x

Bursa Transfer: Latih Manchester United, Erik ten Hag Minta Dihadiahi 'Pemain Terlarang'

Jumat, 8 April 2022 17:35 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Yosef Bayu Anangga
Kalvin Phillips dari Leeds United dikabarkan menjadi salah satu target pertama Erik ten Hag jika menjadi manajer Manchester United di bursa transfer nanti. Foto: Reuters-Paul Childs

INDOSPORT.COM - Erik ten Hag tampaknya hanya tinggal menunggu waktu saja sampai namanya resmi diumumkan sebagai manajer baru Manchester United.

Demi melancarkan tugasnya, juru taktik asal Belanda tersebut jelas butuh amunisi baru dari bursa transfer musim panas nanti dan Kalvin Phillips adalah pilihannya.

Baca Juga

Lini tengah memang adalah salah satu lini yang ditambal oleh Erik Ten Hag mengingat saat ini opsi gelandang di Manchester United tak begitu lengkap.

Terutama gelandang dengan tipe penghancur alias pemutus serangan lawan dan tidak takut melakukan duel-duel fisik.

Memang masih ada Nemanja Matic namun pemain veteran asal Serbia itu sudah terlalu tua saat ini. Di umur 33 tahun, eks Chelsea tersebut hanya ditugaskan sebagai pelapis sekaligus mentor di luar lapangan.

Baca Juga

Sementara itu Scott McTominay dan Fred tidak bisa dijadikan gelandang bertahan murni. Keduanya lebih pas jika dimainkan sebagai 'nomor 8' alih-alih 'nomor 6'.

Maka dari itu Kalvin Phillips kemudian dimasukkan dalam daftar belanja musim depan. Ia adalah salah satu gelandang bertahan terbaik di Liga Inggris saat ini.

Tanpanya, Leeds United tidak akan bisa bertahan di kasta teratas usai menyandang status tim promosi pada 2020/2021 lalu.

Baca Juga

Phillips memang tidak dianugerahi tubuh tinggi besar namun ia punya determinasi yang membuat kekurangannya bisa tertutupi. 

Ditambah lagi visi bermain dan tekhniknya juga apik. Atribut yang mana kemudian membuat Phillips rutin dipanggil ke timnas Inggris dalam dua tahun terakhir dan bahkan tampil di final EURO 2020 lalu.


1. Terhalang Rivalitas

Manchester United vs Leeds United di Liga Inggris.

Hanya saja ambisi Erik ten Hag dan Manchester United untuk mendapatkan tanda tangan Kalvin Phillips dipastikan tidak akan mudah. 

Meski ketertarikan tersebut memang benar adanya sepertinya yang dilaporkan oleh Samuel Luckhurst dari Manchester Evening News, namun faktor rivalitas Manchester United dan Leeds United bisa jadi penghalang.

Baca Juga

Kedua tim terlibat dalam adu gengsi paling sengit di sepak bola Inggris sehingga perpindahan pemain di antara mereka dipastikan selalu ada kontroversi. 

Sejauh ini hanya ada enam pemain yang pernah menyebrang langsung dari Elland Road menuju Old Trafford dan fenomena yang sama belum terulang lagi sejak 2004.

Keenam pemain tersebut adalah Joe Jordan, Gordon McQueen, Arthur Graham, Eric Cantona, Rio Ferdinand, dan Alan Smith.

Baca Juga

Phillips diprediksi akan sangat sulit untuk dirayu untuk berkhianat oleh Manchester United karena ia adalah pemain yang di hatinya sudah terpatri Leeds United.

Pria 26 tahun itu lahir dan besar di Leeds dan juga sejak di akademi juga sudah dididik oleh The Whites sehingga rasanya sangat sulit melihat dirinya membelot.

Jika untuk hanya sekedar hengkang, Phillips memang masih mungkin karena sejauh ini banyak tim yang merasa tertarik padanya seperti Liverpol, Aston Villa, dan juga West Ham United.

Baca Juga

Akan tetapi jika untuk Manchester United sepertinya itu masalah lain. Leeds United pun juga akan enggan melepas salah satu bintangnya ke rival terberat mereka.

Jika mengacu pada situs Transfermarkt, Kalvin Phillips dibanderol dengan harga 50 juta Euro pada bursa transfer nanti.

 

2. Man United Dekati Direktur Olahraga Baru nan Jenius

Pelatih interim Manchester United, Ralf Rangnick.

Mendatangkan manajer baru dalam sosok Erik ten Hag rupanya bukan satu-satunya perubahan yang dicanangkan oleh Manchester United pada musim 2022/2023 mendatang.

Rencananya mereka akan menambah staf anyar untuk mengisi slot di divisi pencarian bakat dan transfer dan diyakini Paul Mitchell adalah orang yang Manchester United buru dalam usaha kembali mendominasi Liga Inggris.

Nama Mitchell mungkin masih terdengar asing namun sebenarnya ia adalah salah satu aktor sepak bola di balik layar terbaik dalam satu dekade terakhir.

Kiprah Micthell dimulai dari menjadi scout untuk Milton Keynes Dons (2009-2012) di kasta ketiga Liga Inggris dengan prestasi terbaik mendatangkan Alan Smith yang saat itu masih sanggup permain di Premier League.

Setelahnya Southampton di Championship menjadi tempatnya bernaung namun Mitchell kali ini punya jabatan yang lebih tinggi sebagai kepala pemandu bakat.

Baca selengkapnya: Ringankan Beban Ten Hag dan Rangnick, Man United Siap Rekrut Sosok Jenius Bidang Transfer Ini

Bursa TransferManchester UnitedLeeds UnitedBerita Bursa TransferErik ten HagKalvin Phillips

Berita Terkini