x

3 Cedera Terhoror dalam Sejarah Sepak Bola, Ada yang Tulangnya Kelihatan sampai Hampir Diamputasi!

Kamis, 7 April 2022 22:06 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Melihat kembali tiga cedera terhoror dalam sejarah sepak bola, di mana ada yang tulangnya kelihatan dan ada yang hampir diamputasi.

INDOSPORT.COM – Melihat kembali tiga cedera terhoror dalam sejarah sepak bola, di mana ada yang tulangnya kelihatan dan ada yang hampir diamputasi.

Cedera menjadi salah satu hal yang ditakuti pelaku olahraga atau atlet, terutama di sepak bola. Banyak kasus cedera terkadang membuat karier seorang pemain harus berakhir.

Baca Juga

Cedera dalam sepak bola ini bisa didapatkan dari berbagai faktor. Salah porsi latihan, salah tumpuan, ataupun tekel lawan menjadi contoh-contoh penyebab terjadinya cedera di kalangan pesepak bola.

Namun di dunia sepak bola, cedera awam terjadi karena adanya tekel lawan. Memang sepak bola identik kontak fisik antar pemainnya.

Maka tak mengherankan kasus patah kaki atau ACL kerap terjadi di sepak bola sehingga membuat pemain harus absen lama atau bahkan menutup karier.

Baca Juga

Kasus Ronaldo Nazario mungkin bisa menjadi contoh betapa hebatnya pengaruh cedera bisa merusak karier sepak bolanya.

Masih banyak contoh lain mengenai cedera yang bisa merenggut karier seseorang. Ayah Erling Haalad, Alf Inge Haaland, juga tutup karier karena cedera parah.

Berbicara mengenai cedera parah, membandingkan cedera Alf Inge Haaland yang dibuat Roy Keane sehingga menutup kariernya seakan belum bisa disebut cedera parah.

Baca Juga

Apalagi jika melihat deretan cedera horor berikut ini yang benar-benar bikin yang melihat bergidik ngilu dibuatnya.


1. 1. Cedera Ewald Lienen

Ewald Lienen saat berseragam Arminia Bielfeld

Ewald Lienen merupakan pesepak bola asal Jerman yang malang melintang di klub Bundesliga. Tercatat ia pernah membela Arminia Bielefeld dan juga Borussia Monchengladbach.

Dalam perjalanan kariernya sebagai pesepak bola, Ewald Lienen pernah merasakan cedera horor yang membuatnya berguling-guling kesakitan.

Baca Juga

Cedera horor itu ia dapatkan pada 14 Agustus 1981, kala Ewald Lienen dan Arminia Bielefeld menjalani partai kedua Bundesliga melawan Werder Bremen.

Dalam laga itu, pertandingan berlangsung menarik. Hanya saja di menit ke-20 terjadi pelanggaran brutal yang dilakukan bek Werder Bremen, Norbert Siegmann kepada Ewald Lienen.

Pelangagran itu dialkukan Siegmann dengan menerjang paha Ewald Lienen dengan dua kaki untuk mencegahnya keluar dari pengawalan.

Baca Juga

Tak disangka, tekel brutal itu membuat Ewald Liened mengalami cedera horor, di mana kulit pahanya robek sekitar 25 cm.

Robekan itu bahkan membuat tulang paha dari Ewald Lienen terlihat. Beruntung cedera itu bisa disembuhkan dan dirinya hanya butuh absen 20 hari sebelum akhirnya bermain lagi.


2. 2. Cedera Luc Nilis

Ilustrasi para pemain yang pernah patah kaki.

Luc Nilis merupakan penyerang kenamaan asal Belgia dan merupakan idola dari bomber legendaris asal Brasil, Ronaldo Nazario.

Dalam kariernya, Luc Nilis malang melintang di sepak bola Eropa, di mana ia pernah membela Anderlecht, PSV Eindhoven dan Aston Villa.

Baca Juga

Di klub terakhirnya atau Aston Villa itu, Luc Nilis pernah mengalami kejadian tak mengenakkan yang membuat karier sepak bolanya harus berakhir cepat.

Luc Nilis mengalami cedera horor saat dirinya membela Aston Villa dalam laga melawan Ipswich Town di awal kampanye Liga Inggris musim 2000/01.

Dalam laga itu, Luc Nilis bertabrakan dengan kiper Ipswich, Richard Wright, yang kemudian membuatnya mengalami cedera patah kaki yang sangat fatal.

Baca Juga

Cedera itu bahkan hampir membuat Luc Nilis diamputasi karena efek patah kaki tersebut. Dalam laporan BBC, disebutkan ia sempat takut tak bisa berjalan lagi.

“Itu (cedera patah kaki) adalah momen buruk dalam hidup saya saat mereka berkata bahwa saya kemungkinan kehilangan sebagian kaki saya, itu menghantui saya selamanya,” ujar Luc Nilis yang kemudian memutuskan pensiun pasca cedera itu.


3. 3. Cedera David Busst

Ilustrasi para pemain yang pernah patah kaki.

David Busst adalah pesepak bola kenamaan Inggris yang bermain sebagai bek tengah. Dalam kariernya, dia pernah mentas di Liga Inggris bareng Coventry City.

Saat itu, David Busst membela Coventry City sejak tahun 1992 hingga 1996, di mana ia membuat lebih dari 50 penampilan bagi tim berjuluk Sky Blues itu.

Baca Juga

Pada tahun 1996, David Busst tak menyangka bisa mendapat cedera yang bakal menghancurkan kariernya sebagai pemain sepak bola.

Saat itu, cederanya didapat kala melawan Manchester United dalam lanjutan Liga Inggris pada tanggal 8 April tahun 1996.

Di lag aitu, David Busst yang menjadi bek tengah, ditabrakn oleh dua pemain Man United, yakni Dennis Irwin dan Brian McLair.

Baca Juga

Tabrakan yang ia terima itu lantas membuat kaki David Busst patah, tepatnya di bagian tulang kering dan tulang betisnya.

Sesaat setelah kejadian itu, laga sempat ditunda karena lapangan penuh dengan darah bekas cedera David Busst yang kemudian absen panjang selama kurang lebih 12 tahun sebelum kembali bermain di tim amatir bernama Highland United di kasta ke-12 Inggris.

Manchester UnitedRoy KeaneRonaldoCederaBola InternasionalSepak Bola

Berita Terkini