x

Mulai Habis dan Terancam Dilepas, Ini 3 Calon Pengganti Ideal N’Golo Kante untuk Chelsea

Jumat, 15 April 2022 22:30 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berikut tiga pengganti ideal N’Golo Kante di Chelsea seiring mulai habisnya masa kejayaan dan kontrak yang ia miliki dalam waktu dekat. (Foto: Reuters/Peter Cziborra)

INDOSPORT.COM – Berikut tiga pengganti ideal N’Golo Kante di Chelsea seiring mulai habisnya masa kejayaan dan kontrak yang ia miliki dalam waktu dekat.

Chelsea tengah dihadapkan pada posisi sulit untuk menentukan masa depan salah satu bintang di tubuh timnya, yakni N’Golo Kante.

Baca Juga

Pemain berusia 31 tahun ini tengah menjadi sorotan seiring penampilannya yang mulai menurun sehingga merugikan Chelsea.

Penampilan menurun Kante terlihat di dua leg kontra Real Madrid, di mana ia membuat Chelsea gagal lolos akibat penampilan buruk dan blundernya.

Blunder paling fatal tercipta saat leg kedua, di mana dua gol Real Madrid berawal dari kesalahan Kante saat mengoper bola dan membaca arah bola.

Baca Juga

Dengan penampilannya yang menurun, Chelsea pun mulai kepikiran untuk mencari pengganti sepadan bagi bintangnya itu.

Apalagi Kante mulai mudah dibekap cedera belakangan ini. Belum lagi dengan situasi kontraknya yang bakal habis pada 2023 nanti.

Dengan segala kondisi tersebut, Chelsea tak punya pilihan lain untuk segera melegonya agar bisa mendapat uang dan langsung mencari penggantinya.

Baca Juga

Pencarian pemain untuk pengganti Kante pun sejatinya telah dipikirkan Chelsea jauh-jauh hari, mengingat The Blues telah mengidentifikasi beberapa gelandang yang bisa menggantikan perannya.

Namun dari sekian banyak calon yang ada, hanya ada tiga pengganti ideal N’Golo Kante untuk Chelsea. Siapa saja mereka?


1. 1. Conor Gallagher

Wonderkid Chelsea, Conor Gallagher kala menjalani pemusatan latihan bareng Timnas Inggris. (Foto: Reuters/Carl Recine)

Chelsea nampaknya tak perlu jauh-jauh melihat ke bursa transfer pemain untuk mencari pengganti Kante, mengingat masih ada nama Conor Gallagher.

Sama seperti Kante, Gallagher merupakan pemain bernomor 8 atau pemain Box to Box yang punya tugas ganda untuk menjelajah setiap lini permainan.

Baca Juga

Meski Gallagher jauh lebih ofensif ketimbang Kante, namun keduanya punya kemiripan dalam hal lain, terutama dalam bertahan.

Hal ini terlihat dari catatan keduanya dalam menekan lawan, di mana Gallagher mencetak 26,19 tekanan ke lawan per 90 menit dan Kante mencetak 20,09 tekanan ke lawan per 90 menit.

Baca Juga

Hanya saja, Gallagher masih butuh belajar mengenari cara membaca arah bola seperti Kante. Hal ini terlihat dari perbedaan rataan intersep per laga.

Kante unggul dengan jumlah 2,03 intersep per laga dan Gallagher hanya mencetak 1,47 intersep per laga.


2. 2. Aurelien Tchouameni

Gelandang AS Monaco Aurelien Tchouameni

Pemain lainnya yang mirip dengan gaya bermain N’Golo Kante adalah gelandang asal Prancis milik AS Monaco, Aurelien Tchouameni.

Tchouameni memang menjadi target Chelsea sejak lama untuk menjadi pengganti Kante yang menua dan kontraknya akan habis.

Kemiripan Tchouameni dan Kante terlihat dari gaya bermain. Hal ini terlihat dari statistik keduanya yang hampir mirip satu sama lain.

Baca Juga

Dalam hal memberikan tekanan ke lawan, Tchouameni hanya punya rataan 19,13 kali per 90 menit bila dibandingkan Kante dengan 20,09 tekanan per 90 menit.

Kemiripan lainnya terletak pada kemampuan keduanya membaca bola, yakni melakukan intersep, di mana Tchouameni melakukan rata-rata 3,17 kali intersep dan Kante mencetak 2,03 intersep.

Apalagi dalam hal sebagai Carriers atau pembawa bola dengan dribel, di mana Tchouameni mencetak 4,55 dribel ke depan per 90 menit dan Kante mencetak 6,38 dribel ke depan per 90 menit.

Baca Juga

Keunggulan Tchouameni hanya terletak dalam hal ofensif, di mana ia mencetak 1,56 tembakan per 90 menit berbanding 0,72 tembakan per 90 menit untuk Kante.

Meski punya kemiripan dan keunggulan, mendapatkan Tchouameni bukanlah perkara mudah bagi Chelsea, mengingat harganya yang mahal dan adanya persaingan dari Real Madrid.


3. 3. Yves Bissouma

Yves Bissouma berhasil melewati Raheem Sterling dan Bernardo Silva dalam laga Primer Inggris di American Express Community Stadium 12/05/19. Mike Hewitt/Getty Images

Dibanding Gallagher dan Tchouameni, mungkin Yves Bissouma menjadi opsi yang tak menarik bagi Chelsea untuk menjadi pengganti Kante.

Hanya saja, pemain berusia 25 tahun milik Brighton ini bisa dikatakan berpengalaman dalam mengisi pos yang akan ditinggalkan Kante.

Baca Juga

Bissouma memiliki rata-rata intersep sebanyak 2,51 kali per laga dengan 17 kali melakukan tekanan ke lawan per 90 menit.

Bissouma unggul dalam kemampuan mendistribusikan bola ketimbang Kante dengan rataan operan sukses mencapai 89,4 persen dari 48,80 operan per 90 menit.

Baca Juga

Satu hal yang menarik dari Bissouma adalah kemampuannya dalam mengolah dan menjaga bola. Terlebih lagi ia bermain di tim yang punya gaya permainan sama dengan Chelsea.

Dengan pengalamannya yang telah segudang di Liga Inggris, Bissouma akan menjadi pengganti ideal Kante bagi Chelsea. Terlebih, harganya jauh lebih murah ketimbang Tchouameni.

ChelseaAS MonacoBrighton & Hove AlbionN'Golo KanteSepak BolaYves BissoumaAurelien TchouameniConor Gallagher

Berita Terkini