x

Bedah Formasi Manchester United Jika Erik ten Hag Daratkan 3 Bintang Liga Inggris Idamannya

Jumat, 8 April 2022 19:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Erik ten Hag, Pelatih Ajax Amsterdam (REUTERS/Murad Sezer/File Photo)

INDOSPORT.COM – Erik ten Hag selangkah lagi jadi pelatih baru Manchester United. Seperti apa formasi MU jika ten Hag sukses daratkan 3 pemain Liga Inggris yang jadi idamannya?

Upaya Manchester United mendatangkan juru taktik baru untuk musim depan tampaknya bakal segera mendekati akhir. Sosok yang diyakini bakal menggantikan Ralf Rangnick itu adalah Erik ten Hag.

Baca Juga

Dilansir Daily Mail, MU kini tinggal selangkah lagi meresmikan kedatangan ten Hag, dengan Setan Merah tengah menegosiasikan biaya kompensasi yang harus dibayarkan demi memboyong pria Belanda itu.

Ten Hag memang menunjukkan kinerja apik bersama Ajax. Berbekal permainan atraktif, klub asal Amsterdam itu dibawanya 2 kali meraih gelar ganda Eredivisie dan KNVB Cup pada 2018/2019 dan 2020/2021.

Kedatangan Ten Hag pun diharapkan bisa mengembalikan gaya permainan atraktif di kubu MU sekaligus membawa mereka menjadi pesaing juara.

Baca Juga

Di sisi lain, makin dekatnya kedatangan ten Hag membuat MU makin santer dikaitkan dengan sejumlah bintang yang diyakini akan diboyong sang manajer baru.

Dari Ajax, ada 2 nama yang disebut akan menyusul kepindahan sang pelatih yakni Antony dan Jurrian Timber.

Di luar itu, Daily Mail menyebut ten Hag juga membidik 3 pemain yang saat ini bermain di Liga Inggris yakni Harry Kane (Tottenham), Declan Rice (West Ham) dan John McGinn (Aston Villa).

Baca Juga

Manajemen MU pun diklaim sudah menyiapkan dana untuk mendatangkan ketiga pemain idaman ten Hag tersebut, termasuk dengan menjual sejumlah pemain minim kontribusi dan melepas sejumlah pemain yang habis kontrak.

Meski demikian, mendatangkan ketiga pemain itu diyakini bukan tugas mudah dan memiliki kesulitan tersendiri.  


1. Maguire Terbuang

Harry Maguire berusaha merebut bola dari Che Adams pada laga di Old Trafford Minggu (13/02/22). FOTO: REUTERS/Russell Cheyne

Dalam hal Harry Kane, Tottenham diketahui memasang banderol 100 juta pounds untuk mendatangkannya. Di sisi lain, belum diketahui apakah Kane ingin pergi setelah performa tim kini membaik di era Antonio Conte.

Terkait Declan Rice, sang gelandang diketahui ingin pergi demi tampil di Liga Champions dengan West Ham memasang banderol 150 juta pounds. Namun, rencana ini bisa gagal jika MU gagal finis di 4 besar.

Baca Juga

Sementara itu, John McGinn menjadi transfer yang memiliki kemungkinan terwujud paling besar di antara ketiga nama ini.

Pemain Aston Villa ini menjadi pilihan ten Hag setelah upaya mendatangkan Kalvin Phillips dinilai sulit diwujudkan.

Lantas, bakal seperti apa formasi Manchester United musim depan jika Erik ten Hag berhasil mendapatkan para pemain idamannya itu? Berikut ulasannya:

Baca Juga

Lini Belakang

Bersama Erik ten Hag, Manchester United diyakini akan mengandalkan skema 4-2-3-1, yang musim ini sudah kerap digunakan MU dan sisi lain juga menjadi andalan ten Hag bersama Ajax.

Di sektor kiper, David de Gea yang tampil tangguh sepanjang musim ini diyakini akan tetap jadi andalan, mengungguli Dean Henderson.

Maju ke barisan 4 bek sejajar, Diogo Dalot dan Luke Shaw yang jadi andalan Rangnick belakangan ini akan tetap jadi pilihan seiring kemampuan mereka yang bagus dalam membantu serangan.

Baca Juga

Di sektor bek tengah, Raphael Varane dan Harry Maguire juga berpotensi untuk terus menjadi andalan. Namun, perubahan berpeluang terjadi jika ten Hag sukses membawa Jurrian Timber dari Ajax.

Pemain 20 tahun asal Belanda itu bisa menjadi pilihan baru di lini belakang untuk mendampingi Varane, menggantikan Maguire yang menunjukkan performa buruk. Musim ini, Timber memuncaki rataan tekel dan berada di posisi kedua dalam rataan blok di tubuh Ajax.

 

2. Revolusi di Tengah dan Depan

Eksekusi penalti Harry Kane di laga Manchester United vs Tottenham Hotspur (13/03/22). (Foto: REUTERS/Phil Noble)

Di lini tengah, perubahan besar akan terjadi di sektor double pivot jika Manchester United sukses memboyong duo gelandang Liga Inggris, Declan Rice dan John McGinn.

Keduanya bisa membentuk duet baru di sektor tersebut, seiring potensi kepergian Paul Pogba dan buruknya kinerja Scott McTominay dan Fred, meski nama terakhir mulai membaik di era Rangnick.

Baca Juga

Rice akan lebih banyak berperan untuk merusak serangan lawan dan melapis pertahanan, sementara McGinn akan bergerak lebih bebas untuk membantu mengalirkan bola ke depan lewat kemampuan dribel dan umpan panjangnya.

Di sektor gelandang serang, Bruno Fernandes yang jadi andalan dalam beberapa musim terakhir akan terus mempertahankan tempatnya.

Apalagi, bintang asal Portugal ini baru saja memperpanjang kontraknya dan kini menjadi salah satu pemain dengan gaji termahal di klub.

Baca Juga

Di sayap kiri, Jadon Sancho yang menunjukkan perbaikan performa di era kepelatihan Ralf Rangnick pantas untuk membali diberi kepercayaan mengisi pos tersebut.  Sancho tercatat mencetak 1 gol dan 3 assist dalam 5 pertandingan terakhir di Liga Inggris.

Di sisi seberang lapangan, jika Erik ten Hag sukses membawa serta Antony dari Ajax maka pemain Brasil itu layak jadi pilihan. Pemain Brasil itu tampil istimewa musim ini dengan 12 gol dan 10 assist dari 3 laga. Jika gagal, maka wonderkid Anthony Elanga layak diberi kesempatan.

Potensi kepergian Cristiano Ronaldo dan Edinson Cavani membuat Harry Kane akan menjadi sosok yang tepat untuk mengisi pos penyerang tengah, berbekal ketajaman yang ia tunjukkan bersama Tottenham dan Timnas Inggris.

Baca Juga

Tak hanya menjadi penuntas serangan, keberadaan Kane yang piawai membuka ruang dan memberikan umpan juga akan memaksimalkan keberadaan sayap-sayap tajam seperti Sancho dan Antony.

Manchester United XI (4-2-3-1): de Gea; Dalot, Timber, Varane, Shaw; Rice, McGinn; Antony, Fernandes, Sancho; Kane.

Manchester UnitedAjax AmsterdamHarry KaneLiga InggrisDeclan RiceBerita Liga InggrisJohn McGinnErik ten Hag

Berita Terkini