x

Deretan Rekor dan Statistik Mencengangkan Liverpool Usai Hajar Benfica di Liga Champions

Rabu, 6 April 2022 09:55 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Roberto Firmino, Luis Diaz, dan Diogo Jota di laga Liga Champions Benfica vs Liverpool, Rabu (06/04/22). Foto: Action Images via Reuters/Matthew Childs.

INDOSPORT.COM - Laga leg pertama perempat final Liga Champions antara Benfica vs Liverpool baru saja berakhir dengan skor 1-3.

Benfica selaku tuan rumah harus takluk di tangan tim tamu akibat tiga gol Ibrahima Konate, Sadio Mane, dan Luis Diaz.

Baca Juga

Sementara itu, anak-anak asuh Nelson Verissimo hanya bisa mencetak satu angka lewat salah satu andalan mereka yang jadi rebutan di bursa transfer, Darwin Nunez.

Pemain berkebangsaan Uruguay tersebut memperkecil ketertinggalan Benfica saat awal-awal babak kedua menjadi 2-1, setelah Liverpool unggul duluan lewat Ibrahima Konate dan Sadio Mane.

Kedudukan ini nyaris saja bertahan sampai waktu normal habis, namun Luis Diaz jadi pahlawan ketiga Liverpool berkat golnya pada menit ke-87.

Baca Juga

Alhasil, tim tamu berhasil memperlebar jarak dan menambah bekal gol mereka untuk menghadapi leg kedua beberapa hari lagi.

Setelah pertandingan, Jurgen Klopp pun memuji penampilan Benfica yang menurutnya cukup apik. Apalagi sebagai tuan rumah, mereka mendapat dukungan yang sangat luar biasa dari suporter.

“Saya harus memuji Benfica yang berjuang sekuat tenaga, terutama setelah kami membuka peluang untuk mereka,” ujar Jurgen Klopp seperti dikutip dari laman resmi klub.

Baca Juga

“Terlihat jelas kita mereka mencetak gol, penonton bergemuruh dan atmosfernya sangat luar biasa. Para tim sepak bola yang bagus akan memanfaatkannya,” tambahnya lagi.

Kini, dengan bekal 3-1, Liverpool pun optimistis menatap leg kedua perempat final Liga Champions 2021-2022 yang rencananya bakal digelar pada 14 April dini hari WIB mendatang.


1. Catatan Statistik Mencengangkan Liverpool Usai Lawan Benfica

Roberto Firmino, Luis Diaz, dan Diogo Jota di laga Liga Champions Benfica vs Liverpool, Rabu (06/04/22). Foto: Action Images via Reuters/Matthew Childs.

Selain meraih kemenangan, Liverpool di pertandingan semalam juga berhasil menorehkan sejumlah rekor serta statstik yang luar biasa.

Berikut dirangkum dari berbagai sumber, sejumlah catatan dan statistik mencengangkan Liverpool usai menghajar Benfica 3-1. Apa saja?

Baca Juga

Liverpool

- Berdasarkan data dari Opta Joe, dengan kemenangan kontra Benfica ini, Liverpool mencatatkan rekor belum terkalahkan di delapan pertandingan tandang terakhir mereka di semua kompetisi.

Jika ditelusur ke belakang, di luar partai-partai yang digelar di tempat netral, Liverpool terakhir kali kalah di kandang saat bertamu ke markas Leicester City, King Power Stadium, pada akhir Desember 2021.

Pada waktu itu, mereka kalah tipis dengan skor 0-1 gara-gara gol tunggal Ademola Lookman pada menit ke-59.

Baca Juga

- Diungkapkan jurnalis Liverpool untuk The Athletic, James Pearce, The Reds barus saja mencatatkan rekor baru sepanjang sejarah klub.

Ini kali pertama setelah 19 pertandingan, Liverpool kebobolan satu biji gol sebelum babak pertama berakhir.

Sebelum ini, gawang mereka terakhir kemasukan satu biji gol saat melawan Shrewsbury di putaran tiga Piala FA bulan Januari lalu. Saat itu, gawang Caoimhin Kelleher jebol oleh Daniel Udoh pada menit ke-27.

Baca Juga

Namun untuk diketahui, bukan hanya statistik secara kolektif yang berhasil dicatatkan Liverpool setelah menghajar Benfica di Liga Champions semalam.

Selanjutnya, mari beranjak ke statistik yang ditorehkan individu baik oleh sang manajer, Jurgen Klopp, maupun para pemain.

 

2. Jurgen Klopp dan Para Pemain

Jurgen Klopp juga catatkan rekor individu setelah leg pertama perempat final Liga Champions Benfica vs Liverpool. Foto: Shaun Botterill/Getty Images.

Jurgen Klopp

- Setelah pertandingan melawan Benfica, Jurgen Klopp juga berhasil mencatatkan rekor hebat atas namanya sendiri.

Seperti diwartakan laman Planet Football, sebagai manajer ia belum pernah kalah di tujuh laga terakhirnya melawan tim-tim asal Portugal.

Baca Juga

Menurut data dalam laporan tersebut, Jurgen Klopp punya catatan enam kemenangan dan satu hasil imbang.

Pemain

- Salah satu penampil yang layak dipuji sepak terjangnya di laga Benfica vs Liverpool semalam adalah Luis Diaz.

Masih dari laporan Planet Football, rerkutan anyar yang baru merapat dari FC Porto tersebut mencatatkan satu gol, satu assist, empat tembakan, tiga dribel, tiga duel udara, dan 35 operan akurat (presentase 92 persen).

Baca Juga

- Selanjutnya ada Ibrahima Konate, yang menjadi pencetak gol ke-20 yang berbeda untuk Liverpool musim ini.

Liverpool pun mengangkangi para tim Liga Inggris lainnya yang tidak memiliki banyak pencetak gol berbeda di kubu mereka.

- Sadio Mane mengukuhkan diri sebagai salah satu pemain yang paling banyak mencetak gol di fase gugur Liga Champions sejak musim 2017-2018.

Baca Juga

Golnya ke gawang Benfica membuatnya sejajar dengan Cristiano Ronaldo yang telah mencatatkan 13 gol di fase gugur Liga Champions.

Perolehan bintang Timnas Senegal tersebut pun berpotensi terus bertambah lantaran CR7 tidak lagi berpartisipasi di sisa partai Liga Champions musim ini.

LiverpoolLiga ChampionsBenficaBerita Liga Champions Eropa

Berita Terkini