x

Bertemu Wakil PSSI, Shayne Pattynama Tersenyum saat Pegang Jersey Timnas Indonesia

Kamis, 14 April 2022 15:58 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Prio Hari Kristanto
Pemain keturunan Indonesia-Belanda, Shayne Pattynama, tampak semringah saat menerima hadiah jersey dari Exco PSSI, Hasani Abdulgani.

INDOSPORT.COM - Pemain keturunan Indonesia-Belanda, Shayne Pattynama tampak semringah saat menerima hadiah jersey dari Exco PSSI, Hasani Abdulgani.

Hal itu diketahui dari postingan Hasani Abdulgani di media sosial Instagram yang diunggah pada, Kamis (14/04/22). Dalam postingan tersebut, Hasani tampak berpose di samping Shayne Pattynama.

Baca Juga

Mereka berdua memegang jersey Timnas Indonesia yang ada di hadapannya. "Good dinner with Shayne Pattynama and his mom," tulis Hasani Abdulgani.

Sontak postingan itu langsung mendapat berbagai komentar dari para netizen.

Baca Juga

@demasibrahimi***: "Pattynama, wals, amat... Pro player in Indonesia national team"

@dangilhama***: "Good job pak"

@j.smitswill***: "Cool bet Pattynama"

@rusdianto_***: "Semangat pak sehat selalu, jika ada kesempatan bisa dicoba pak sebagai ketua PSSI"

Baca Juga

@walian_***: "Yesss Pattinama akhirnya ketemu sama pak Hasani"

Dalam slide foto selanjutnya, Hasani Abdulgani menunjukkan foto saat mereka makan malam bersama orang tua Shayne Pattynama. Agen pemain, Fardy Bachdim, juga ikut serta dalam momen tersebut.


1. Shayne Pattynama Calon Pemain Naturalisasi Indonesia

Pemain keturunan Indonesia Shayne Pattynama saat masih membela FC Utrecht (Belanda).

Shayne Pattynama memiliki darah Indonesia dari sang ayah yang berasal dari Maluku. Sedangkan sang ibu berasal dari Belanda. Sejak beberapa tahun yang lalu, Shayne Pattynama berhasrat membela Timnas Indonesia.

Baca Juga

Bak gayung bersambut, pada awal tahun ini PSSI mencoba mendekati Shayne Pattynama dan hasilnya positif. Diharapkan dalam waktu dekat, proses naturalisasi Shayne Pattynama dan dua pemain keturunan lain rampung.

Sebelumnya pada minggu lalu, Hasani Abdulgani terbang ke Belgia untuk menemui Sandy Walsh dan Jordi Amat. Keberadaan Hasani di sana ternyata tidak hanya untuk mengurus sejumlah dokumen pemain keturunan, tapi juga bersilaturahmi dengan keluarga ketiga pemain tersebut.

Baca Juga

Sementara itu, diketahui Pattynama merupakan salah satu dari tiga nama yang sedang dikebut oleh PSSI untuk dinaturalisasi. 

Saat ini, sejumlah dokumen kelengkapan tengah dikumpulkan Hasani demi mempercepat proses naturalisasi itu.

Jika proses naturalisasi berjalan lancar, diharapkan Timnas Indonesia bisa dapat tambahan amunisi di Kualifikasi Piala Asia 2023 yang akan digelar pada Juni 2022 mendatang.

Shayne Pattynama, Sandy Walsh dan Jordi Amat bakal jadi tambahan amunisi yang ampuh bagi Timnas Indonesia untuk menyongsong turnamen selanjutnya.


2. Tambahan Amunisi Timnas Indonesia

Bertemu Wakil PSSI, Shayne Pattynama Tersenyum Saat Pegang Jersey Timnas Indonesia

Anggota Komite Eksekutif PSSI, Hasani Abdulgani sempat bertemu dua pemain muda keturunan Indonesia-Belanda, Ivar Jenner dan Jim Croque. Keduanya dilaporkan bisa masuk proyeksi Piala Dunia U-20 2023.

Hasani bertemu kedua pemain tersebut pada tiga hari lalu di Belanda. Mereka juga berdiskusi dengan pihak keluarga masing-masing pemain. 

"Sudah ada tiga nama, saya mau lihat di Belanda. Kalau mereka sudah oke, saya akan kabari," kata Hasani ke INDOSPORT.

Jika Ivar dan Jim bersedia membela Timnas Indonesia, maka mereka tidak perlu jalani naturalisasi. Keduanya hanya perlu menyatakan kesediaan dan mengurus KTP WNI seperti halnya Elkan Baggott karena masih di bawah 21 tahun. 

Meski demikian, PSSI tidak serta merta menyatakan Ivar dan Jim bisa ikut Piala Dunia U-20 2023. Semua keputusan akhir berada di tangan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. 

Baca selengkapnya Exco PSSI Dekati 2 Pemain Belanda untuk Piala Dunia U-20, Iwan Bule Serahkan ke Shin Tae-yong

Hasani AbdulganiTimnas IndonesiaLiga IndonesiaShayne Pattynama

Berita Terkini