x

Bedah Formasi Mengerikan Arsenal Bersama Duet Maut Argentina, Paulo Dybala dan Lautaro Martinez

Minggu, 3 April 2022 21:45 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Arsenal memburu dua penyerang Argentina sekaligus, Paulo Dybala dan Lautaro Martinez. Bakal semengerikan apa starting XI The Gunners musim depan? (Foto: Getty Images)

INDOSPORT.COM – Arsenal memburu dua penyerang Argentina sekaligus, Paulo Dybala dan Lautaro Martinez. Bakal semengerikan apa starting XI The Gunners musim depan?

Memasuki pekan ke-30, Arsenal kini bertengger di posisi 4 klasemen Liga Inggris, mengungguli Manchester United dan Tottenham Hotspur.

Baca Juga

Sejak mengalahkan Southampton pada 11 Desember, Arsenal kini tercatat merebut 10 kemenangan dan hanya kalah 2 kali serta seri sekali dari 13 pertandingan di Liga Inggris.

Meski demikian, situasi ini tidak membuat manajemen The Gunners puas. Mereka mulai menyusun rencana untuk meningkatkan kualitas skuat di bursa transfer musim panas nanti.

Salah satu sektor yang menjadi prioritas adalah penyerang tengah. Seperti diketahui, The Gunners memang kini bergantung sepenuhnya pada Alexandre Lacazette setelah Pierre-Emerick Aubameyang ke Barcelona.

Baca Juga

Namun, kontrak Lacazette akan habis akhir musim ini dan minim tanda-tanda bakal ada perpanjangan. Lacazette pun belakangan justru santer disebut bakal menyusul Aubameyang ke Barcelona.

Situasi makin pelik setelah pelapis Lacazette, Eddie Nketiah, juga bakal habis kontrak dan kemungkinan besar juga akan hengkang.

Sejumlah nama pun mengemuka sebagai bidikan Arsenal, di antaranya nama-nama yang sudah muncuk sejak Januari atau malah musim panas lalu, seperti Dominic Calvert-Lewin maupun Alexander Isak.

Baca Juga

Namun, belakangan ini The Gunners justru santer dikaitkan dengan dua penyerang mematikan asal Argentina, Paulo Dybala dan Lautaro Martinez.

Seperti diketahui, Dybala sudah dipastikan meninggalkan Juventus secara bebas transfer musim panas nanti, sedangkan Martinez masuk daftar jual Inter Milan yang butuh memperbaiki kondisi keuangan.


1. Lini Belakang

Pemain Arsenal, Ben White laga pertandingan Liga Premier antara Brentford vs Arsenal (David Price/Arsenal FC via Getty Images)

Dengan usia yang masih terbilang muda yakni 24 tahun, Lautaro Martinez diyakini bisa menjadi andalan jangka panjang.

Ketajamannya pun terbilang stabil di mana dalam 3 musim terakhir, ia selalu mencetak sedikitnya 16 gol dalam semusim. Namun, Arsenal perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk mendatangkannya.

Baca Juga

Sementara itu, meski 4 tahun lebih muda, Paulo Dybala juga menjadi opsi menarik mengingat ia bisa didatangkan secara gratis.

Kualitasnya pun tak perlu diragukan berkat catatan 113 gol dan 48 assist dari 282 laga bersama Juventus, dan torehan sejumlah gelar termasuk 5 kali juara Liga Italia.

Lantas, bakal semengerikan apa formasi Arsenal jika mereka sukses mendatangkan Paulo Dybala dan Lautaro Martinez sekaligus di bursa transfer musim panas? Berikut ulasannya:

Baca Juga

Lini Belakang

Di lini belakang, diyakini tidak akan ada perubahan. Aaron Ramsdale yang menjadi kiper utama akan tetap mempertahankan posisinya, berkat penampilannya apiknya musim ini.

Di sisi lain, Bernd Leno sendiri disebut bakal hengkang setelah musim ini tergusur ke bangku cadangan dan hanya menjadi pelapis Ramsdale.

Sementara itu di sektor wing back, dua andalan saat ini yakni Takehiro Tomiyasu dan Kieran Tierney juga menyuguhkan performa apik dan Mikel Arteta tak punya alasan menyingkirkan mereka.

Baca Juga

Begitu juga di sektor bek tengah yang musim ini mengandalkan duet Ben White dan Gabriel Magalhaes. Keduanya tampil kokoh untuk membawa The Gunners baru kebobolan 31 gol atau tersedikit kelima di liga.

Meski demikian, peluang perubahan masih terjadi dengan kemungkinan pulang William Saliba yang tampil apik sebagai pemain pinjaman di Marseille musim ini. Bek Prancis itu layak tampil  bergantian dengan White dan Magalhaes untuk mengisi lini belakang.

 

2. Lini Tengah dan Depan

Marcelo Brozovic dan Lautaro Martinez di laga Liga Champions Liverpool vs Inter Milan (REUTERS/Phil Noble)

Bergerak ke lini tengah, dengan pola 4-2-3-1 yang menjadi andalan Mikel Arteta musim ini, maka dibutuhkan 2 orang untuk mengisi sektor double pivot.

Musim ini, posisi tersebut diserahkan kepada Granit Xhaka dan Thomas Partey. Namun, perubahan mungkin terjadi seiring performa Xhaka yang masih naik turun.

Satu nama yang berpeluang menggantikan Xhaka adalah gelandang  miliki Leicester City, Youri Tielemans.

Bintang Belgia itu disebut bakal meninggalkan The Foxes, usai menolak memperpanjang kontraknya yang tinggal tersisa setahun.

Beralih ke lini serang, perginya Lacazette membuat pos ujung tombak akan menjadi milik Lautaro Martinez. Dengan catatan 65 gol dari 171 laga bersama Inter Milan, bomber asal Argentina itu jelas layak menjadi andalan.

Baca Juga

Sementara itu, rekan senegara Lautaro Martinez yakni Paulo Dybala bisa berperan sebagai second striker yang bergerak bebas di belakang Martinez.

Di sektor sayap, Bukayo Saka akan tetap menjadi andalan di sisi kanan. Bintang muda Inggris itu menyuguhkan performa memukai musim ini dengan torehan 10 gol dan 5 assist dari 33 laga.

Di kiri, Gabriel Martinelli yang melejit di paruh kedua musim ini akan terus mempertahankan tempatnya, dengan Emile Smith Rowe menjadi pelapis.

Baca Juga

Opsi lain yang juga bisa dilakukan adalah dengan menerapkan pola 4-4-2 di mana Paulo Dybala mendampingi  Lautaro Martinez di lini depan alih-alih bermain di belakangnya.

Arsenal XI: Ramsdale; Tomiyasu, White, Gabriel, Tierney; Partey, Tielemans; Saka, Dybala, Martinelli; Martinez.

Bursa TransferArsenalInter MilanJuventusPaulo DybalaLiga InggrisLautaro MartinezBerita Liga InggrisBerita Bursa Transfer

Berita Terkini