x

Fakta-fakta Mengejutkan di Balik Drawing Piala Dunia 2022: Prancis 'Ditakdirkan' Juara Lagi?

Sabtu, 2 April 2022 14:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berikut deretan fakta-fakta unik yang tersaji dalam Drawing atau pengundian babak grup Piala Dunia 2022 Qatar.

INDOSPORT.COM – Berikut deretan fakta-fakta unik yang tersaji dalam drawing atau pengundian babak grup Piala Dunia 2022 Qatar. Akankah Prancis jadi juara lagi?

Doha Exhibition and Conference Centre, Qatar menjadi saksi dilangsungkannya pengundian grup Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca Juga

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Drawing kali ini hanya diikuti oleh 29 negara dari total 32 kontestan.

Pasalnya, tiga tempat tersisa adalah satu tiket yang diperebutkan dari play-off zona Eropa dan dua sisanya berasal dari tiket play-off interkontinental. 

Dari zona Eropa, Ukraina masih tidak bisa memainkan laga kontra Skotlandia. Bila sudah bisa, pemenang laga nantinya akan berhadapan dengan Wales.

Baca Juga

Di sisi lain, play-off interkontinental akan mempertemukan Selandia Baru (wakil Oseania) dan Kosta Rika (wakil CONCACAF). 

Sedangkan dari Asia sendiri, Peru (sebagai wakil CONMEBOL) akan menghadapi pemenang dari pertandingan antara Australia dan Uni Emirat Arab.

Kendati masih menunggu 3 tim tersisa namun hal tersebut tak mengurangi keseruan Drawing Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca Juga

Alhasil, drawing pun dilakukan dan memunculkan sederet grup yang malah melahirkan dua grup neraka di grup E yang berisikan Spanyol dan Jerman serta grup H yang berisikan Portugal, Ghana, Uruguay dan Korea Selatan.

Terlepas dari hadirnya dua grup neraka itu, terdapat beberapa fakta menarik nan unik yag tersaji dalam Drawing Piala Dunia 2022 Qatar. Kira-kira, fakta-fakta apa saja itu?


1. Fakta Unik Drawing Piala Dunia 2022

Prancis mengangkat trofi Piala Dunia 2018.

Kampiun Piala Dunia 2018 lalu, Prancis, tergabung di grup D, di mana Les Bleus berada dalam satu grup dengan Denmark, Tunisia dan pemenang play off intercontinental antara Peru, Uni Emirat Arab, dan Australia.

Pertemuannya dengan Denmark ini akan jadi pertemuan ketiga Prancis, di mana di dua pertemuan sebelumnya, Les Bleus menjadi juara yakni di Piala Dunia 1998 dan Piala Dunia 2018.

Baca Juga

Selain bertemu Denmark, Prancis nyatanya juga hobi berhadapan dengan tim Afrika. Setidaknya dalam enam dari tujuh edisi Piala Dunia terakhir.

Tercatat, Prancis telah bertemu Afrika Selatan di edisi 1998 dan 2010, Senegal di edisi 2002, Togo di edisi 2006, Nigeria di edisi 2004 dan terakhir Tunisia di edisi 2022 ini.

Baca Juga

Grup E yang menjadi grup neraka di Piala Dunia 2022 ini, menghadirkan aroma balas dendam baik bagi Spanyol maupun Jerman.

Di Piala Dunia, Spanyol dan Jerman telah bertemu empat kali, di mana di pertemuan terakhir, Die Mannschaft kalah di semifinal Piala Dunia 2010 dari La Furia Roja.


2. Fakta Lainnya

Timnas Spanyol merayakan gol ke gawang Jerman di pertandingan UEFA Nations League, Rabu (18/11/20) dini hari WIB.

Selain mengusung misi balas dendam karena pertemuan terakhir di Piala Dunia tumbang, Jerman juga ingin balas dendam akan pertemuan terakhir kedua tim.

Sebagai informasi, Jerman dan Spanyol terakhir bertemu pada 2020 lalu di ajang UEFA Nations League, di mana Die Mannschaft takluk dengan skor 0-6 dari La Furia Roja.

Baca Juga

Tak hanya grup E saja, grup H juga masuk dalam kategori grup neraka. Di grup H ini, ada misi balas dendam yang diusung Paulo Bento selaku pelatih Korea Selatan.

Pengganti Shin Tae-yong ini berambisi membalas pemecatan yang dilakukan Portugal usai Piala Dunia 2014 lalu, di mana dalam misi balas dendam ini, ia akan mengandalkan Korea Selatan.

Baca Juga

Masih dari grup neraka, ada potensi bahwa Uruguay akan menjadi pemuncak grup H kelak, mengingat rekor apiknya melawan Portugal, Korea Selatan dan Ghana di Piala Dunia.

Uruguay punya rekor bagus di Piala Dunia atas tiga lawannya itu, masing-masing dengan kemenangan 2-1 atas Korea Selatan di babak 16 besar Piala Dunia 2010, drama adu penalti atas Ghana di Piala Dunia 2010, dan menang 2-1 atas Portugal di Piala Dunia 2018.


3. Fakta Lainnya

Aksi selebrasi pemain Brasil atas Paraguay dengan skor 4-0 tanpa balas ada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol, Rabu (2/2/2022)

Brasil tergabung di grup G dalam Drawing Piala Dunia 2022 Qatar. Tak disangka, hasil Drawing itu menjadi Deja Vu bagi Selecao.

Brasil berada dalam satu grup dengan Serbia dan Swiss serta Kamerun. Uniknya, Serbia dan Swiss merupakan lawan Selecao di babak grup Piala Dunia 2018.

UruguayJermanPortugalBrasilPaulo BentoPiala Dunia 2022Bola InternasionalTim Nasional SpanyolTim Nasional PrancisTRIVIASepak Bola

Berita Terkini