x

Samai Rekor Eduard Ivakdalam, Fadil Sausu dan Deretan Kapten Juara Liga 1

Sabtu, 9 April 2022 14:30 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Selebrasi Fadil Sausu usai mencetak gol ke gawang Perseru Badak Lampung FC dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (22/10/19). Foto : Nofik Lukman Hakim

INDOSPORT.COM - Samai rekor Eduard Ivakdalam, Fadil Sausu dua kali membawa timnya juara Liga 1 sebagai seorang kapten.

Berikut adalah daftar kapten tim yang berhasil membawa timnya menjuarai Liga Indonesia, sejak era Ligina 1994/95 hingga kompetisi terakhir, yaitu BRI Liga 1 2021-22.

Baca Juga

Kapten adalah jabatan yang penting dalam tim sepak bola. Ia adalah sosok yang harus didengarkan dan dipercaya setiap pemain saat sudah turun ke dalam lapangan hijau.

Peran kapten pula yang membuka jalan bagi setiap klub, hingga bisa mencapai prestasi tertinggi, yaitu menjuarai Liga Indonesia.

Lantas, siapa saja kapten yang berhasil membawa timnya juara Liga Indonesia? Berikut ulasan INDOSPORT.COM untuk Anda.

Baca Juga

Robby Darwis membawa Persib Bandung juara Ligina 1994-95. Masih dari Jawa Barat, Adjat Sudrajat menjadi kapten yang sukses membawa Bandung Raya juara di 1995-96.

Selanjutnya, kapten Aji Santoso melanjutkan estafet itu, membawa Persebaya Surabaya juara 1996-97. Tahta itu direbut oleh kapten PSIS Semarang, Ali Sunan di tahun 1998-99.

Pemain asing Carlos de Mello mengawali kiprah kapten asing yang membawa timnya, PSM Makasar juara Liga Indonesia 1999-00.

Baca Juga

Kemudian, ada Budiman Yunus yang lekat dengan Persija Jakarta, membawa timnya juara di tahun 2001, dilanjutkan oleh sosok Khusairi dari Petrokimia Putra, tahun 2002.

Harianto berhasil membawa Persik Kediri juara Liga Indonesia 2003, lalu kemudian Bejo Sugiantoro menjadi kapten beringas Persebaya Surabaya di tahun 2004 silam.


1. Dominasi Persipura: Ivakdalam dan Boaz Solossa

Legenda hidup Persipura, Eduard Ivakdalam.

Memasuki Liga Indonesia 2005, dominasi Persipura Jayapura tak terelakkan lagi. Ada kapten Eduard Ivakdalam yang menjadi key player Mutiara Hitam hingga menjadi juara.

Tahun 2006 memang menjadi musim Persik Kediri lagi. Masih sama, Harianto pula yang menjabat ban kapten Skuat Macan Putih.

Baca Juga

Ketika Sriwijaya FC juara Liga Indonesia 2007-08, kapten yang memimpin mereka adalah pemain asing Brasil, Renato Elias.

Selanjutnya, Eduard Ivakdalam kembali membawa Persipura Jayapura menjuarai kompetisi Liga Super Indonesia 2008-09.

Pemain asing Pierre Njanka berkontribusi besar saat membawa Arema Indonesia menjuarai Liga Super Indonesia 2009-10.

Baca Juga

Gelar kembali berlabuh ke Persipura, tapi kini giliran Boaz Solossa yang menjabat ban kapten saat Liga Super Indonesia 2010-11.

Sriwijaya FC tak mau kalah, kapten Ponaryo Astaman pun mengamankan gelar 2011-12. Musim berikutnya, Boaz Solossa kembali mempersembahkan trofi untuk Persipura.

Baca Juga

Kerja keras Firman Utina bersama Persib Bandung terbayar lunas dengan gelar juara Liga Indonesia 2014. Selanjutnya, diketahui ajang sepak bola Indonesia sempat vakum.

Memasuki Liga 1 2017, Indra Kahfi adalah sosok pemimpin yang mempersembahkan trofi untuk Bhayangkara FC, disusul Ismed Sofyan, ia membawa Persija Jakarta juara.


2. Rekor Terbaik Milik Fadil Sausu

Kapten Bali United, Fadil Sausu saat konferensi pers usai laga Bali United vs PSIS Semarang. Nofik Lukman Hakim

Bali United FC berhasil menjadi juara Liga 1 2019, kala itu kaptennya adalah Fadil Sausu. Sayangnya, Liga 1 2020 harus dibubarkan karena pandemi Covid-19 mulai merebak.

Bali United menjadi back to back Champion saat menjuarai Liga 1 2021-22. Menariknya, posisi kapten masih dipegang Fadil Sausu.

Dengan demikian, Fadil Sausu menyamai rekor Harianto, Eduard Ivakdalam, dan Boaz Solossa, sebagai kapten yang bisa dua kali mengantar timnya juara di Liga Indonesia.

Namun, hanya Fadil Sausu yang berhasil membawa timnya back to back champion atau juara dua kali berturut-turut, sedang para kapten Liga Indonesia lainnya memiliki jeda waktu.

Boaz SolossaPersipura JayapuraIn Depth SportsFadil SausuLegenda OlahragaBali UnitedEduard IvakdalamLiga IndonesiaBali United FCLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini