x

Liga Inggris: 4 Rekor Mencengangkan di Balik Hasil Imbang Manchester City vs Liverpool

Senin, 11 April 2022 11:55 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Laga bigmatch Liga Inggris antara Manchester City vs Liverpool berakhir imbang 2-2. Berikut 4 rekor mencengangkan yang tercipta usai laga tersebut. Foto: REUTERS/Phil Noble

INDOSPORT.COM – Laga bigmatch Liga Inggris antara Manchester City vs Liverpool berakhir imbang 2-2. Berikut 4 rekor mencengangkan yang tercipta usai laga tersebut.

Laga seru tersaji di pekan ke-32 Liga Inggris, Minggu (10/04/22) malam pukul 22.30 ketika Manchester City menjamu Liverpool.

Baca Juga

Seperti diketahui, kedua tim tengah bersaing ketat di papan atas klasemen sementara. Sebelum laga, City di puncak dengan 73 poin, sedangkan The Reds di posisi kedua dengan 72 poin.

Dengan situasi tersebut, jika bisa meraih kemenangan maka City akan menjauh dari kejaran Liverpool. Di sisi lain, jika The Reds yang menang maka mereka akan naik ke puncak menggusur The Citizens.

Menghadapi laga ini, Pep Guardiola membuat kejutan dengan menurunkan Gabriel Jesus di winger kanan mendampingi Raheem Sterling dan Phil Foden.

Baca Juga

Sementara itu, Jurgen Klopp memarkir Luis Diaz dan memilih trio Mohamed Salah, Diogo Jota, dan Sadio Mane untuk mengisi lini depan.

Baru lima menit laga berjalan, Manchester City sudah berhasil unggul cepat lewat sepakan keras Kevin de Bruyne yang membentur kaki Joel Matip dan membuat Alisson terlambat bereaksi.

Meski demikian, Liverpool tak butuh waktu lama untuk membalas. Hanya 8 menit kemudian, The Reds sukses membalas lewat sepakan Diogo Jota, memanfaatkan umpan tarik Trent-Alexander Arnold.

Baca Juga

Kedua tim terus bertukar serangan. Namun, di menit ke-36 Manchester City-lah yang berhasil mencetak gol kedua mereka, kali ini lewat Gabriel Jesus.

Liverpool yang kembali tertinggal coba meningkatkan serangan, namun hingga babak pertama berakhir skor tetap 2-1 untuk keunggulan Manchester City.


1. Rekor Istimewa Trent Alexander-Arnold

Trent-Alexander Arnold kala membela Liverpool di Liga Primer Inggris. (Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images)

Tak sampai semenit babak kedua berjalan, gol kembali tercipta. Kali ini giliran Liverpool yang mencetak gol kedua mereka untuk menyamakan skor menjadi 2-2, lewat upaya Sadio Mane memanfaatkan umpan terobosan Mohamed Salah.

Skor imbang 2-2 jelas tak memuaskan kedua tim yang sama-sama membutuhkan kemenangan. Liverpool dan Manchester City pun makin meningkatkan serangan demi mencari gol ketiga.

Baca Juga

Sejumlah pergantian pemain pun tercipta. Di kubu City, Riyad Mahrez dan Jack Grealish menggantikan Sterling dan Jesus. Sementara itu Jurgen Klopp melakukan tiga perubahan dengan memasukkan Luis Diaz, Roberto Firmino, dan Naby Keita.

Namun, berbagai upaya kedua kubu pada akhirnya membuahkan gagal hasil. Hingga peluit panjang tercipta tak ada tambahan gol.  Laga pekan ke-32 Liga Inggris ini pun berakhir imbang 2-2 dan Manchester City tetap unggul 1 poin atas Liverpool di puncak klasemen.

Di sisi lain, sejumlah rekor mencengangkan tercipta di balik hasil imbang 2-2 antara City dan The Reds. Apa saja rekor tersebut? Berikut ulasannya:

Baca Juga

Raja Assist Liga Inggris

Trent Alexander-Arnold memang tak mencetak gol di laga ini. Namun, ia tetap berperan penting lewat assistnya kepada Diogo Jota untuk membawa Liverpool menyamakan skor menjadi 1-1.

Menerobos ke kotak penalti, sang bek kanan menerima umpan silang Andy Robertson dan meneruskannya kepada Jota yang kemudian menjebol gawang Ederson.

Torehan assist tersebut pun menghadirkan rekor mencengangkan bagi Trent Alexander-Arnold. Laman Opta menyebut itu menjadi assist ke-44 sang bek kanan sejak awal musim 2018/2019.

Baca Juga

Jumlah itu merupakan jumlah assist ­­­tertinggi yang dibuat seorang pemain di Liga Inggris sepanjang periode tersebut.

Istimewanya lagi, assist ke gawang Manchester City itu membuat Trent Alexander-Arnold kini tercatat sudah mencetak minimal 1 assist menghadapi seluruh 19 tim lain yang ada di kasta tertinggi Liga Inggris musim ini.

 

2. Jimat Anti Kalah

Diogo Jota 2.

Tak Terkalahkan

Diogo Jota dan Gabriel Jesus sama-sama berhasil mencetak gol di laga ini. Jota membawa Liverpool menyamakan skor menjadi 1-1 sebelum Jesus kembawa City kembali unggul 2-1.

Hasil akhir imbang 2-2 dan torehan masing-masing satu gol dari Jota dan Jesus itu pun menghadirkan rekor baru bagi kedua pemain.

Baca Juga

Baik Jota dan Jesus sama-sama mempertahankan catatan unik dengan tak pernah kalah di Liga Inggris setiap kali mereka mencetak gol.

Diogo Jota kini total sudah mencetak 40 gol di Liga Inggris yang tercipta dalam 33 laga. Dari jumlah itu, Jota mencatatkan 27 kemenangan dan 6 seri.

Sementara itu, Gabriel Jesus telah mencetak 53 gol di Liga Inggris yang tercipta dalam 45 laga. Dari jumlah itu, Jesus mencatatkan 42 kemenangan dan 3 seri.

Baca Juga

Pecahnya Kesaktian

Gol dari Kevin de Bruyne dan Gabriel Jesus yang dibalas Diogo Jota membuat laga tadi malam menjadi kali pertama Liverpool tertinggal lebih dulu di babak pertama Liga Inggris musim ini.

Menariknya, momen ini terjadi tepat satu tahun ketika Liverpool tertinggal lebih dulu di babak pertama pertandingan Liga Inggris, yakni ketika menghadapi Aston Villa pada 10 April 2021.

Meski demikian, berbeda dengan laga malam tadi di mana The Reds hanya bermain imbang 2-2 dengan City. Ketika melawan Aston Villa, Liverpool berhasil berbalik menang 2-1.

Baca Juga

Kegagalan Pertama

Laga melawan Liverpool pada kemarin malam menjadi pertama kalinya Manchester City gagal menang meski mencetak gol lebih dulu di Liga Inggris musim ini.

Sebelumnya, The Citizens selalu memenangkan 22 laga lainnya ketika mereka berhasil mencetak gol lebih dulu.

LiverpoolManchester CityGabriel JesusLiga InggrisTrent Alexander-ArnoldTRIVIABerita Liga InggrisDiogo Jota

Berita Terkini