x

Mattias Svanberg: Direkomendasikan Ibrahimovic ke MU, Kini Calon Rekan Setim di AC Milan

Jumat, 15 April 2022 09:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
AC Milan membidik bintang Bologna asal Swedia, Mattias Svanberg, yang dulu pernah direkomendasikan Zlatan Ibrahimovic ke Manchester United. (MB Media/Getty Images)

INDOSPORT.COMAC Milan membidik bintang Swedia, Mattias Svanberg, yang dulu pernah direkomendasikan Zlatan Ibrahimovic ke Manchester United.

Seiring makin dekatnya akhir musim ini, AC Milan makin aktif berburu pemain anyar untuk diboyong di bursa transfer musim panas nanti.

Baca Juga

Seperti diketahui, Rossoneri memang punya sejumlah kebutuhan seiring bakal perginya beberapa pemain dan buruknya kinerja di sejumlah sektor.

Salah satu sektor yang menjadi prioritas Milan adalah gelandang tengah. Pasalnya, mereka bakal ditinggal Franck Kessie yang habis kontrak pada Juni 2022 nanti dan disebut merapat ke Barcelona.

Rossoneri sendiri sudah mengincar beberapa nama, dengan Renato Sanches menjadi yang paling santer disebut-sebut.

Baca Juga

Namun, belakangan manajemen tim Merah Hitam itu diklaim mulai ragu akibat kondisi Sanches yang dikenal kerap cedera dan mahalnya permintaan gaji sang pemain.

Rossoneri sejatinya masih memiliki Tomasso Pobega yang saat ini tampil apik sebagai pemain pinjaman di Torino, namun manajemen tetap memburu sejumlah alternatif.

Dilansir Sempre Milan, kini muncul nama baru dalam radar AC Milan yakni gelandang Bologna, Mattias Svanberg.

Baca Juga

Bintang 23 tahun asal Swedia itu memang tampil apik bersama Rossoblu. Musim ini saja, ia sudah mencetak 3 gol dan 2 assist dari 30 penampilan di semua kompetisi.

Svanberg bahkan tak tergantikan dengan hanya 1 kali absen dari 31 laga Liga Italia yang sudah dijalani Bologna, karena akumulasi kartu kuning.


1. Dari Malmo ke Liga Italia

Mattias Svanberg, pemain Bologna FC.

Lahir di Malmo 23 tahun lalu, Mattias Svanberg mengawali karier sepakbolanya bersama klub dari kota asalnya itu.

Tampil gemilang di tim junior, ia diberi kontrak magang dengan tim utama Malmo pada Juli 2015 yang dilanjutkan dengan kontrak profesional setahun kemudian.

Baca Juga

Sang gelandang muda pun kemudian menjalani debut di kasta tertinggi Liga Swedia dengan menghadapi Ostersunds, di mana ia masuk di menit ke-82 dan langsung mencetak assist untuk membantu timnya menang 4-1.

Pada 26 Oktober 2016, ia menjadi starter untuk pertama kali dan tampil gemilang dengan mencetak 1 gol dan 1 assist untuk membawa Malmo mengalahkan Falkenbergs dan menyegel gelar Liga Swedia.

Musim berikutnya, Svanberg tak tergusur dari tempat utama dan kembali membawa Malmo menjuarai liga domestik untuk 2 musim beruntun.

Baca Juga

Penampilan gemilangnya pun memikat Bologna yang kemudian memboyongnya pada bursa transfer musim panas 2018. Sang pemain diboyong dengan banderol hanya 5 juta euro dan kontrak 5 tahun.

Menjalani debut di Liga Italia dengan kekalahan 0-1 dari Genoa pada September 2018, Mattias Svanberg butuh beberapa waktu untuk beradaptasi.

Selain usai yang baru 19 tahun ketika itu, bermain bersama Bologna juga merupakan pengalaman pertama bermain di luar Swedia. Namun, perlahan-lahan sang gelandang muda menunjukkan kualitasnya.

Baca Juga

Ia mulai menjadi pemain utama musim lalu, di mana ia tampil 35 kali di semua kompetisi dan mencetak 5 gol serta 2 assist. Peran itu pun masih terus ia pertahankan hingga musim ini.

Berposisi natural sebagai gelandang tengah, Mattias Svanberg juga piawai menjadi gelandang bertahan. Ia dikenal memiliki sepakan jarah jauh yang mematikan, dan juga piawai melepaskan umpan terobosan.

 

2. Direkomendasikan Ibrahimovic ke MU, Bertemu di AC Milan

Zlatan Ibrahimovic dari AC Milan (REUTERS-Daniele Mascolo)

Santer dikaitkan dengan AC Milan, Mattias Svanberg sejatinya memiliki kedekatan khusus dengan salah satu bintang Rossoneri yakni Zlatan Ibrahimovic.

Tak hanya sama-sama berasal dari Swedia, keduanya juga sama-sama lahir di Malmo dan mengawali karier bersama klub asal kota kelahiran mereka itu.

Baca Juga

Sang bomber veteran pun rupanya turut mengamati perkembangan juniornya itu dan cukup menyukai perkembangan yang ditunjukkan Svanberg.

Zlatan bahkan diketahui sempat merekomendasikan nama Svanberg kepada manajemen Manchester United untuk diboyong, ketika ia masih membela Setan Merah.

Namun, pada akhirnya manajemen MU tidak memenuhi rekomendasi tersebut dan Svanberg pun bertahan di Malmo hingga akhirnya pindah ke Bologna.

Baca Juga

Kini, keduanya pun berpeluang bermain bersama di AC Milan musim depan, jika Rossoneri benar-benar serius membong Svanberg dan Ibrahimovic memperpanjang kontraknya yang habis 30 Juni 2022 nanti.

Mattias Svanberg sendiri dinilai menjadi opsi yang menarik untuk memperkuat lini depan AC Milan musim depan, dan memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan Renato Sanches.

Dalam hal finansial, Svanberg memiliki banderol 15-20 juta euro seiring kontraknya di Bologna yang hanya tersisa 1 tahun. Dalam hal gaji pun ia takkan terlalu membebani mengingat gajinya di Bologna hanya 500 ribu euro per tahun dan Rossoneri bahkan masih bisa menaikannya hingga 3-4 kali lipat.

Baca Juga

Dalam hal adaptasi, gelandang 23 tahun ini pun takkan butuh waktu lama untuk berdaptasi di San Siro karena sudah 3 musim bermain di Liga Italia.

Menarik ditunggu apakah AC Milan benar-benar akan mendatangkan Mattias Svanberg, dan dengan demikian mempertemukannya dengan Zlatan Ibrahimovic, setelah rencana itu gagal terwujud di Manchester United.

Bursa TransferManchester UnitedAC MilanZlatan IbrahimovicMalmo FFBolognaLiga ItaliaBerita Liga ItaliaBerita Bursa Transfer

Berita Terkini