x

Setelah Rekrut Fitrul Dwi Rustapa, Persib Kembali Lepas Penjaga Gawangnya

Selasa, 19 April 2022 18:44 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
Penjaga gawang Persib Bandung, Aqil Savik, saat ditemui di salah satu hotel di Bandung, Senin (26/04/21).

INDOSPORT.COM - Persib Bandung belum berhenti melepas pemainnya, setalah berakhirnya kompetisi Liga 1 2021-2022, kali ini giliran Aqil Savik yang resmi berpisah dengan skuad Maung Bandung.

Pengumuman dilepasnya penjaga gawang jebolan Diklat Persib ini, diumumkan melalui akun media sosial tim, salah satunya melalui Instagram @persib, Selasa (19/04/22).

Baca Juga

Dalam postingannya, Persib mengucapkan terima kasih kepada Aqil Savik yang sudah menjadi bagian dari tim kebanggaan Bobotoh, selain itu skuat Maung Bandung tidak lupa mendoakan agar kiper berusia 23 tahun ini.

"Hatur nuhun @aqil_savik Memang waktunya terbang. Tapi jangan lupa membumi dan pulang," tulis Persib.

Sebagai informasi, Aqil Savik pertama kali promosi dari Diklat Persib ke tim senior pada tahun 2018. Sebelumnya, dia sempat memperkuat Persib U-19 yang berlaga di kompetisi Liga 1 2017.

Baca Juga

Saat itu, Persib dilatih oleh Mario Gomez, potensi yang dimiliki Aqil Savik membuatnya menarik perhatian pelatih dan akhirnya dipanggil untuk bergabung dengan tim senior.

Penjaga gawang berpostur 185 cm itu, memiliki pengalaman di Tim Nasional Indonesia. Berulang kali, Aqil mendapat panggilan dari Timnas U-19 untuk menjalani pemusatan latihan maupun mengikuti kejuaraan internasional. 

Pada kompetisi Liga 1 2021-2022, Aqil Savik tidak mendapatkan kesempatan bermain, lantaran harus bersaing dengan tiga penjaga gawang Persib lainnya, yakni Teja Paku Alam, I Made Wirawan dan Muhammad Natshir.

Baca Juga

Pada kompetisi Liga 1 2021-2022, Aqil Savik hanya masuk dalam daftar susunan pemain (DSP) pada sembilan pertandingan dan sejak pekan ke-23 hingga berakhirnya kompetisi dia menjalani pemulihan cedera.

Sehingga, penjaga gawang yang menggunakan nomor punggung 99 ini pulang lebih dulu ke Bandung, karena harus menjalani program pemulihan.
 


1. Kiper Ketiga yang Dilepas Persib

Mantan kiper Timnas U-19, Muhammad Aqil Savik.

Aqil Savik sendiri menjadi penjaga gawang ketiga yang dilepas oleh Persib, pasalnya sebelumnya skuat Maung Bandung sudah lebih dulu mengumumkan melepas Dhika Bayangkara dan Muhammad Natshir.

Menurut Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, durasi kontrak Dhika Bayangkara dengan tim Persib sudah habis setelah berakhirnya kompetisi Liga 1 2021-2022.

Baca Juga

Manajemen Persib menurut Teddy, sudah mengajukan untuk perpanjangan kontrak kepada Dhika Bayangkara, namun penjaga gawang berusia 30 tahun tersebut menolak untuk melanjutkan kerjasama dengan tim kebanggaan Bobotoh.

Pasalnya, Dhika Bayangkara, memilih untuk bergabung dengan klub lain, dengan harapan bisa mendapatkan kesempatan bermain.

Baca Juga

Muhammad Natshir juga memilih untuk tidak melanjutkan karirnya di Persib, padahal menurut Teddy penjaga gawang yang akrab disapa Deden tersebut masuk dalam daftar pemain yang akan dipertahankan untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim depan.

Sejauh ini, Persib sudah mendatangkan satu penjaga gawang anyar, yakni Fitrul Dwi Rustapa. Pengumuman bergabungnya mantan kiper Persipura Jayapura tersebut, diumumkan melalui media sosial tim salah satunya Instagram @persib, Senin (18/04/22) pagi.

Baca Juga

Perekrutan Fitrul Dwi Rustapa, untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim depan, merupakan rekomendasi dari pelatih kiper, Luizinho Passos.


2. Kebutuhan Tim Pelatih Persib

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono. Foto: Arif Rahman/Indosport.com

Menurut Teddy Tjahjono, tim pelatih lebih memahami tentang kebutuhan tim untuk menghadapi musim depan, sehingga manajemen berusaha memenuhi kebutuhan tersebut.

"Iya, ini permintaan Passos," kata Teddy Tjahjono kepada wartawan, Senin (18/04/22).

Dengan dilepasnya Aqil Savik, maka saat ini ada tiga penjaga gawang yang disiapkan untuk menghadapi kompetisi Liga 1 musim depan, yakni Teja Paku Alam, I Made Wirawan dan Fitrul Dwi Rustapa.
 

Persib BandungLiga IndonesiaLiga 1Muhammad Aqil SavikBerita Liga 1

Berita Terkini