x

Rahmad Darmawan ke RANS Cilegon, Barito Putera Bidik Pelatih Jebolan West Ham United?

Rabu, 6 April 2022 15:59 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Skuat Barito Putera dalam pertandingan Liga 1 2021-2022.

INDOSPORT.COM - Rahmad Darmawan diprediksi akan kembali ke RANS Cilegon FC. Barito Putera dirumorkan membidik eks pemain West Ham United sebagai pelatih.

Ya, perekrutan pelatih sangat dibutuhkan, sebelum tim mulai menyusun materi pemain untuk kompetisi Liga 1 2022-23 mendatang.

Baca Juga

Barito Putera sebelumnya memiliki kontrak jangka panjang dengan pelatih Djajang Nurdjaman, tapi berhenti di tengah jalan karena Djanur tak mampu mencapai target.

Kemudian, di putaran kedua BRI Liga 1 2021-22, Barito Putera merekrut Rahmad Darmawan, pelatih yang sebelumnya bisa membawa RANS Cilegon FC naik ke Liga 1.

Namun, ketika Rahmad Darmawan sukses mencapai misinya untuk membawa Barito bertahan di Liga 1, pihak RANS Cilegon FC pun berminat mendatangkannya kembali.

Baca Juga

Fakta ini membuat Barito Putera harus mencari pelatih baru lagi, sebelum Liga 1 2022-23 menggelar kick off di bulan Juni.

Sebelumnya, ada nama Fakhri Husaini yang masuk dalam radar Barito Putera. Sayang, Fakhri belum pernah menerima tawaran melatih klub selain dari Kalimantan Timur.

Karena Fakhri Husaini masih meragukan, manajemen nampaknya mengalihkan target dengan membidik pelatih asing asal Inggris.

Baca Juga

Nama yang santer beredar tengah didekati oleh Barito Putera adalah Peter Butler, eks pemain West Ham United di Liga Inggris.

Peter Butler juga bukan tanpa pengalaman. Ia sudah pernah melatih di Liga Indonesia, Malaysia, Singapura, bahkan jadi pelatih Timnas Boswana beberapa waktu lalu.


1. Peter Butler, Calon Pelatih Baru Barito?

Peter Butler.

Peter James Butler merupakan salah satu nama pelatih asing yang dirumorkan tengah menjalin komunikasi dengan manajemen Barito Putera, untuk Liga 1 2022 mendatang.

Peter Butler bukanlah nama baru di Liga Indonesia. Sebelumnya, pelatih berusia 55 tahun itu pernah membesut skuat Persiba Balikpapan hingga Persipura Jayapura.

Baca Juga

Sayangnya, saat menukangi PSMS Medan di putaran kedua Liga 1 2018 lalu, Peter Butler gagal membawa Ayam Kinantan bertahan di kasta tertinggi, hingga degradasi ke Liga 2.

Walau begitu, Peter Butler bukan tanpa prestasi. Mantan pemain West Ham United itu sudah malang melintang melatih sepak bola mulai Asia Tenggara, Afrika, dan Eropa.

Baca Juga

Peter Butler diketahui pernah menjabat sebagai pelatih Timnas Boswana di tahun 2014-2017, lalu ia hijrah ke Afrika Selatan.

Sejak tahun 2019, Peter James Butler juga dipercaya untuk melatih Timnas Liberia.

Tapi pestasinya lebih mentereng di Asia Tenggara. Peter Butler pernah membawa Kelantan FA promosi ke kompetisi kasta tertinggi, Liga Super Malaysia 2009.

Baca Juga

Pada tahun yang sama, Peter Butler juga sukses membawa Kelantan FA menjadi runner up Piala FA dan Piala Malaysia.

Prestasinya bersama Kelantan FA semakin lengkap saat ia berhasil membawa timnya menjuarai Piala Sumbangsih tahun 2012.


2. Upaya Barito Datangkan Peter Butler

Manajer Barito Putera Hasnuryadi Sulaeman.

Walau begitu, Barito Putera nampaknya harus berupaya keras untuk mendatangkan Peter James Butler untuk Liga 1 2022 nanti.

Pasalnya, karir Peter James Butler saat ini masih berada di puncak, karena ia melatih Timnas Liberia sejak 2019 sampai sekarang.

Padahal, perekrutan posisi pelatih sangat penting sebelum klub menyiapkan materi pemainnya, jelang Liga 1 2022 mendatang.

Barito PuteraRahmad DarmawanPelatihLiga IndonesiaLiga 1Peter ButlerBerita Liga 1Liga 1 2021BRI Liga 1 2021-2022

Berita Terkini