x

Respons Tak Terduga Kapten Timnas U-23 Usai Menangi Uji Coba Perdana di Korsel

Jumat, 22 April 2022 16:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Timnas Indonesia U-23 menang 4-2 saat uji coba vs Andong University, Kamis (21/04/22) di Haemaji Football Field. Foto: Naufal/PSSI

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-23 menang 4-2 saat uji coba vs Andong University, Kamis (21/04/22) di Haemaji Football Field. Meski ini adalah hasil positif pertama selama pemusatan latihan di Korea Selatan, tetapi kapten Fachruddin Aryanto, memiliki penilaian berbeda.

Timnas U-23 langsung menurunkan sejumlah pemain senior andalan pada laga kemarin. Marc Klok, Irfan Jaya, Ricky Kambuaya dan Fachruddin Aryanto jadi starter. 

Baca Juga

Sementara itu, empat gol skuad Garuda Muda dicetak oleh Irfan Jaya ('7), Muhamad Ridwan (penalti '21), Ronaldo Kwateh ('88), dan Irfan Jauhari ('90).

Kendati menang telak, kapten Timnas U-23 pada laga kemarin, Fachruddin Aryanto menilai mereka belum tampil maksimal. 

Fisik para pemain masih belum berada di level 100 persen karena mereka berpuasa dan berlatih dengan intensitas tinggi selama beberapa hari terakhir. 

Baca Juga

"Karena kami habis latihan keras tiga hari kemarin, saya lihat temen-temen kondisinya masih belum stabil. Itu yang jadi evaluasi kami," kata Fachruddin.

"Mudah-mudahan kondisinya lebih baik. Ini pelajaran bagus buat kami. Kami sudah lama enggak kumpul bersama, jadi sekarang bisa tau dan bisa mengembalikan kerja sama secara tim," tutur Fachruddin. 

Baca Juga

1. Masih Ada Kekurangan

Timnas Indonesia U-23 berhasil mengalahkan Andong University dengan skor 4-2 di Haemaji Football Field, Korea Selatan, Kamis (21/04/22). Foto: Naufal/PSSI

Senada dengan Fachruddin Aryanto, Pelatih Timnas U-23, Shin Tae-yong juga menilai masih ada kekurangan dari laga kemarin. Faktor kebugaran jadi salah satu alasan. 

"Para pemain memang menjalani latihan tiga kali sehari, jadi masih berat bagi pemain (belum terbiasa). Jadi pertandingan tadi lumayan saja," jelas Shin Tae-yong. 

Baca Juga

Shin Tae-yong lantas membeberkan hal-hal yang harus diperbaiki. Para pemain disebutnya masih belum ada feel permainan, timing, dan passing juga masih kurang. 

Marc Klok dkk, dikatakan harus lebih pandai melakukan pergerakan dan memanfaatkan peluang sebaik mungkin. 

Setelah lawan Andong University, Timnas U-23 dijadwalkan melawan Pohang Steelers pada 23 April mendatang. Selanjutnya, ada Daejon Hana Citizen yang bakal jadi penantang pada 27 April. 

Baca Juga

Pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23 di Korea Selatan adalah persiapan akhir menuju SEA Games 2021 di Vietnam, Mei nanti. 

Pada SEA Games 2021, Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup A. Skuad Garuda Muda akan menghadapi tuan rumah sekaligus juara bertahan Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste. 

Juara SEA Games 2021 adalah harga mati bagi Timnas U-23, sesuai ultimatum PSSI. Apalagi, Indonesia sudah lama puasa gelar, sejak terakhir pada 1991. 


2. Media Vietnam Soroti Keganasan Ronaldo Kwateh

Timnas U-19 vs Yeungnam University. Foto: PSSI

Keganasan Ronaldo Kwateh dalam pertandingan uji coba pertama Timnas Indonesia U-23 di Korea Selatan mendapatkan sorotan dari media Vietnam.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-23 baru saja mendulang kemenangan atas Andong Science College dengan skor 4-2 di Haemaji Football Field, Korea Selatan pada Kamis (21/04/22) kemarin.

Empat gol kemenangan Timnas Indonesia U-23 berhasil dicetak oleh Irfan Jaya (7'), Muhammad Ridwan (21'penalti), Ronaldo Kwateh (88'), dan Irfan Jauhari (90+3'). 

Uji coba ini dilakukan oleh pasukan Shin Tae-yong demi memantapkan tim jelang bergulirnya ajang SEA Games 2021 di Vietnam pada Mei 2022 mendatang.

Timnas Indonesia U-23 diketahui berada di Grup A bersama tuan rumah Vietnam, Filipina, Myanmar dan Timor Leste. Hal itu membuat laga uji coba skuat Garuda mendapatkan pantauan dari beberapa media Vietnam.

Baca Selengkapnya: Bawa Timnas Indonesia U-23 Pesta Gol di Korea, Media Vietnam Soroti Keganasan Ronaldo Kwateh

Korea SelatanTimnas Indonesia U-23Timnas IndonesiaLiga IndonesiaFachrudin AryantoShin Tae-yongSEA Games 2021

Berita Terkini