x

Dijual ke Leeds United Meski Sempat Diincar AC Milan, Greenwood Siap Balas Dendam

Selasa, 12 April 2022 07:45 WIB
Penulis: Agung Wicaksono | Editor: Yosef Bayu Anangga
Bekas wonderkid Arsenal, Sam Greenwood yang saat ini bermain untuk tim Liga Inggris, Leeds United sesumbar akan membuat mantan klubnya menyesal.

INDOSPORT.COM – Bekas wonderkid Arsenal, Sam Greenwood yang saat ini bermain untuk tim Liga Inggris, Leeds United sesumbar akan membuat mantan klubnya menyesal.

Kemarahannya sangat berdasar, sebab di Arsenal bakatnya telah disia-siakan beberapa tahun lalu, bahkan Greenwood belum sempat merasakan debut dengan tim utama The Gunners.

Baca Juga

Penyerang berusia 20 tahun ini memang sempat membela Arsenal U-18 tahun. Dia bermain di London selama dua tahun sebelum akhirnya dijual ke Leeds United pada pertengahan 2020.

Sebelum membela Arsenal, Greenwood merupakan pemain junior Sunderland. Baru kemudian di bulan Juli 2018, Tim berjuluk Meriam London menebus Greenwood untuk diproyeksikan ke tim junior.

Musim ini penampilan Sam Greenwood bersama Leeds sangat impresif, bahkan dia masih lebih baik dari bomber Arsenal saat ini, Alexandre Lacazette. Bersama Arsenal musim ini dia tampil buruk.

Baca Juga

Telah bermain sebanyak 25 pertandingan, Lacazette hanya mencetak empat gol dan menorehkan tujuh assist. Sementara itu, Greenwood telah membubuhkan delapan gol dan lima assist dari 17 pertandingannya bersama Leeds United U-23.

Perjuangan Sam Greenwood sepertinya akan segera berakhir, setelah dia berhasil menjadi pemain kunci di Leeds U-23. Di Premier League 2 pemain kelahiran 2002 ini telah berkembang cukup pesat.

Greenwood hanya tampil sekali di Liga Inggris bersama Leeds di bawah nahkoda Marcelo Bielsa. Namun di laga itu dia harus menerima kekalahan telak dari mantan klubnya, Arsenal.

Baca Juga

Kabar baiknya, setelah pergantian pelatih Leeds United, Greenwood sepertinya akan menjadi satu pemain junior Leeds yang tampaknya akan mendapat keuntungan dengan pergantian manajer di Elland Road.

Manajer baru Leeds United, Jasse Marsch tak sungkan membawa Sam Greenwood di pertandingan Liga Inggris. Sejauh ini, Greenwood telah bermain sebanyak tiga pertandingan dari bangku cadangan namun ia telah mengemas dua assist penting.


1. Sempat Masuk Radar 2 Raksasa Italia

Wonderkid Sunderland, Sam Greenwood.

Kesempatan yang diberikan pelatih anyar Leeds, tak disia-siakan oleh striker bertinggi 185 cm, dia berhasil jadi pemain pembeda walau bermain dari bangku cadangan.

Dua kemenangan terakhir Leeds, melawan Wolves dan Watford, Greenwood memberikan dua kontribusi dengan terlibat dalam proses gol yang dicetak Rodrigo Moreno dan Jack Harrison.

Baca Juga

Kini Sam Greenwood hanya perlu sabar, menunggu gol debutnya di Liga Inggris. Pasca pertandingan terakhir melawan Watford, Marsch mengungkapkan bahwa Greenwood berhasil tampil cair dan jadi pemain kunci di pertandingan tersebut.

Pelatih Leeds juga tak sungkan memberikan pendapatnya bahwa, pemain buangan Arsenal berusia 20 tahun itu akan menjadi pemain besar.

Ketika Greenwood ada di lini depan, Leeds terlihat lebih berbahaya, daripada Daniel James. Bagaimanapun eks Arsenal ini sudah bermain apik di dua pertandingan Leeds United. Bukan tidak mungkin, keberadaan Greenwood di Leeds akan jadi senjata makan tuan untuk The Gunners.

Baca Juga

Jauh sebelum akhirnya berkostum Leeds, Sam Greenwood pernah direbutkan dua klub raksasa Italia, Juventus dan AC Milan. Ketika itu, dia masih berusia sangat muda, 17 tahun dan berstatus sebagai wonderkid menjanjikan asal Inggris.

Menurut laman Football Italia, Juventus dan AC Milan hingga mengirimkan pencari bakatnya ke Stadion untuk melihat secara langsung penampilan penyerang 17 tahun asal Arsenal.

Kala itu, kedua pencari bakat Juventus dan AC Milan memiliki kesempatan melihat langsung kebolehan Greenwood saat dia membela Timnas Inggris dalam ajang Piala Eropa U-17 pada awal musim panas 2019.

Baca Juga

Namun sayangnya, The Three Lions saat itu tampil buruk di Piala Eropa U-17, mereka bahkan tak lolos fase grup. Akan tetapi, Greenwood mampuh tampil menjanjikan, dia mencetak tiga gol di ajang itu.

Sam Greenwood merupakan pemain serba bisa, posisi murninya adalah sayap kanan, namun dia bisa bermain baik sebagai penyerang tengah maupun sebagai penyerang bayangan.

 

2. Arsenal Tertarik Datangkan Permata Asal Uruguay, Darwin Nunez

Darwin Nunez, penyerang Benfica (Reuters/Matthew Childs)

Dua klub Liga Inggris, Manchester United dan Arsenal telah mendapat lampu hijau dari Benfica mengenai kemungkinan perpindahan salah satu pemainnya.

Penjajakan kedua klub telah menghasilkan sedikit bocoran mengenai persyaratan yang diajukan Benfica dalam klausul pelepasan bomber muda mereka Darwin Nunez.

Pemain berusia 22 tahun itu memang menjadi komoditi panas pada bursa transfer musim panas mendatang. Ada banyak peminat yang berusaha menggodanya keluar dari Stadion da Luz.

Setidaknya ada sejumlah klub top Eropa yang secara intens memantau kondisi terakhir striker berkebangsaan Uruguay.

Arsenal, Tottenham, Manchester United hingga Barcelona disebut menaruh minat. Kepastian biaya transfer Nunez telah diberikan ke Arsenal, Manchester United dan Tottenham setelah ketiga klub berhasil menemui Benfica untuk melakukan konsultasi.

Baca selengkapnya: Bursa Transfer: Wonderkid Uruguay Bikin Man United dan Arsenal Saling Baku Hantam

Bursa TransferArsenalAC MilanJuventusLeeds UnitedLiga InggrisBola Internasional

Berita Terkini