x

3 Hal yang Perlu Diketahui tentang Kabar AC Milan Dilirik Investor Timur Tengah

Sabtu, 16 April 2022 21:03 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
klub Liga Italia, AC Milan, kabarnya dilirik investor asal Timur Tengah. Foto: REUTERS-Massimo Pinca.

INDOSPORT.COM - AC Milan belakangan jadi sorotan publik usai kabar adanya investor asal Timur Tengah yang melirik kepemilikan klub Liga Italia tersebut.

Untuk diketahui, AC Milan saat ini berada di bawah kepemilikan Elliott Management, yang mengambil alih klub dari tangan Li Yonghong yang gagal membayar utang pinjaman.

Baca Juga

Sebelumnya, Li Yonghong diketahui membeli AC Milan dari Mantan Perdana Menteri Italia, Silvio Berlusconi, pada pada tahun 2016.

Sontak saja, pengusaha sekaligus investor asal China tersebut langsung menarik perhatian publik karena berhasil menguasai salah satu klub papan atas Eropa di Liga Italia.

Namun sayang, akuisisi Li Yonghong terhadap AC Milan malah menyisakan masalah, yakni utang yang harus dibayar kepada Elliott Management.

Baca Juga

Untuk memiliki AC Milan, Li Yonghong kabarnya harus menggelontorkan dana fantastis sebesar 740 juta euro atau lebih dari Rp12 triliun dan membelinya dari Silvio Berlusconi.

Selain Elliott Management, ia kabarnya juga berutang ratusan juta euro dari pinjaman dana di luar negeri.

Sampai akhirnya, drama utang Li Yonghong berkesudahan usai Elliott Management dikukuhkan sebagai pemilik resmi AC Milan, dengan saham klub sebesar 99,93 persen pada 2018.

Baca Juga

Kendati menjadi penjamin, Elliott Management mampu mengubah AC Milan menjadi jauh lebih baik dengan mendatangkan sosok berpengalaman untuk menangani manajemen klub.

Lantas, apakah AC Milan akan menyusul klub-klub seperti Manchester City atau Newcastle United yang jadi milik para investor Timur Tengah?


1. Hal-Hal yang Perlu Diketahui tentang AC Milan Diminati Investor Timur Tengah

klub Liga Italia, AC Milan, kabarnya dilirik investor asal Timur Tengah. Foto: REUTERS-Massimo Pinca.

Nah, dirangkum dari berbagai sumber, berikut tiga hal yang perlu diketahui tentang kabar AC Milan dilirik oleh investor asal Timur Tengah. Apa saja?

Investor Asal Timur Tengah

Seperti diwartakan laman Gulfnews, pihak yang tertarik pada AC Milan adalah investor yang berbasis di Bahrain, Investcorp.

Baca Juga

Investcorp sendiri telah memperluas jangkauannya dari Amerika Serikat ke Asia dalam upayanya meningkatkan aset yang mereka kelola saat ini.

Sejak mengambil alih Investcorp pada tahun 2015, CEO asal Bahrain, Mohammed Alardhi, diketahui mulai mengucurkan dana investasi ke beberapa perusahaan demi meningkatkan aset berkali lipat.

Kemudian seperti diberitakan laman Bloomberg, Investcorp, yang salah satu pemegang sahamnya adalah Mubadala Investment Co. asal Abu Dhabi, kabarnya sedang berdiskusi dengan pihak Elliott Management.

Baca Juga

Pembicaraan tentang pengambilalihan itu pun menyinggung harga AC Milan yang bisa menyentuh angka 1 miliar euro, atau sekitar Rp15,5 triliun.

Tolak Komentar

Meski kabar tentang ketertarikan ini sudah telanjur tersebar luas, pihak-pihak yang terlibat seperti Investcorp, AC Milan, dan Elliott Management memih bungkam.

Akan tetapi, hal tersebut tidak menutup kemungkinan AC Milan akan jadi klub yang bisa saja dikucuri dana, mengingat lManagement beberapa kali berusaha menjual klub ini.

Baca Juga

Di sisi lain, Liga Italia bisa jadi lahan baru untuk bisnis para pengusaha asal Timur Tengah yang akan menanamkan modalnya di sepak bola.

Tentu patut dinanti bakal seperti apa perkembangan isu ini ke depannya. Apakah AC Milan bakal dimiliki oleh investor Timur Tengah?

 

2. Respons Paolo Maldini

Paolo Maldini memberi komentar terkait desas-desus AC Milan diminati investor Timur Tengah. Foto: Danilo di Giovanni/Soccrates/Getty Images.

Investcorp, AC Milan, dan Elliott Management sejatinya memang pihak-pihak yang terlibat langsung dengan isu ini.

Akan tetapi, bukan berarti orang-orang lain di luar itu tidak ikut terseret untuk dimintai komentar, termasuk Paolo Maldini.

Baca Juga

Hanya saja, legenda sekaligus mantan pemain Rossoneri tersebut juga memilih bungkam dan tidak ingin bicara aneh-aneh yang bukan ranahnya.

Terlebih, sebagai direktur teknis, ia tidak tahu banyak tentang desas-desus tersebut, tapi meyakini bahwa suatu hari nanti kepemilikian AC Milan pasti akan berpindah tangan.

“Saya tidak tahu banyak, tapi secara alamiah pasti ada pembelian AC Milan di masa yang akan datang,” ucap Paolo Maldini seperti diwartakan laman Football Italia.

Baca Juga

“Dan saya tidak tahu kapan hari itu akan datang,” ucapnya sambil mengindikasikan ketidaktahuannya lebih lanjut.

Alih-alih ikut pusing dengan kabar akuisisi AC Milan, Paolo Maldini lebih memilih fokus dengan misi tim sepak bola Rossoneri yang saat ini sedang berburu gelar scudetto Liga Italia.

Misi ini pula yang diyakininya sebagai konsentrasi utama tim, staf, dan tentunya para suporter setia Rossoneri di luar sana.

Baca Juga

“Dengan sisa laga yang tinggal sedikit musim ini, saya rasa fokus setiap orang adalah memenangkan gelar. Kami pun masih punya pertandingan semifinal Coppa Italia,” lanjutnya lagi.

AC Milan sendiri saat ini bertengger di posisi puncak klasemen sementara Liga Italia dengan 71 poin, dan dijadwalkan berjumpa Inter di leg kedua semifinal Coppa Italia pada 20 April mendatang.

AC MilanPaolo MaldiniLiga ItaliaBahrainAC Milan NewsBerita Liga Italia

Berita Terkini