih tetap untuk menggantikan manajer interim Otto Addo.

Akan tetapi jika nakhoda mereka nanti meminta agar dua jebolan akademi Chelsea itu untuk diberi paspor Ghana, maka pihak federasi GFA akan berusaha sekuat mungkin.

Baca Juga

"Jika pada keesokan hari pelatih anyar akan meminta kami menyediakan Lamptey, Hudson-Odoi, atau siapapun itu yang memang bisa dipanggil maka sebisa mungkin akan diusahakan," beber Henry Asante Twum selaku direktur komunikasi GFA.

Baik Hudson-Odoi dan Lamptey memang lahir dan besar di London, Inggris, namun keluarga mereka berasal dari Ghana dan masih memungkinkan berganti paspor.

Lamptey yang kini membela Brighton and Hove Albion dapat dipanggil seketika mengingat ia sama sekali belum punya caps untuk Inggri senior.

Baca Juga

Di usianya yang baru 21 tahun memang terlalu cepat menyimpulkan jika sang bek kanan tidak dibutuhkan oleh Inggris namun memang ada kans The Three Lions tak akan memanggilnya sama sekali.

Posisinya bermain sudah penuh sesak dengan Kyle Walker, Trent-Alexandre Arnold, dan Reece James. Bahkan saat ketiganya absen pada jeda internasional Maret lalu Inggris lebih memilih untuk menggunakan jasa Kyle Walker-Piters dan bukannya Lamptey atau bahkan Aaron Wan-Bissaka.


1. Hudson-Odoi Lebih Dekat

Callum Hudson-Odoi

Callum Hudson-Odoi tampaknya bisa lebih mudah untuk Ghana dekati karena ia pun sepertinya sudah enggan untuk berksotum Inggris lagi.

Winger lincah 21 tahun milik Chelsea tersebut memang sudah punya tiga caps Inggris senior sejak debutnya pada Maret 2019 lalu namun ia masih bisa membela Ghana.

Baca Juga

Aturan dari FIFA menegaskan jika seorang pemain masih bisa berganti membela sangara lain apabila jumlah penampilan kompetitifnya untuk negara lama tidak lebih dari tiga dan harus menunggu tiga tahun dari caps terakhir sebelum berpihak pada negara baru.

Maka dari itu Hudson-Odoi menolak untuk dipanggil oleh Inggris di level manapun agar Ghana bisa memasukannya dalam daftar pemain Piala Dunia 2022.

Hudson-Odoi enggan memenuhi panggilan dari Inggris U-21 pada Agustus 2021 lalu. Tiga bulan kemudian tawaran untuk kembali memperkuat Inggris senior juga ia acuhkan.

Baca Juga

Pada awal 2022 Hudson-Odoi sudah mulai melakukan kontak dengan GFA yang diwakili oleh eks pelatih Newcastle United dan Brighton yakni Chris Hughton.

Bahkan sejumlah pejabat tinggi negara seperti Nana Akufo-Addo (presiden Ghana), Kurt Okraku (presiden GFA), dan Mustapha Ussif (menteri olahraga Ghana) juga sudah ia temui langsung.

Hanya saja cukup banyak masyarakat Ghana yang menentang pemanggilan pemain catutan dari negara lain seperti Hudson-Odoi. Mereka beranggapan jika langkah ini akan membuat pemain yang susah payah meloloskan Bintang Hitam di kualifikasi tersingkir.

Baca Juga

Padahal Ghana bisa dibilang kaya akan pemain keturunan berkualitas di seantero Eropa. Sebut saja Inaki dan Nico Williams (Spanyol), Antoine Semenyo (Inggris).

Akan tetapi melarang para pemain dengan darah Ghana untuk bisa membela The Black Star di Piala Dunia 2022 seperti Callum Hudson-Odoi dan Thariq Lamptey sama saja dengan diskriminasi meski dilandasi simpati pada pemain Ghana lain.


2. Deretan Pemain Kelas Dunia Absen di Piala Dunia 2022

Mohamed Salah saat berseragam Timnas Mesir. Foto: REUTERS/Amr Abdallah Dalsh.

 Piala Dunia 2022 dipastikan tidak akan dimeriahkan oleh sejumlah pemain bintang ini, lantaran mereka gagal membawa negaranya lolos menuju Qatar.

Pesta sepak bola terakbar, Piala Dunia 2022, kurang dari beberapa bulan lagi akan segera dimulai. Qatar ditunjuk menjadi tuan rumahnya yang akan digelar pada 21 November hingga 18 Desember 2022 mendatang.

Edisi kali ini akan terasa berbeda dari Piala Dunia sebelumnya, karena digelar untuk pertama kalinya di musim dingin.

Sempat ditentang sejumlah klub Eropa karena bertepatan di tengah kompetisi, namun akhirnya FIFA tetap memutuskan Piala Dunia 2022 ini digelar akhir tahun.

Dari total 32 negara yang akan berpartisipasi, sejauh ini sudah ada 27 peserta yang memastikan diri akan tampil di Piala Dunia 2022 mendatang.

Baca selengkapnya: Starting XI Pemain Bintang yang Gagal ke Piala Dunia 2022 di Qatar

InggrisGhanaChelseaPiala Dunia 2022Bola InternasionalCallum Hudson-Odoi

Berita Terkini