x

Bedah Formasi Juventus dengan Kepulangan Antonio Conte dan Kehadiran Trio Tottenham

Senin, 18 April 2022 12:01 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Juventus didorong memecat Massimiliano Allegri dan memulangkan Antonio Conte. Seperti apa formasi mereka jika Conte datang membawa 3 andalannya di Tottenham. (Claudio Villa - Inter/Inter via Getty Images)

INDOSPORT.COM - Juventus didorong memecat Massimiliano Allegri dan memulangkan Antonio Conte. Seperti apa formasi mereka jika Conte datang membawa tiga andalannya di Tottenham.

Buruknya kinerja tim saat dibesut Andrea Pirlo musim lalu membuat Juventus mendepak sang legenda hidup dan memilih memulangkan mantan pelatih mereka, Massimiliano Allegri.

Baca Juga

Berbekal pengalaman menghadirkan lima scudetto Liga Italia secara beruntun, Allegri diharapkan bisa membangkitkan kembali Leonardo Bonucci dkk.

Meski demikian, performa Juventus masih tetap tak memuaskan. Di Liga Italia, mereka kini masih tertahan di posisi 4 di belakang AC Milan, Inter Milan, dan Napoli.

Terbaru, pada lanjutan Liga Italia akhir pekan lalu, Juventus hanya bisa bermain imbang 1-1 melawan Bologna, meski Bologna hanya bermain dengan 9 pemain.

Baca Juga

Juventus bahkan nyaris kalah andai Dusan Vlahovic tidak mencetak gol untuk menyamakan kedudukan di menit kelima babak perpanjangan waktu.

Akibatnya, kinerja Massimiliano Allegri mulai menuai sorotan. Salah satu pihak yang mendesak pemecatan Allegri adalah Lapo Elkan, sepupu presiden klub Andrea Agnelli, yang ia ungkapkan melalui akun Twitter-nya.

Hastag #allegriout pun mengemuka di media sosial. Dilansir Football Italia, sejumlah fans pun meminta agar Juventus memulangkan kembali Antonio Conte dari Tottenham.

Baca Juga

Sama seperti Allegri, Conte juga sukses menangani Juventus dengan menghadirkan 3 gelar juara Liga Italia. Selain itu, ia pun berstatus mantan pemain dan mantan kapten, serta memenangi 5 scudetto sebagai pemain Bianconeri.

Pria Italia itu juga dinilai piawai meningkatkan kualitas para pemain yang ada di skuat, seperti ketika membawa Inter Milan merebut scudetto Liga Italia musim lalu.


1. Duo Chelsea di Lini Belakang?

Antonio Rudiger, bek tengah Chelsea.

Antonio Conte sendiri saat ini tengah membesut Tottenham Hotspur. Namun, potensi kepergiannya dari London terbuka jika The Lilywhites gagal finis di 4 besar dan tidak lolos ke Liga Champions.

Di sisi lain, kepulangan Conte ke Turin pun berpeluang diikuti 3 anak buahnya di Tottenham. Pasalnya, memang ada sejumlah pemain Spurs yang sesuai dengan kebutuhan Juventus.

Baca Juga

Lantas, seperti apa perkiraan formasi Juventus musim depan jika sukses memulangkan Antonio Conte dari Tottenham? Berikut ulasannya:

Bersama Allegri musim ini, Juventus kerap memainkan pola 4-3-3. Namun, kedatangan Conte berpeluang menimbulkan perubahan dengan menggunakan pola 3 bek yang memang menjadi andalan Conte.

Seperti diketahu, bersama Tottenham musim ini Conte menggunakan pola 3-4-3 sedangkan ketika membesut Inter musim lalu pola 3-5-2 yang menjadi andalan.

Baca Juga

Di sektor kiper, Wojciech Szczesny diyakini akan tetap jadi andalan seperti selama beberapa musim terakhir, kecuali jika Juventus bisa mendatangkan nama baru seperti Kepa Arrizabalaga yang belakangan santer disebut-sebut.

Szczesny sendiri tampil cukup baik musim ini dengan 15 cleansheet dan kebobolan 35 kali dari 37 laga di semua kompetisi.

Di sektor bek tengah, 3 tempat yang tersedia akan diisi oleh 3 pemain yang memang menjadi andalan yakni Matthijs de Ligt, Leonardo Bonucci, dan Giorgio Chiellini.

Baca Juga

Namun dengan Chiellini yang musim depan akan berusia 38 tahun, ada pula potensi masuknya nama baru di lini belakang.

Juventus sendiri belakangan dikaitkan dengan sejumlah nama seperti Ronald Araujo (Barcelona), Caglar Soyuncu (Leicester), hingga Antonio Rudiger (Chelsea). Dari ketiganya, Rudiger jadi opsi terbaik berkat kualitasnya dan fakta ia sudah terbiasa bermain dengan skema 3 bek.

 

2. Trio Tottenham Padati Sisi Sayap

Bek kanan Tottenham Hotspur, Matt Doherty

Di lini tengah, potensi kepergian Juan Cuadrado yang kontraknya habis musim ini membuat Conte membutuhkan wing back kanan baru. Untuk ini, pria Italia itu bisa membawa serta Matt Doherty dari Tottenham.

Terbuang di Tottenham era Nuno Santo dan tak bisa mencetak 1 pun gol atau assist, Doherty bangkit di era Conte dan menorehkan 2 gol serta 4 assist sejak dilatih sang pria Italia.

Baca Juga

Di wing back kiri, buruknya kinerja Alex Sandro dan Luca Pellegrini membuka peluang Conte memboyong satu lagi pemain Tottenham yakni Sergio Reguilon.

Dengan kemampuan apiknya dalam membantu serangan, Reguilon bisa menjadi senjata baru Juventus di sisi kiri mereka yang musim ini terbilang melempem.

Sementara itu, pos dua gelandang tengah akan menjadi milik duo yang saat ini sudah membela Juventus yakni Denis Zakaria dan Manuel Locatelli.

Baca Juga

Zakaria akan lebih bertugas sebagai perusak serangan lawan dan melindungi lini belakang, sedangkan Locatelli berperan mengalirkan bola ke depan.

Di sayap kanan, untuk mengatasi kepergian Paulo Dybala, Antonio Conte bisa meminta Juventus memulangkan Dejan Kulusevski dari Tottenham. Dibuang oleh Allegri, Kulusevski bangkit bersama Conte di Tottenham dan sudah mencetak 3 gol dan 6 assist dari 14 penampilan.

Di sayap kiri, Federico Chiesa diharapkan sudah pulih dari cedera dan kembali ke performa terbaiknya. Musim ini, Chiesa sanggup mencetak 4 gol dan 4 assist dari 18 laga sebelum cedera.

Baca Juga

Kedua sayap tajam itu akan mendukung Dusan Vlahovic yang langsung nyetel sejak diboyong Januari lalu. Sejauh ini, Vlahovic sudah mencetak 7 gol dari 14 laga bersama Bianconeri.

Juventus XI (3-4-3): Szczesny/Kepa; de Ligt, Bonucci, Chiellini/Rudiger; Doherty, Locatelli, Zakaria, Reguilon; Kulusevski, Vlahovic, Chiesa.

JuventusTottenham HotspurAntonio ConteLiga ItaliaAntonio RudigerKepa ArrizabalagaBerita Liga ItaliaDejan KulusevskiSergio Reguilon

Berita Terkini