x

Satu Grup dengan Timnas Indonesia di SEA Games, Pelatih Vietnam Tunjukan Gestur Ketar-ketir

Rabu, 6 April 2022 19:55 WIB
Penulis: Agung Wicaksono | Editor: Juni Adi
Park Hang Seo, profesor di balik kebangkitan sepak bola Vietnam.

INDSPORT.COM - Terlihat pemandangan unik pasca drawing babak penyisihan grup SEA Games 2022 tadi. Pelatih Timnas U-23 Vietnam, Park Hang-seo memperlihatkan gestur 'menunduk'.

Pemandangan langka itu terlihat saat drawing grup cabang olahraga sepak bola SEA Games 2022 selesai dilakukan di sebuah hotel di Hanoi Vietnam, Rabu (06/04/22) siang tadi.

Baca Juga

Selain Park Hang-seo, terlihat dia ditemani oleh pelatih sepak bola putri Vietnam, Mai Duc Chung dalam acara undiang grup sepak bola putra dan putri SEA Games 2022 pertengahan tahun ini.

Selain itu, dalam acara tersebut juga banyak pejabat FA Vietnam dan negara Asia Tenggara yang hadir. Dari Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) diwakili oleh Presiden Federasi, Tran Quoc.

Acara drawing penyisihan grup ini merupakan serangkaian kegiatan penting sebelum SEA Games 2022 di Hanoi bergulir. Sesuai rencana pagelaran olahraga paling dinanti di Asia Tenggara ini akan berlangsung dari 12-23 Mei 2022 mendatang.

Kabarnya acara tersebut langsung disiarkan langsung oleh saluran televisi nasional Vietnam. Dua bintang sepak bola asal Vietnam menjadi tamu spesial pada acara ini. Mereka adalah Do Thi Ngoc Cham dan Pham Thanh Luong.

Baca Juga

Merka berdua merupakan representasi sepak bola Vietnam saat ini, Ngoc Cham merupakan wakil sepak bola dan futsal wanita sedangkan Thanh Luong merupakan representasi sepak bola dan futsal pria.

Acara drawing hari ini dibuka oleh pengundian cabang olahraga (cabor) putri yang dilakukan oleh sang legenda sepak bola putri Vietnam, Ngoc Cham yang terlihat begitu antusias selama proses pengundian.

Ngoc Cham bahkan tersenyum saat tahu Timnas Putri Vietnam satu grup dengan Filipina yang saat ini menjadi salah satu kekuatan sepak bola putri di Asia Tenggara.

Baca Juga

Secara keseluruhan tim putri Vietnam, berada di Grup A bersama Filipina, Kamboja, dan Indonesia. Sementara Grup B ditempati Thailand, Myanmar, Laos dan Singapura.

Drama kemudian berlanjut saat waktu pengundian grup sepak bola pria berlangsung, pelatih Timnas Vietnam U-23 asal Korea Selatan, Park Hang-seo hingga tak sadar memperlihatkan gestur tubuh tak tenang (menunduk).


1. Park Hang-seo Menunduk Lesu Tahu Satu Grup dengan Timnas Indonesia U-23

Shin Tae-yong dan Park Hang-seo pernah saling memuji.

Pemandangan tak biasa terlihat usai proses pengundian babak grup sepak bola putra selesai. Sebelumnya sejumlah tokoh sepak bola Vietnam yang datang begitu antusias saat drawing sepak bola putra dimulai.

Terlihat sebagaian besar tamu undangan yang hadir diam saat Tanh Luong memulai mengambil kertas yang berisikan 10 negara anggota AFF yang ikut berpartisipasi dalam ajang SEA Games 2022 ini.

Baca Juga

Seluruh tamu undangan dengan serempak bersorak ketika gelandang Hanoi FC ini menyebut Indonesia yang akan bergabung dengan Vietnam di Grup A. Banyak media lokal Vietnam mengatakan bahwa itu merupakan grup yang sulit.

Karena calon lawan mereka, Indonesia saat ini digadang-gadang sebagai negara paling berpotensi di SEA Games tahun ini. Grup A sendiri berisikan Vietnam, Indonesia, Myanmar, Filipina dan Timor Leste.

Menurut laporan Bongda Plus, terdapat beberapa foto yang memperlihatkan Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo mendundukan kepalanya dan terlihat risau begitu nama Indonesia disebut.

Dalam foto lain, gestur tubuh pelatih asal Korea Selatan itu jadi tak tenang, sembari mencatat di buku yang dia bawa. Media Vietnam tersebut juga sempat menggambarkan tingkah sang pelatih saat itu.

Baca Juga

"Cara dia mengetuk meja (memainkan pulpen), menyilangkan tangan dan memegang kepala. Itu sudah cukup untuk menggambarkan betapa risaunya pelatih asal Korea itu," ucap Bongda Plus.

Hal itu cukup beralasan, sebab mayoritas pemain Timnas Indonesia U-23 merupakan alumni Piala AFF lalu yang berhasil memberikan perlawanan sengit ke Vietnam. Padahal saat itu mereka datang dengan skuad terbaik.

Legenda sepak bola Vietnam, Thanh Luong, juga mengatakan bahwa Timnas U-23 merupakan lawan berat. Indonesia dia anggap dapat mengejutkan asa tuan rumah mengangkat gelar di rumahnya sendiri.

Baca Juga

"Thailand tetap jadi rival utama kami, berikutnya tentu Indonesia. Sejauh ini mereka memeperlihatkan perkembangan yang signifikan, khususnya di Timnas U-23 mereka," ungkap Luong dikutip dari Bongda Plus.

"Bermain dihadapan pendukung memang memberikan motivasi yang tinggi kepada pemain. Namun, pemain muda justru sering kehilangan fokus dan tertekan saat mendapatkan tekanan dari suporter," pungkasnya.


2. Park Hang-seo Mundur dari Timnas Vietnam U-23 Usai SEA Games

Pelatih Timnas Vietnam U-22, Park Hang-seo di Piala AFF U-22 2019.

Kabar mengejutkan datang dari timnas Vietnam, setelah juru taktik asal Korea Selatan yakni Park Hang-seo memutuskan mundur dari kursi pelatih skuat U-23.

Park Hang-seo sebenarnya baru saja menandatangani perpanjangan kontrak pada 13 November 2021 lalu. Kontraknya yang habis pada 1 Februari 2022 diperpanjang hingga 31 Januari 2023.

Akan tetapi, Park Hang-seo memilih untuk lebih fokus menukangi timnas Vietnam senior dan mundur dari tim U-23. Meski begitu, ia tetap akan mendampingi tim di ajang SEA Games 2022 mendatang.

Setelah ajang olahraga terbesar di ASEAN tersebut selesai, barulah Asosiasi Sepak Bola Vietnam (VFF) akan mencari pelatih kepala baru.

"Park Hang Seo hanya memimpin Vietnam U23 hingga akhir SEA Games 31 (diselenggarakan Mei 2022) dan menyerahkan posisi pelatih kepala kepada pelatih lainnya," tulis laporan dari thethao247.

Sementara itu, Park Hang-seo saat ini masih fokus mempersiapkan tim senior untuk menghadapi babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Baca selengkapnya: Mengejutkan! Park Hang-seo Mundur dari Kursi Pelatih Kepala Timnas Vietnam U-23

SEA GamesMalaysiaVietnamThailandTimnas Indonesia U-23Timnas IndonesiaBola InternasionalTimnas ThailandPark Hang SeoSEA Games 2021

Berita Terkini