x

Liga Champions: Baru 80 Detik Main Langsung Bikin Assist, Phil Foden Panen Pujian

Rabu, 6 April 2022 08:38 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
Aksi Phil Foden di laga Manchester City vs Atletico Madrid pada leg pertama perempatfinal Liga Champions, Rabu (06/04/22) dini hari WIB. Foto: Reuters/Lee Smith

INDOSPORT.COM – Bintang Manchester City, Phil Foden, langsung panen pujian dari sejumlah legenda sepak bola Inggris setelah menjadi pembeda dalam laga melawan Atletico Madrid pada leg pertama perempat final Liga Champions, Rabu (06/04/22).

Manchester City menjadi tuan rumah untuk Atletico pada leg pertama  perempat final Liga Champions. Pada duel di Stadion Etihad itu, The Citizens berhasil meraih kemenangan dengan skor 1-0.

Baca Juga

Hasil ini sejatinya patut disyukuri oleh Manchester City. Pasalnya, gol semata wayang dari Kevin De Bruyne ini jadi modal berharga untuk leg kedua nanti di Wanda Metropolitano.

Namun jika menengok lagi jalannya pertandingan tersebut, pasukan Pep Guardiola tampak kesulitan menembus tangguhnya benteng pertahanan Los Rojiblancos.

Man City bahkan mengalami kebuntuan pada hampir sepanjang laga. Mereka hanya mampu melepaskan satu shot on target pada menit kee-67 dari 11 upaya yang didapatkan.

Baca Juga

Namun, situasi berubah ketika Pep Guardiola memasukkan Phil Foden sebagai pemain pengganti bersama-sama dengan Gabriel Jesus dan Jadk Grealish.

Mereka masuk masing-masing menggantikan posisi Riyad Mahrez, Raheem Sterling dan Ilkay Gundogan yang dinilai tidak cukup optimal.

Dari ketiga pemain pengganti tersebut, Phil Foden-lah yang paling menarik perhatian. Pemain berusia 21 tahun tersebut membuat assist brilian unntuk gol yang dilesakkan De Bruyne.

Baca Juga

Gol yang tercipta di menit ke-70 tersebut bahkan terjadi tak lama setelah Foden masuk ke lapangan. Goal International mencatat jeda waktu dari masuknya Foden ke lapangan dan gol Man City hanya 79 detik.

Tak pelak, penampilan ciamik Foden di pertandingan Liga Champions antara Manchester City vs Atletico Madrid tersebut mendapatkan pujian dari dua legenda sepak bola Inggris.


1. Phil Foden Dipuji Legenda Inggris dan Guardiola

Aksi Phil Foden di laga Manchester City vs Atletico Madrid pada leg pertama perempatfinal Liga Champions, Rabu (06/04/22) dini hari WIB. Foto: Reuters/Lee Smith

Pujian pertama datang dari Joloen Lescott yang juga mantan pemain Manchester City. Menurutnya, Foden sangat memengaruhi permainan.

“Phil Foden memengaruhi banyak pertandingan dan sekarang memengaruhi pertandingan besar. Dia harus main (lawan Liverpool, 10 April),” kata Lescott, dilansir dari BBC International.

Baca Juga

Pujian lainnya datang dari Rio Ferdinan yang juga mantan bek legendaris rival sekota Manchester City, yakni Manchester United.

Rio Ferdinand yang menjadi pandit di panel BT Sports selama pertandingan menyebut Foden adalah seorang pesepak bola yang menyamar sebagai seniman.

“Ketika Anda memiliki (pesepak bola) seniman seperti Phil Foden yang memberikan ancaman berbeda, sulit untuk menyesuaikan diri selama pertandingan ketika Anda telah merencanakan sesuatu yang berbeda,” kata Ferdinand dikutip dari akun Twitter BT Sport.

Baca Juga

"Foden tampil memesona saat itu," imbuh Ferdinand. 

“Pep sudah menyusun rencana untuk dua atau tiga pertandingan ke depan dan mungkin sudah mengantongi pemain timnya (untuk laga Minggu melawan Liverpool). Jika dia tidak berpikir untuk memainkan Foden di akhir pekan, dia mungkin telah mengubahnya sekarang." 

Baca Juga

Pep Guardiola juga memuji permainan anak asuhnya. Pelatih asal Spanyol itu mengatakan Foden punya sesuatu hal yang spesial di dalam permainan.

“Semuanya bermain bagus tapi kamu tahu Gabriel [Jesus] dan Phil [Foden] punya energi spesial. Jack (Grealish) punya kualitas untuk menjaga bola. Ya, hari ini manajer cukup pintar,” kata Guardiola usai laga.


2. Man City Menang atas Atletico Madrid

Manchester City vs Atletico Madrid di leg pertama perempatfinal Liga Champions.

Setelah pertandingan ini, Manchester City akan giliran berkunjung ke markas Atletico Madrid untuk melakoni leg kedua perempat final Liga Champions.

Demi bisa lolos ke semifinal, Man City harus bisa mencetak gol sekaligus menang melawan sang tuan rumah.

Baca Selengkapnya: Hasil Liga Champions Manchester City vs Atletico Madrid: De Bruyne Jadi Juru Selamat

Atletico MadridManchester CityLiga ChampionsRio FerdinandPep GuardiolaPhil FodenBerita Liga Champions Eropa

Berita Terkini