x

Bedah Kualitas Edon Zhegrova, Titisan Lionel Messi dari Kosovo Incaran Arsenal

Rabu, 20 April 2022 22:42 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Edon Zhegrova, pemain Lille yang dijuluki Lionel Messi-nya Kosovo. Foto: Instagram@edonzhegrova10.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris, Arsenal, sedang dikaitkan dengan pemain muda bernama Edon Zhegrova yang digadang-gadang sebagai titisan Lionel Messi dari Kosovo.

Tidak dapat dipungkiri, predikat Lionel Messi versi berbagai negara tentu sebuah beban tersendiri bagi para pemain yang menyandangnya.

Baca Juga

Edon Zhegrova pun bukan pengecualian, apalagi mengingat usianya yang relatif masih sangat muda, 23 tahun.

Meski begitu, di sisi lain titel Lionel Messi dari Kosovo yang melekat padanya juga menandakan bagaimana gelandang yang satu ini mendapat penilaian serta dukungan positif dari publik.

Bahkan belum lama ini, namanya pun sempat dikaitkan dengan Arsenal yang tengah mencari calon penerus Alexandre Lacazette.

Baca Juga

Pasalnya, mantan rekan Pierre-Emerick Aubameyang di lini depan The Gunners tersebut diprediksi akan hengkang pada musim panas mendatang, meski belum pasti.

Untuk itu, Arsenal pun dikaitkan dengan sejumlah nama pemain di bursa transfer yang digadang-gadang cocok menggantikan Alexandre Lacazette.

Dari sekian nama, mungkin Edon Zhegrova bukan salah satu yang mencolok lantaran sepak terjangnya yang terbilang cukup awam di mata dan telinga penggemar sepak bola.

Baca Juga

Bintang Timnas Kosovo yang juga bermain sebagai winger kanan ini sekarang berstatus pemain klub Liga Prancis, Lille.

Belum lama, ia baru dikontrak dari Basel pada bursa transfer Januari 2022. Baru saja tiga bulan, ia kini malah dikaitkan dengan Arsenal. 


1. Siapa Edon Zhegrova?

Edon Zhegrova, pemain Lille yang dijuluki Lionel Messi-nya Kosovo. Foto: Instagram@edonzhegrova10.

Adalah Football London yang salah satunya memberitakan kabar transfer Edon Zhegrova dan Arsenal dari Sunday Mirror via HITC.

Lantas, siapa sebenarnya Lionel Messi Kosovo ini? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut profil dan bedah kualitas singkatnya.

Baca Juga

Edon Zhegrova merupakan winger Lille yang lahir di Herford, Jerman. Lahir dari orang tua Kosovo Albania pada 31 Maret 1999, kini usianya telah menginjak 23 tahun.

Sebelum mendarat di Lille Januari lalu, ia sempat bermain di Liga Belgia bersama Genk dan juga Liga Swiss bersama Basel.

Salah satu skill yang membuat Edon Zhegrova spesial adalah kemampuannya mengelabui lawan dan mengalahkan musuh dalam situasi satu lawan satu.

Baca Juga

Ia pun dianggap mirip Lionel Messi karena kesamaan kreativitas, gaya berlari, dan kehebatan kaki kiri yang luar biasa.

Bahkan, seperti data yang disajikan laman Football London, Edon Zhegrova telah mencatatkan rataan 6,36 dribel per 90 menit di Ligue 1 Prancis musim ini.

Hanya saja, untuk urusan mencetak gol, pemain bernama lengkap Edon Lulzim Zhegrova tersebut masih harus belajar banyak agar bisa seperti La Pulga.

Baca Juga

Sejauh berkarier sebagai pesepak bola, ia baru mencatatkan 18 gol dari 11 laga di semua kompetisi - prestasi yang mungkin bisa ia benahi jika merapat ke Arsenal.

Telebih, catatannya secara statistik terbilang lebih baik ketimbang para pemain Arsenal termasuk Nicolas Pepe.

 

2. Edon Zhegrova ke Arsenal?

Edon Zhegrova, pemain Lille yang dijuluki Lionel Messi-nya Kosovo. Foto: Instagram@edonzhegrova10.

Mulai dari menciptakan peluang sampai rataan dribel, Edon Zhegrova mengantongi rapor yang lebih baik dari pemain The Gunners.

Bahkan, Nicolas Pepe juga kalah untuk rataan dribel yang hanya menyentuh 4,79 per 90 menit. Ini saja sudah yang tertinggi di antara para pemain The Gunners asuhan Mikel Arteta.

Baca Juga

Sebelum menjelma sebagai daya tarik di bursa transfer saat ini, Edon Zhegrova sejatinya sempat viral berkat video YouTube yang menampilkan skill-nya.

Tidak ayal, julukan titisan Lionel Messi edisi Balkan pun mulai berdatangan, terutama dari orang-orang yang mengagumi talentanya saat masih remaja.

Sekarang, Edon Zhegrova adalah milik Lille, yang tentu saja sangat senang bisa mendapatkan jasanya, seperti yang diutarakan oleh sang presiden klub, Olivier Letang.

Baca Juga

“Dia memiliki profil yang menarik, itulah sebabnya Edon mendapat banyak tawaran," kata Olivier Letang awal tahun ini, seperti diwartakan laman Football London.

“Dia memiliki kualitas yang fantastis dan kemampuan untuk menyebabkan masalah bagi pertahanan lawan manapun. Kami senang dia bergabung dengan Lille,” ujarnya lagi.

Arsenal sendiri cukup berpeluang mendatangkan Edon Zhegrova dengan nilai 11 juta poundsterling, seperti diwartakan laman FourFourTwo.

Baca Juga

Terlebih lagi, mereka dikenal punya koneksi yang apik dengan Lille setelah transfer Nicolas Pepe dan Gabriel Magalhaes.

Tentu patut dinanti apakah Edon Zhegrova yang berjuluk Lionel Messi Balkan dari Kosovo ini akan jadi milik Arsenal di masa depan.

Bursa TransferArsenalLionel MessiLilleKosovoBerita TransferBerita Bursa TransferTransfer Pemain

Berita Terkini